Kelebihan dan Kelemahan Macbook Air dibanding Seri Mac Lainya

Macbook air merupakan salah satu seri macbook yang paling laris jika dibandingkan macbook 12 ataupun macbook pro. Hal ini karena Macbook Air merupakan produk laptop apple yang memiliki harga paling terjangkau antara seri macbook lainya di generasi yang sama. Air berarti udara yang dimana udara itu ringan. Jadi, macbook air dibuat sangat tipis dan ringan untuk para pelajar atau pekerja yang tidak terlalu membutuhkan spesifikasi tinggi namun memiliki mobilitas yang tinggi.

Advertisement

Walaupun, ada seri macbook 12 yang lebih ringan dari macbook air, namun macbook 12 (tahun 2017) sudah discontinued pada 2019 dan tidak di produksi kembali oleh apple.

Lantas, apa sih kelebihan dan kelemahan macbook air? apa yang membuatnya begitu laris dipasaran? Yuk simak artikel berikut ini…

Kelebihan Macbook Air

Macbook air memiliki kelebihan walaupun harganya lebih murah dari seri lainnya, antara lain sebagai berikut…

1. Harga yang Murah

harga macbook air terbaru

Salah satu kelebihan utama macbook air dari seri macbook lainnya yaitu harga. Ya, macbook air basic atau varian terendah dihargai $999 atau sekitar 14 juta. Dan untuk pelajar, bisa mendapatkan harga lebih murah yaitu $899.

Advertisement

Jika dibandingkan laptop biasa, mungkin harganya terlihat mahal. Namun, jika dibanding seri macbook lain, seperti macbook pro tentu macbook air jauh lebih murah dan terjangkau.

2. Dimensi dan Bobot Ringan

berat macbook air
source : newatlas.com

Sesuai dengan namanya “Air”, macbook seri ini merupakan macbook dengan bobot paling ringan saat ini, yaitu 1,35 kg untuk seri 2017 kebawah, dan 1,29 kg untuk seri baru.

Walaupun sebenarnya seri macbook teringan itu macbook 12, yang hanya memiliki bobot 900gr, namun macbook ini sudah tidak di produksi.

ciri khas desain macbook air

Hal ini karena desain macbook air itu meruncing, menyebabkan dimensi terlihat lebih ramping dan ringan.

Karena itulah, macbook air sangat cocok bagi anda seorang pelajar atau orang dengan mobilitas tinggi. Nyaman dibawa bepergian dan tidak merasa terbebani dengan laptop yang berat.

3. Baterai Sangat Awet

image 50

Salah satu keunggulan lain yaitu baterai nya yang tahan lama. Di seri macbook air lawas, baterainya bisa bertahan hingga 9-11 jam. Dan di seri terbaru, bisa bertahan 18 jam.

Bayangkan, berkali-kali lipat lebih awet dibanding laptop biasa ataupun macbook seri lama. Hal ini karena macbook air menggunakan prosesor dan komponen yang lebih hemat daya dari macbook pro. Anda bisa menggunakan laptop seharian tanpa perlu sering melakukan charge.

4. Trackpad Force Touch

Trackpad merupakan kelebihan dari setiap laptop buatan apple. Tidak ada yang bisa menandingi keluwesan dan responsifitasnya. Hal ini juga diwariskan kepada macbook seri air.

Fitur unggulanya yaitu force touch, yaitu kita dapat melakukan fungsi sesuai tekanan yang diberikan, layaknya layar iphone terbaru.

Walaupun tidak seluas milik macbook pro, namun dimensinya tetep besar dan lebih baik dari laptop biasa yang ada di pasaran.

5. Kualitas Speaker

Menurut para reviewers luar, speaker macbook air terbaru lebih keras dan lebih baik dari macbook seri pro. Mungkin hal ini karena ruang logicboard di macbook air lebih kecil dan ringkas sehingga memungkinkan komponen speaker di buat lebih baik.

Hal lainya mungkin peletakan posisi speaker yang lebih optimal dimana diletakan di bagian kiri dan kanan tanpa terhalang komponen lain selain keyboard.

6. Ramah Lingkungan

Appke salah satu perusahaan yang sangat peduli akan lingkungan. Kantornya pun 100% menggunakan energi terbaharukan. Ini juga diterapkan pada produknya, salah satunya macbook air yang dibuat dari bahan daur ulang.

7. Layar Briliant

Layar macbook air seri lama memang dinilai kurang karena belum retina display. Namun di seri 2018 keatas, macbook air sudah retina display layaknya macbook pro. Bahkan di seri 2020 (M1), macbook air telah memiliki sertifikasi DCI-P3 atau 25% lebih banyak warna dibanding srgb.

kualitas layar macbook air

Tentu hal ini sangat memanjakan mata, layar terlihat lebih kontras, vibrant dan tentunya akurasi warnanya sangat baik. Cocok bagi para designer yang membutuhkan akurasi warna yang tepat dalam berkreasi.

8. Keyboard Paling Nyaman

Pada seri air 2018 – 2019, apple menggunakan butterfly keyboard. Walaupun menawarkan kenyamanan ekstra, keyboard ini dinilai banyak masalah. Bahkan macbook pro sekalipun yang sudah menggunakan butterfly generasi 3.

perbandingan magic keyboard vs butterfly keyboard

Namun, di seri air 2020, apple menyerah dan kembali ke keyboard magic. Tentu ini sesuatu yang baik karena magic keyboard sangat nyaman namun minim masalah. Layaknya seri-seri macbook lama dibawah tahun 2015 yang dikenal bandel dan awet.

9. Minim Masalah

Dari semua seri macbook, mungkin macbook air yang paling minim masalah. Kenapa? karena seri air menggunakan desain yang itu-itu saja, misalnya dari 2008 hingga 2017, desainya tetap seperti itu dan hanya perubahan minor.

Berbeda dengan macbook pro yang terus berganti desain sehingga banyak menimbulkan masalah, mulai dari masalah baterai (2015), masalah staingate & flexgate (2016) dan masalah lcd (2017).

Namun, di seri baru, semua itu sudah tidak ada. Macbook air maupun macbook pro sudah mengalami penyempurnaan sehingga lebih awet dan minim masalah.

10. Mudah Dijual dan Harga Jual Tinggi

Karena peminatnya banyak, maka macbook air sangat mudah sekali untuk dijual kembali. Saya pernah meminangnya satu bulan, dan ketika saya menjualnya di marketplace, hanya selang 2 hari langsung laku. Itupun dengan harga yang tinggi.

Semua produk apple memang baik soal ketahanan harga jual. Macbook pro MD101 yang pernah saya review pun demikian. Saya membelinya secara bekas seharga 7,5 juta di tahun 2018, dan di akhir tahun 2020 saya menjualnya dengan harga yang sama.

Keren bukan? tidak mengalami kerugian sama sekali.

Kelemahan Macbook Air

Namun, dibalik semua kelebihan tersebut macbook air juga memiliki kelemahan antara lain…

1. Spesifikasi Rendah

Sesuai dengan harganya, tentu yang lebih murah akan mendapatkan spesifikasi yang lebih rendah. Di generasi macbook air lama, khususnya 2017 kebawah, spesifikasi yang ditawarkan sangatlah rendah, dan timpang jika dibandingkan seri pro.

Misalnya seperti menggunakan intel generasi lawas, ram yang kecil serta layar dengan resolusi pas-pasan. Karena hal tersebut, macbook air hanya cocok digunakan untuk pekerjaan ringan, seperti office, browsing atau kegiatan lainnya.

image 58
Source : 9to5macs.com

Namun, di seri 2020 khususnya yang menggunakan chipset baru buatan apple bernama M1. Seri air hampir sama dengan seri pro, hanya berbeda di clock speed dan jumlah core gpu.

Karena itulah, macbook air terbaru dinilai dapat mengalahkan macbook pro 16 generasi sebelum M1.

2. Teknologi Lawas, Terutama Versi 2017 Kebawah

Walaupun di seri 2020 (m1) macbook air memiliki kualitas layar yang sama dengan seri pro, namun untuk seri 2017, macbook air memiliki kualitas layar yang rendah. Karena resolusinya masih kurang dan belum retina display.

Selain itu, komponen seperti SSD, Processor, RAM dan sebagainya masih menggunakan teknologi lawas. Ini membuat performa dan pengalaman macbook kurang maksimal di seri air terdahulu.

3. Keterbatasan Upgrade Hardware

Dari dulu, macbook air dikenal sulit di upgrade. Terutama RAM karena sudah di solder dan menyatu dengan logicboard (motherboard). Begitupun seri baru, RAM dan SSD nya sudah menyatu di motherboard, jadi sangat tidak mungkin untuk di upgrade.

sistem chip m1

Ini juga berlaku bagi macbook pro terbaru karena saat ini apple sudah menggunakan konsep integrated, dimana semua komponen mulai dari chipset, gpu, ram, dan sebagainya menyatu dalam satu kesatuan.

4. Jumlah Port Sedikit

Di seri 2017, port mungkin masih lengkap. Mulai dari USB type A, Thunderbolt, Slot SDXC, Magsafe dan Jack.

image 62

Namun, di versi 2020 terbaru, hanya ada 2 port type c (thunderbolt) dan 1 port jack audio. Jadi jika ingin menghubungkan port lain, kita harus membeli adaptor khusus secara terpisah.

Kesimpulan

Itulah beberapa keunggulan dan kekurangan dari macbook seri air. Seperti yang kita tahu, apple macbook memiliki kelebihan di banding laptop biasa berbasis windows, termasuk seri air ini, walaupun spesifikasi di atas kertas terlihat rendah, namun kekuatan ekosistem apple memberikan suatu keistimewaan dalam setiap produknya. Sehingga membuat pengguna nya nyaman dan betah menggunakan macbook.

Itulah kenapa macbook seri apapun selalu laris di pasaran walaupun bagi sebagian orang dinilai overprice. Namun, kembali lagi ke kebutuhan anda, apakah kebutuhan anda sesuai dengan fitur yang ditawarkan macbook air?

Sekian artikel mengenai macbook air, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment