Kursi Gaming atau Kursi Kantor? Jangan Salah Pilih!

Banyak orang yang bertanya kepada saya lewat DM Instagram, bang pilih kursi gaming atau kursi kantor? atau kursi kaya kursi manager dan kursi direktur? Saat itu saya update story ig tentang pengalaman menggunakan kursi gaming dan kursi kantor.

Advertisement

Nah di artikel kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya dan saya akan mereview kursi yang pernah saya pakai secara pribadi. Simak artikel berikut ini…

Awal Mula mengenal Kursi Gaming

Pertama kali saya mencoba kursi gaming yaitu ketika saya sering bermain game di warnet gaming di salah satu sudut kota Bandung. Disana fasilitasnya cukup nyaman, sudah memakai PC High Spesifikasi, Kursi Gaming, AC dan Kantin Kecil.

Ya walaupun perjam nya agak mahal, namun sebanding dengan kenyamanan dan fasilitas yang didapat. Namun, saya tidak akan membahas itu, yang saya bahas yaitu kursi gaming nya.

Jika di ingat-ingat, kursi gaming yang ada di warnet itu yaitu dari salah satu brand sejuta umat yaitu DXRacer, untuk seri nya sendiri saya tidak tahu, yang jelas mirip seperti berikut ini…

Advertisement
kursi gaming dxracer murah bandung

Kata si penjaga warnet, harganya cukup lumayan waktu itu. Diatas 7 juta. Saya percaya tidak percaya sih, setelah saya searching ternyata harganya memang wow hehe.

Pengalaman Menggunakan Kursi Gaming dan Kursi Kantor

Pengalaman menggunakan kursi gaming di warnet tersebut lumayan menyenangkan. Bisa rebahan, arm race nyaman ketika bermain game, kemudian tidak membuat punggung pegal dengan cepat.

Namun, kelemahanya yaitu menurut saya busa bagian dudukanya masih agak keras, dan kaki serta arm race tidak sekokoh kursi kantor. Selain itu, jika digunakan lebih dari 6 jam, pantat dan punggung serasa panas dan tidak nyaman.

Kemudian, di tahun ini karena saya Work from home (WFH) dan sebenarnya memang sudah bekerja remote dari tahun 2018, tentu saya harus berinvestasi khususnya kursi karena saya bekerja lebih dari 9 jam per hari di depan komputer.

Saya pun memutuskan untuk membeli kursi gaming, dari brand lokal. Mungkin tanpa menyebutkan merk pun kalian pasti tahu ini merek apa dan tipe apa. Harganya memang sangat murah, tidak semahal yang ada di warnet tadi.

pengalaman menggunakan kursi gaming compressed 1

Walaupun murah, saya mendapatkan feel yang sama dengan kursi gaming mahal. Namun tentu ada beberapa bagian yang kurang, misalnya seperti kaki dan rangka yang lebih ringkih karena terbuat dari plastik, kemudian dudukan kursi memiliki busa yang tipis sehingga tidak nyaman untuk jangka waktu lama.

Namun, ergonomi serta kenyamanya mirip dengan kursi gaming pada umumnya. Karena bahan senderanya terbuat dari jaring (mesh), punggung tidak mudah panas dan berkeringat.

Karena hampir sebagian hari saya dihabiskan di komputer, tentu kenyamanan merupakan hal yang utama, karena kursi gaming tersebut kurang nyaman di bagian dudukan. Maka kurang dari sebulan, saya jual.

Kemudian saya membeli kursi kantor. Jenis yang saya beli merupakan kategori tertinggi, yaitu kursi direksi. Saya berharap mendapatkan kenyamanan ekstra dalam bekerja.

review pengalaman menggunakan kursi direktur compressed 1

Walaupun harganya tidak murah, tapi saya cukup puas. Dudukanya super tebal dan empuk, kaki-kaki dan arm race kokoh karena terbuat dari besi. Dan bisa reclining (rebah) 130° juga walau tidak serebah kursi gaming.

Setelah saya pakai bekerja, kenyamananya memang diatas kursi gaming. Cocok bagi anda yang bekerja diatas 9 jam seperti saya.

Pilih Kursi Gaming atau Kursi Kantor?

Nah, inilah pertanyaan yang mungkin ada di benak anda. Jadi, saya kembalikan lagi kepada anda. Karena ini lebih tergantung kepada kebutuhan si penggunanya.

Jika Anda Seorang Gamers

kursi untuk bermain game 1

Jika anda hanya duduk untuk bermain game di depan PC, melakukan live streaming, membuat konten youtube atau kegiatan lainya yang tidak membutuhkan waktu kerja diatas 6-8 jam.

Mungkin saya menyarankan kursi gaming. Kenapa? Karena kursi gaming memiliki bentuk dan tampilan yang keren! mirip kursi mobil balap.

Tentu jika sedang membuat konten atau livestreaming, anda akan terlihat lebih keren. Selain itu, anda juga bisa pamer ke teman atau di media sosial.

Selain itu, banyak sekali fitur-fitur kursi gaming yang tidak ditemukan di kursi kantoran biasa, misalnya seperti

  • Memilik Swing / Sayap di punggung dan dudukan
  • Desain Kaku dan Tegak sehingga nyaman ketika bermain game
  • Memiliki Bantal
  • Armrace bisa di atur posisi dan ketinggianya
  • Bisa reclining atau rebah hingga 180°
  • Tampilan atau bentuk keren
  • Bahan umumnya terlihat kinclong dan keren

Namun, di balik semua kelebihan itu. Ada satu kelemahan dari kursi gaming. Yaitu selain harga yang tinggi, juga kenyamananya tidak akan senyaman kursi kantor yang khusus di desain untuk bekerja.

Biasanya kursi gaming memiliki dudukan yang tipis sehingga gampang keras dan lepek. Selain itu, punggung akan terasa pegal jika dipakai bekerja diatas 9 jam.

Maka…

Jika Anda Seorang Pekerja

kursi untuk bekerja dirumah 1

Atau seorang yang duduk lama diatas 9 jam. Saya lebih menyarankan kursi kantoran. Jenisnya ada banyak, misalnya seperti kursi minimalis, kursi manager, kursi direksi, kursi eksekutif dan sebagainya.

Kenapa?

Karena orang yang duduk di depan kumputer sebagai pekerja atau orang kantoran biasanya tidak memerlukan fitur-fitur kursi gaming. Selain lebih murah, kursi kantoran juga lebih kokoh dan modelnya lebih bervariasi.

arm race dari besi compressed 1

Bahkan, banyak pabrik rumahan yang menyediakan jasa custom kursi kantor sehingga bentuk dan fiturnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kelebihan Kursi Gaming

  • Tampilan Keren dan Gaming Banget
  • Banyak fitur penunjang untuk kenyamanan bermain game
  • Bisa rebah dan tiduran hingga 180°
  • Rangka lebih kokoh

Kelemahan Kursi Gaming

  • Harga lebih mahal dari kursi kantor
  • Kurang nyaman untuk dipakai bekerja dalam waktu lama
  • Kursi gaming murah memiliki material yang seadanya

Kelebihan Kursi Kantor

  • Tersedia banyak pilihan model dan bentuk
  • Nyaman dipakai untuk bekerja
  • Harga lebih murah
  • Mudah didapatkan di toko mebel
  • Material lebih berkualitas di harganya

Kelemahan Kursi Kantor

  • Tampilan biasa saja
  • Fitur tidak selengkap kursi gaming

Tips Memilih Kursi Gaming dan Kursi Kantor

Setelah mencoba beberapa kursi, saya ingin berbagi tips bagi anda yang berniat untuk membeli kursi, entah itu kursi gaming atau kursi kantor, antara lain…

1. Fungsi

kursi kokoh compressed 5

Seperti yang telah saya singgung tadi. Pilihlah kursi sesuai dengan fungsi nya, apakah untuk bermain game, membuat konten, atau kerja dalam waktu lama.

Jangan sampai anda salah memilih kursi dan akhirnya anda kurang merasa nyaman dengan kursi yang telah anda beli.

2. Ergonomis

image 25

Selain fungsi, anda juga harus mempertimbangkan sisi ergonomis. Apakah kursi yang dibeli cocok dengan postur tubuh anda?

Kursi yang baik adalah kursi yang mampu penjaga postur tubuh sehat ketika bekerja dan memberikan kenyamanan. Kursi harus mampu mencegah segala hal yang bisa mengganggu kesehatan anda.

Karena jika tidak tepat, anda akan mudah kelelahan, otot tegang, tangan sakit dan kaki mudah kesemutan. Jika anda mudah pegal-pegal berarti anda tidak cocok dengan kursi yang sedang anda gunakan.

3. Fitur

sistem hidrolik bisa naik turun dan reclining compressed 1

Umumnya kursi memiliki fitur seperti Hidrolik yang bisa naik turun, bisa berputar, bisa reclining (rebah ke belakang), memiliki roda, arm race bisa di atur ketinggian dan posisinya dan masih banyak fitur lainya.

Fitur kursi gaming biasanya lebih banyak dari kursi kantoran. Namun belum tentu fitur yang ada cocok dan dibutuhkan semua orang. Jadi anda sebaiknya mengetahui kebutuhan anda.

4. Material

roda kursi dan kaki dari besi compressed 1

Faktor ke empat yang wajib anda perhatikan yaitu kualitas bahan atau material. Hal ini biasanya berhubungan dengan harga, semakin mahal biasanya semakin baik.

Jadi, carilah kursi dengan bahan terbaik sesuai budget anda. Bahan besi atau aluminium biasanya lebih kokoh dari pada bahan plastik abs atau nylon.

Selain kualitas rangka, perhatikan juga kualitas bahan kursi, kulit, busa, hingga jahitanya. Sebelum membeli, anda bisa mencobanya terlebih dahulu.

5. Dudukan

dudukan kursi busa tebal compressed

Dan hal terakhir yang paling krusial yaitu dudukan. Dudukan merupakan fungsi utama sebuah kursi, yaitu untuk duduk. Jadi harus memiliki busa yang tebal dan empuk.

Selain itu, cari dudukan yang nyaman dan mampu beradaptasi dengan tubuh kita. Dudukan yang tipis dan keras dapat menggunggu kenyamanan anda dalam bekerja.

Kesimpulan

Jadi, kursi gaming atau kursi kantor memiliki keunggulan dan kekuranganya masing-masing. Semua itu tergantung dengan kebutuhan karena fitur dan fungsi yang ditawarkan jelas berbeda.

Kursi gaming dibuat untuk para gamers atau content creator. Fitur-fiturnya dapat menunjang dengan baik. Begitupun kursi kantor, di buat untuk pekerja yang mengutamakan kenyamanan.

Intinya, pilihlah kursi sesuai kebutuhan. Pilih kursi yang nyaman, santai, fitur sesuai, material berkualitas dan memiliki ergonomis yang baik.

Sekian artikel kali ini, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya.

Share jika suka!

Leave a Comment