Kenapa HP Tiba-Tiba Mati? Ini Solusinya

Ketika kita sedang asyik memainkan smartphone, kadang hp tiba-tiba mati. Di beberapa kasus ada juga yang mengalami hp restart sendiri hingga mati total (matot). Tentu kita akan merasa kesal karena mungkin kita sedang mengerjakan sesuatu yang penting namun tidak sempat menyimpan pekerjaan sehingga data hilang.

Advertisement

Di artikel kali ini, saya akan berbagi tips berdasarkan pengalaman mengatasi hp tiba-tiba mati hingga tidak bisa di cas. Mari simak artikel berikut ini…

Penyebab Kenapa HP Tiba-Tiba Mati

Ada beberapa hal yang menyebabkan hp suka mati tiba-tiba, saya akan jelaskan masing-masing penyebab yang mungkin menjadi biang kenapa hp anda mati, berikut adalah penyebab hp mati secara tiba-tiba,

1. Baterai Sudah Drop

Baterai yang rusak dapat menyebabkan hp error karena persentasi yang ditampilkan sudah tidak sesuai dengan kapasitas baterai yang dimiliki. Hal ini menyebabkan masalah yaitu persenan baterai masih ada namun hp tiba-tiba mati mendadak ketika digunakan, misalnya ketika bermain sosial media atau mengambil foto menggunakan flash.

Kejutan daya tersebut tidak dapat ditangani oleh baterai yang sudah drop sehingga hp akan mati dan persentasi baterai turun secara drastis hingga 0%.

Advertisement

2. Kegagalan Sistem

Sistem Crash bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Biasanya terjadi kegagalan fungsi yang menjadikan hp tidak dapat bekerja hingga menyebabkan hp menjadi lemot, macet atau lag. Hal ini jika dibiarkan dapat menyebabkan kerja sistem menjadi berat sehingga hp mati secara tiba-tiba.

3. Overheat

Jika hp anda mati ketika main games atau melakukan pekerjaan berat, bisa dipastikan hal tersebut disebabkan karena hp panas berlebih. Hal ini wajar karena sistem operasi sengaja melakukan perintah untuk mematikan sistem agar hp anda aman dari kerusakan.

HP modern sudah dilengkapi dengan sensor suhu untuk mendeteksi overheat.

4. HP telah Dimodifikasi

Pengguna HP khususnya Android biasanya sering melakukan modifikasi rooting, entah itu mengubah file system, mengganti custom rom, mengganti kernel yang hal lainya yang sebenarnya tidak di anjurkan oleh pabrikan.

Selain menghilangkan garansi, Root HP juga dapat menyebabkan error pada sistem operasi sehingga HP mati total.

5. Komponen Rusak

Seiring bertambahnya usia HP kadang ada beberapa komponen yang rusak, terutama jika HP sering jatuh. Hal ini dapat menyebabkan IC baterai rusak, Konektor Baterai Lepas atau yang terburuk Ada komponen yang lepas sehingga HP menjadi Mati Total.

Selain itu, jika hp pernah kebasahan atau jatuh ke air maka dapat memperbesar resiko hp mati total.

Itulah beberapa penyebab kenapa hp suka mati tiba-tiba. Hal diatas dapat terjadi pada semua merk hp mulai dari Iphone, Samsung, Xiaomi, Realme, Oppo, Vivo, Asus dan merek hp lainya. Jadi diharapkan anda lebih berhati-hati dalam menggunakan hp agar tidak cepat rusak.

Cara Mengatasi HP Tiba-Tiba Mati

Sebenarnya, jika anda memiliki kemampuan dan suka mengulik, maka anda bisa memperbaiki hp mati total sendiri dirumah.

Namun perlu di ingat bahwa hal tersebut hanyalah untung-untungan, hanya beberapa persen yang berhasil.

Jika kerusakanya ringan, hanya sebatas pada software mungkin anda bisa memperbaikinya. Namun jika kerusakan sudah masuk ke level hardware, anda harus mengganti atau memperbaiki komponen yang tentu sangat sulit sekali dilakukan sendiri. Karena anda membutuhkan alat dan sparepart pengganti agar hp anda kembali normal seperti sedia kala.

Namun, tidak ada salahnya anda mencoba cara berikut, cara ini dapat memperbaiki kerusakan hp yang tiba-tiba mati atau mati total tidak bisa di cas yang disebabkan oleh kegagalan software atau kerusakan baterai. Langsung saja, kita mulai dari cara pertama…

1. Kalibrasi Baterai

Cara paling mudah untuk mengatasi hp yang tiba-tiba mati yaitu mengkalibrasi ulang baterai. Hal ini bertujuan untuk menyamakan kembali persentasi baterai dengan kapasitai baterai yang sebenarnya. Jika persentasi dan kapasitas tidak sesuai, misalnya baterai masih 100% namun kapasitas sudah 2%, maka hp akan mati tiba-tiba.

Langkahnya cukup mudah, anda bisa mencoba 2 cara kalibrasi baterai ponsel. Yaitu

a. Cara Manual

Cara manual yaitu cara kalibrasi baterai tanpa menggunakan aplikasi. Anda cukup membiarkan ponsel sampai benar-benar mati, kemudian cas hingga penuh dalam keadaan mati. Kemudian nyalakan ponsel, lalu charge kembali sampai indikator baterai menunjukan angka 100%.

Ulaingi cara ini 1-2 kali setiap satu bulan agar keadaan baterai selalu sehat.

b. Dengan Aplikasi

cara kalibrasi batera 1

Caranya hampir mirip, namun dengan aplikasi kita akan lebih mudah untuk memantau status baterai. Caranya

  • Download Aplikasi Battery Calibration
  • Kemudian buka aplikasi, dan pilih Start (mulai)
  • Lalu charge HP hingga penuh 100%
  • Lalu buka lagi aplikasi dan lakukan kalibrasi dengan menekan calibrate battery
  • Lalu cabut charger HP

2. Update Software

Kadang untuk memperbaiki baterai error dapat diatasi dengan memperbaharui versi sistem operasi ke versi terbaru. Untuk melakukan update sistem caranya cukup mudah, yaitu

  • Masuk ke Pengaturan
  • Cari menu About Phone
  • Kemudian Klik System Update > Check Update
  • Jika tersedia, tinggal klik Download dan tunggu proses Update hingga selesai

Pastikan versi sistem operasi anda selalu yang terbaru agar bug ponsel dapat diminimalisir. Setiap beberapa waktu, pabrikan ponsel biasanya merilis update untuk memperbaiki bug dan memaksimalkan performa smartphone.

3. Bersihkan Cache dan File Sampah

membersihkan file sampah android 1

Data dan Cache yang menumpuk dapat memperberat kinerja hp. Hal ini menyebabkan hp menjadi terasa berat dan lemot sehingga ponsel bekerja lebih keras yang menyebabkan hp menjadi panas. Ini menyebabkan hp membaca panas tersebut sebagai hal yang tidak beres dan akhirnya memerintahkan sistem operasi untuk melakukan shutdown.

Inilah kenapa hp suka mati tiba-tiba jika dalam keadaan overheat. Cara mengatasinya cukup menghapus residual files seperti cache, file download yang tidak diperlukan, atau foto dan video dari aplikasi chat seperti whatsapp.

Selain itu, anda dapat menggunakan Aplikasi Pembersih Sampah seperti SD Maid, CCleaner, NOX atau NC Cleaner.

4. Setting Ulang Preferensi Aplikasi

cara setting ulang pengaturan preferensi aplikasi 1

Kadang HP mati disebabkan oleh bug dari aplikasi yang anda install. Aplikasi yang mengandung virus atau malware juga dapat merusak sistem sehingga software membaca itu sebagai kegagalan yang akhirnya membuat hp anda mati tiba-tiba.

Untuk mengatasinya, anda dapat mencoba untuk mengatur ulang pengaturan preferensi aplikasi, caranya :

  • Masuk ke Setting > Aplikasi
  • Kemudian buka menu di samping atas, dan klik Setel ulang Pref Aplikasi.

5. Reset ke Pengaturan Pabrik

cara reset pengaturan pabrik android 1

Agar HP anda kembali seperti baru, anda dapat melakukan reset ke pengaturan pabrik. Factory reset dapat menghapus semua data termasuk sampah, virus, malware atau file-file lain yang menyebabkan penurunan kinerja smartphone.

Caranya,

  • Backup semua data penting
  • Lalu Masuk ke pengaturan
  • Cari menu Backup dan Reset
  • Kemudian klik Factory Data Reset
  • Biasanya akan diminta memasukan akun Google dan Sandi Perangkan
  • Kemudian klik Reset
  • Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai

6. Ganti Baterai

mengganti baterai android 1

Jika memang semua cara diatas tidak mampu mengatasi masalah hp mati sendiri. Maka cara lainya yaitu mengganti baterai hp dengan yang baru. Mungkin baterai anda sudah tua dan drop sehingga harus segera diganti.

90% orang yang mengalami hp mati disebabkan oleh baterai yang sudah kembung atau drop. Anda cukup membeli baterai pengganti di konter besar.

Jenisnya biasanya ada dua, baterai biasa atau double power. Usahakan pilih double power agar kekuatanya mirip dengan originalnya.

Apakah baterai double power lebih tahan lama? saya rasa tidak, itu hanyalah gimmick marketing, namun setidaknya baterai jenis ini lebih bagus dari yang biasa (kw).

Jangan mudah terpercaya jika penjual bilang bahwa baterai yang dijual original karena baterai original hanya dijual oleh Service center resmi dan harganya sangat tinggi. Kebanyakan baterai yang dijual di konter-konter adalah batera OEM atau kawe.

Jika smartphone anda menggunakan baterai tanam, anda dapat meminta konter untuk sekalian mengganti nya. Harganya biasanya bervariasi tergantung tipe dan merek hp, mulai dari 45 ribu hingga 250 ribu.

7. Bawa ke Service Center Resmi

service center resmi

Jika anda memili budget lebih dan tidak ingin ribet, cara paling mudah yaitu membawa nya ke service center. Disana hp anda akan diperbaiki dan akan di ganti dengan komponen yang original sehingga hp anda akan menjadi Seperti baru.

Kadang masalah seperti kerusakan IC Baterai atau Motherboard, tidak bisa diperbaiki sendiri atau oleh tukang service abal-abal. Maka dari itu, service center bisa menjadi solusi yang paling bijak.

Penutup

HP yang mati secara tiba-tiba sebenarnya dapat diatasi dan bukan merupakan kerusakan yang krusial. Namun, jika sampai HP anda mati total, maka disarankan untuk segera diperbaiki karena matot sudah tergolong kedalam kerusakan yang besar.

Agar HP Anda tetap awet, pastikan anda selalu merawat HP dengan baik dan benar, seperti menggunakan Charger Original, Tidak mengisi baterai semalaman, Tidak menggunakan HP sambil di Charge dan Jangan memaksakan hp untuk bermain games berat secara berlebihan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ya.

Share jika suka!

Leave a Comment