Kirim File dari iPhone ke Android dan Laptop

Ada yang bilang kirim file di iPhone itu ribet, tidak bisa pakai bluetooth atau hanya bisa transfer data sesama iphone. Hal tersebut merupakan mitos lama yang disebarkan oleh orang yang belum pernah memakai iphone sama sekali. Nyatanya, sama seperti Android, memindahkan file di iphone sangatlah mudah. Kita bisa menggunakan banyak cara untuk mengirim data ke pc, tablet, laptop ataupun hp android, begitupun dengan sebaliknya.

Transfer File dari iPhone ke Perangkat lain dengan Snapdrop

Cara paling mudah dan praktis yang sering saya gunakan yaitu menggunakan web service bernama snapdrop. Kita tidak perlu mengaktifkan bluetooth, menginstal aplikasi atau itunes, cukup membuka web snapdrop maka kita bisa transfer file dengan cepat. Caranya cukup mudah

1. Pertama, koneksikan perangkat pada wifi atau jaringan yang sama

2. Kedua buka https://snapdrop.net/ di iPhone maupun perangkat tujuan (PC, Laptop atau Android)

cara transfer file dari iphone ke android atau sebaliknya

3. Maka akan muncul nama perangkat dengan nama acak

4. Klik nama tersebut dan pilih file atau data yang ingin di kirim.

5. Setelah itu tunggu prosesnya hingga selesai.

Bagaimana cara kirim file dari perangkat lain ke iPhone?

Caranya sama, kita tinggal buka snapdrop, kemudian cari nama perangkat iphone kita > klik dan pilih file yang ingin di transfer > selesai.

Sangat mudah bukan?
Jika anda tidak memiliki jaringan wifi, anda bisa menggunakan fitur mobile hotspot dan koneksikan kedua perangkat agar bisa transfer data.

Alternatif Snapdrop

Selain menggunakan snapdrop, anda juga bisa menggunakan

  • ShareDrop
  • SendAnywhere
  • NitroShare
  • Instant.io
  • Share it

Kesimpulan

Itulah cara tercepat dan paling mudah untuk transfer file antar ekosistem perangkat tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Cara ini emrupakan cara paling rekomendasi selain menggunakan airdrop yang hanya berfungsi pada ekosistem apple.

Selain lebih mudah, transfer via jaringan wifi jauh lebih cepat dari pada menggunakan bluetooth. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment