Macbook Panas Ketika di Charge & Digunakan

Mengatasi macbook pro yang panas memang diperlukan. Namun hal ini tentunya normal jika apple macbook kita panas ketika di charge dan digunakan. Namun, jika tidak sedang digunakan namun panas, tentu ada suatu hal yang tidak beres.

Advertisement
macbook panas ketika di charge
macbook panas ketika di charge

Panas biasanya muncul disekitar port macbook, entah itu macbook pro, macbook biasa atau macbook air. Disekitar lubang magsafe biasanya lebih panas dari area lainya, terutama macbook dengan casing metal atau besi. Namun, menurut apple hal ini wajar dan apple mengatakan bahwa charger akan panas begitupun dengan perangkat. Namun, jika panasnya berlebih dan menyebabkan performa drop, kita perlu  memperbaikinya. Untuk selengkapnya, Simak artikel berikut ini…

Penyebab Macbook Panas Berlebih

  • Menggunakan Charger tidak original alias magsafe kw
  • Penggunaan berlebih, misalnya digunakan untuk kerja keras render
  • Adanya konslet pada bagian port magsafe / kabel magsafe
  • Komponen dalam sudah kotor atau banyak debu
  • Pasta Prosesor (thermal paste) sudah kering
  • Fan / Heatsink rusak atau sudah melemah

Tentu, jika macbook kita panas ini dapat berdampak serius jika dibiarkan, berikut adalah dampak yang bisa terjadi jika macbook overheat.

Dampak dari Macbook yang Overheat

  • Komponen disekitar prosesor / bagian yang panas rusak
  • Performa drop dan laptop menjadi lemot
  • Error dan Crash pada aplikasi yang sedang digunakan
  • Baterai boros
  • Terjadi ledakan atau letupan

Nah, agar macbook anda aman dan tidak panas, anda harus mengatasinya dengan baik dan benar. Sebelum memperbaiki macbook yang panas anda harus mengenali terlebih dahulu penyebab dan mengecek suhu macbook terlebih dahulu. Cek suhu macbook dengan satuan yang mudah dikenal misal celcius bisa menggunakan aplikasi iStat Menus.

Jika panas masih normal, misal dibawah 85 derajat celcius ketika idle maka anda hanya perlu mendinginkan laptop dan menghapus aplikasi yang dirasa berat.

Advertisement

Namun, jika suhu maksimal dari macbook lebih dari angka wajar, yaitu 85 derajat maka biasanya macbook akan terasa lambat bahkan jika melebihi suhu maksimum dari prosesor maka macbook akan mati sendiri. Hal ini biasa terjadi pada macbook keluaran dulu alias jadul. Macbook versi dulu masih menggunakan prosesor dengan daya dan TDP yang tinggi sehingga dapat menghasilkan panas yang berlebih.

Berbeda dengan macbook generasi baru yang telah menggunakan prosesor dan gpu yang lebih canggih dengan pabrikasi dibawah 28 nm.

Jika anda sudah mengenali penyebabnya, anda bisa lakukan langkah-langkah berikut ini…

Mengatasi Macbook yang Panas ketika di Charge dan Digunakan

1. Bersihkan Macbook

Langkah awal yang paling gampang yaitu membersihkan macbook. Mulai dari bagian luar dan bagian dalam. Anda dapat membongkar macbook dan membersihkan debu-debu yang sudah menempel terutama di area heat pipe, heatsink dan motherboard.

Debu merupakan musuh dari perangkat elektronik, terutama perangkat komputer. Jadi anda harus membersihkanya secara rutin, apalagi jika macbook anda macbook jadul yang masih menggunakan komponen yang gampang panas dan gampang berdebu.

Namun, jika macbook anda adalah versi terbaru dan tidak memiliki heatsink, anda tidak perlu membersihkan terlalu sering karena biasanya macbook versi ini tidak rentan debu seperti macbook dengan heatsink fan.

2. Ganti Thermal Paste

Pasta pada prosesor atau vga harus rutin diganti, minimal satu tahun sekali jika macbook anda dipakai secara marathon setiap hari. Karena semakin sering digunakan maka pasta akan mudah kering sehingga performa pendinginan menjadi berkurang.

Anda jangan menggunakan thermal paste abal-abal apalagi menggunakan pasta gigi. Alangkah baiknya anda menggunakan thermal paste dari merek terkenal yang sudah teruju kualitasnya. Biasanya harganya berkisar antara 150 ribu hingga 300 ribu.

Dan pasta tersebut bisa dipakai untuk beberapa kali penggantian. Karena biasanya pasta branded tidak diperuntukan untuk sekali pakai.

3. Gunakan Cooling Pad

Jika macbook anda sering digunakan untuk hal berat, misal edit video, render, dan melakukan hal ekstrim lainya. Saya sarankan untuk membeli kipas pendingin. Cooler pad biasanya sangat berguna dalam menjaga suhu macbook ketika digunakan.

Tentu ini merupakan investasi yang worth it, harga cooling pad sangat bervariasi, mulai dari yang termurah hanya 25 ribuan hingga yang branded yang harganya ratusan ribu. Itu terserah anda, yang penting anda memiliki pendingin tambahan selain cooler bawaan laptop.

4. Hanya gunakan Aplikasi yang sesuai System Requirement

Hal ini merupakan hal lucu yang sering terjadi. Banyak sekali pengguna macbook awam yang tidak mengetahui hal ini. Misal, anda hanya menggunakan macbook air dengan spesifikasi pas-pasan. Belum lagi macbook yang digunakan merupakan versi lama.

Tapi, anda menginstal aplikasi baru misalnya premiere pro 2019. Tentu ini sangat tidak cocok sehingga menyebabkan laptop anda kewalahan dan akhirnya overheat.

Instal lah aplikasi yang sesuai system minimum pada laptop yang anda gunakan. Misal Jika laptop anda memiliki spesifikasi core i3 dengan ram 4GB, anda bisa menginstal aplikasi yang tidak lebih dari spesifikasi tersebut, misal aplikasinya membutuhkan spesifikasi minimal dual core dan ram 2 gb.

Jadi, sebelum anda menginstal dan membeli sebuah aplikasi, pastikan anda mengecek minimum system requirement terlebih dahulu.

5. Cek kesehatan Charger dan Tegangan Listrik ditempat Anda

Masalah lainya yang biasanya menyebabkan laptop panas yaitu charger yang rusak, port yang konslet dan tegangan listrik yang tidak stabil. Pastikan semuanya tidak terjadi pada macbook anda.

Anda harus menggunakan macbook pada rumah atau kantor yang memiliki tegangan stabil dan menggunakan charger original.

Cek bagian port macbook dan magsafe anda. Jika ada tanda-tanda bekas terbakar, maka anda wajib mengganti dan memperbaikinya. Bisa dengan datang ke Apple Care langsung.

6. Gunakan Aplikasi Macs Fan Control

Aplikasi macs fan control merupakan aplikasi khusus untuk mendinginkan macbook dengan cepat. Cara kerjanya yaitu dengan mempercepat putaran heatsink (kipas prosesor) sehingga panas lebih cepat dikeluarkan. Cara settinya anda dapat simak di artikel Cara Mendinginkan Macbook dengan Macs Fan Contol.

Sekian artikel mengenasi macbook yang panas ketika di cas dan digunakan, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan.

Share jika suka!

1 thought on “Macbook Panas Ketika di Charge & Digunakan”

  1. Wah infonya sangat bermanfaat sekali, terima kasih min, tutorialnya work 100% :))

    Saya mengganti pasta prosesor ke tukang service terus ganti magsafe ke ori. Walaupun mahal, 1,2jt tpi sangat worth it haha

    Seperti baru lagi, ngacir đŸ™‚

    Reply

Leave a Comment