Kelebihan Laptop Apple Macbook dibanding yang Lain

Kelebihan Laptop Apple – Banyak orang yang masih bertanya-tanya, kenapa orang-orang profesional banyak yang menggunakan laptop merk apple jenis macbook (entah itu macbook biasa, Macbook Air atau Macbook Pro) dibanding laptop biasa yang menggunakan os windows. Kita mungkin sering melihat seorang designer, programmer, DJ, artis, sutradara, fotografer dan lainya menenteng laptop berlogo apple.

Advertisement

Padahal seperti yang kita tahu, laptop apple memiliki harga yang sangat mahal dan terkesan overprice, padahal spesifikasi nya biasa saja dan tidak sementereng laptop windows yang bahkan bisa melebihi spesifikasi PC.

Kelebihan Laptop Apple Macbook dibanding yang Lain
Kelebihan Laptop Apple Macbook dibanding yang Lain

Sebenarnya, Banyak sekali Alasan dan Kelebihan dari Laptop Apple yang tidak dimiliki laptop merek lain seperti Asus, Lenovo, Acer, HP, Dell, Toshiba dan lainya, berikut admin ulas beberapa kelebihan macbook dari pada laptop biasa…

7 Kelebihan Macbook buatan Apple di banding Laptop Windows

1. Mac OS yang Sempurna

Apakah anda tahu kekuatan utama Apple? Ya! Apple merupakan perusahaan teknologi terdepan yang sangat baik dalam mengembahkan software dan hardware ke titik maksimal, entah itu di lini mobile (iphone) atau di lini desktop (iMac dan Macbook).

Anda tidak akan menemukan kekuatan software di laptop manapun yang sebaik Mac OS. Di mac, anda tidak akan menemukan hal-hal menjengkelkan seperti :

Advertisement
  • Laptop Sering Hang, Bluescreen, Crash atau Not Responding
  • Laptop Terkena virus menjengkelkan
  • Update yang ribet dan menggangu
  • Harus instal driver yang ribet
  • Aplikasi dan Software tidak jalan semestinya

Mungkin hal-hal diatas sering kita alami ketika menggunakan laptop berbasis windows, namun di Perangkat Mac, semua itu sangat jarang sekali terjadi. Kenapa bisa begitu? Karena laptop macbook itu sedikit dan os dibuat secara ekslusif sehingga apple lebih mudah untuk memaksimalkan hardware dan mengatasi bug yang ada.

Beda dengan windows yang dipakai oleh ribuan bahkan jutaan jenis perangkat yang berbeda-beda merek, spesifikasi dan hardware nya.

Selain itu, setiap tahun Mac OS akan di update secara GRATIS ke versi yang lebih tinggi jika perangkat anda mendukung. Update nya pun sangat mudah seperti layaknya download di playstore android.

2. Mudah, Cepat dan Simple

Jika anda menggunakan laptop windows, mungkin produktifitas kita sering terganggu. Entah itu karena laptop harus di instal ulang karena terkena virus, aplikasi crash, perangkat tidak bekerja karena belum di instal driver atau hal-hal menjengkelkan lainya.

Tentu itu semua akan sangat menggangu bagi orang-orang yang sangat produktif seperti pekerja profesional. Mereka tidak ada waktu untuk melakukan itu semua. Dan di perangkat macbook semuanya sangat mudah, cepat dan simple.

Kita tidak perlu yang namanya instal ulang, tidak perlu menginstal driver, tidak perlu setting ini dan itu karena semuanya serba otomatis. Kita tinggal colok maka perangkat otomatis bisa digunakan, misalnya mouse, printer, proyektor atau sebagainya asal kita selalu terhubung dengan internet.

3. Kualitas Terbaik

Laptop biasa rata-rata hanya akan bertahan 2-3 tahun pemakaian. Setelah itu biasanya akan banyak sekali masalah yang muncul mulai dari laptop yang menjadi lemot, baterai drop, layar garis-garis atau body yang menjadi panas (overheat) dan ringkih.

Seperti pepatah “Ada harga, ada kualitas” begitupun laptop apple.

Macbook buatan apple rata-rata memiliki umur yang penjang diatas 5 tahun. Bahkan saya sendiri memakai macbook pro tahun keluaran 2012 hingga sekarang, hampir menyentuh umur 7 Tahun dan masih di performa puncak, tidak ada masalah apapun dan baterai masih kuat 4 jam lebih.

Walaupun ada beberapa seri macbook yang mengalami masalah, namun jumlah ini masih sangat sedikit dibanding laptop merk lain.

4. Kualitas Layar Terbaik

Anda tahu kenapa designer dan photographer profesional kebanyakan menggunakan Macbook? Jawabanya yaitu karena layarnya! Ya layar macbook merupakan layar terbaik di ranah laptop. Retina Display dengan resolusi yang tinggi sangat akurat dalam menampilkan warna.

Hal ini sangat penting bagi para designer menghasilkan karya agar warna yang tampil di layar tidak berbeda jauh dari hasil output nantinya.

Mungkin anda harus mencobanya secara langsung agar anda paham apa yang saya tuliskan.

5. Baterai Super Awet

Seperti yang saya singgung tadi, salah satu kelebihan laptop apple dari dulu yaitu baterai nya. Rata-rata laptop macbook di desain untuk bertahan hingga 10 jam.

Berbeda dengan laptop biasa, 1 atau 2 jam pun sudah habis. Selain itu, baterai macbook sangat awet dan tidak mudah drop, bisa bertahan diatas 5 tahun jika dengan perawatan yang baik.

Namun, harga baterai macbook sangatlah tinggi, namun itu setara dengan kualitas yang diberikan.

6. Desain yang Elegan dan Modern

Jika anda membawa laptop macbook ketika nongkrong di kafe, pasti semua orang yang melirik akan paham bahwa yang kita gunakan merupakan macbook.

Hal ini dikarenakan desain dan ciri laptop macbook yang khas. Yaitu berbahan metal, elegan, tipis dan memiliki logo apple di belakang nya.

Semua orang pasti sepakat bahwa desain macbook itu sangat keren dan beda dari yang lain.

7. Meningkatkan Status Sosial

Tidak dipungkiri bahwa brand apple sudah melekat di masyarakat. Ketika mendengar kata apple, pasti akan terfikir bahwa itu sangat mahal, hanya orang kaya yang membelinya, atau para artis dan pembisnis besar.

Mungkin itu benar, padahal laptop biasa pun kini banyak yang harganya melebihi macbook, misalnya laptop gaming seperti ROG, Alienware dan sebagainya.

Namun yang jelas, laptop apple dapat meningkatkan status sosial kita. Apalagi jika kita seorang pekerja profesional. Kita akan lebih disegani dan dianggap mapan oleh client atau rekan bisnis kita. Itu dapat berpengaruh kepada karir kita secara tidak langsung.

Jadi, menggunakan laptop apple itu bukan gengsi semata. Banyak kelebihan yang didapatkan dari macbook yang sangat bermanfaat bagi penggunanya.

Baca Juga : Review Pengalaman Menggunakan Apple Macbook Pro

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Share jika suka!

Leave a Comment