Jangan Sembarangan! Inilah Tips Memilih Jasa Service iPhone

iPhone merupakan salah satu smartphone paling laris di dunia. Hampir setiap orang kenal dengan hp buatan Apple yang satu ini. Tidak seperti Android yang memiliki banyak tipe dan dibuat berbagai vendor, iphone merupakan barang yang ekslusif yang hanya mengeluarkan beberapa seri dalam satu tahun.

Advertisement

Mungkin banyak dari kalian yang mengenal seri 5 seperti iphone 5, 5c, 5s dan SE, ada jga seri 6 seperti iphone 6, 6s, 6s plus dan yang terbaru yaitu iphone 7 series, iphone 8 series, iphone x dan iphone 11.

Hanya sekali baca pun, kita mungkin langsung hafal serinya. Nah, walaupun iphone barang premium dan ekslusif namun tidak menutup kemungkinan barang tersebut rusak. Yang namanya barang elektronik pasti ada masanya. Entah lcd iphone nya pecah, touchscreen nya mati, sinyal hilang tidak terdeteksi hingga mati total.

Maka dari itu, kita harus cerdas dalam memilih Jasa Service iPhone. Jika kita memiliki budget besar dan masih dalam masa garansi, sebaiknya kita membawa iphone kita ke Apple Care / Service Center Resmi.

Namun, jika budget kita terbatas, tidak ada salahnya kita mempercayakan jasa service iphone ke tempat service terpercaya.

Advertisement

Tapi, saya sarankan anda berhati-hati, jangan sembarangan memilih tempat service, karena tidak semua tempat service itu profesional. Ada bahaya yang mengintai yang mungkin merugikan anda kedepanya…

Bahaya Service iPhone di Tempat Sembarangan

  • Ditipu dan dihargai mahal, padahal kerusakanya tidak parah
  • Diganti dengan part KW atau Palsu
  • Mesin iphone kita ditukar dengan mesin lain
  • Pengerjaan tidak rapi dan asal-asalan
  • iPhone kita hilang dan akhirnya diganti dengan barang bekas
  • iPhone kita menjadi tambah rusak sehingga tidak bisa diperbaiki lagi

Nah, agar anda tidak menyesal, saran saya ikuti beberapa tips memilih jasa service iphone berikut ini…

Tips Memilih Jasa Service iPhone Terpercaya

Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya pribadi menggunakan iphone selama bertahun-tahun. Kadang kala kita perlu melakukan beberapa perbaikan, seperti mengganti baterai yang sudah drop atau mengganti layar karena terjatuh. Ada beberapa tips untuk memilih tempat jasa service iphone, yaitu…

1. Lakukan Diagnosa Awal sebelum Konsultasi ke Tukang Service

Agar gadget anda mendapatkan penanganan yang tepat, pastikan anda melakukan diagnosa awal sebelum membawanya ke tukang service. Misalnya iphone tiba-tiba blank, anda coba ingat-ingat ke belakang, kira-kira apa penyebabnya.

Misalnya apakah pernah jatuh, masuk air, tertindih atau terbentur. Itu bisa jadi sinyal bagi teknisi agar lebih mudah melakukan perbaikan.

Selain itu, jika anda pandai, misalnya iPhone tidak bisa charge, berarti itu rusak di port nya. Jika anda sudah sampai mengetahui sedetail itu, peluang anda untuk dibodoh-bodohi tukang service semakin kecil, karena anda sudah tau apa yang menyebabkan iphone anda tidak bisa di charge.

Namun, jika memang anda tidak mengetahui penyebabnya, anda bisa berkonsultasi dulu, baiknya sebelum anda ke toko atau tempat jasa service, anda menghubungi dulu via telepon atau whatsapp untuk janjian atau sekedar berkonsultasi.

2. Cek Reputasi Tukang Service di Internet

Setelah anda mengetahui apa yang ingin di service, selanjutnya kita cari jasa service iphone yang terpercaya dan berpengalaman. Di zaman modern seperti ini, kita bisa dengan mudah menemukannya via internet atau google maps.

Anda lihat testimoni dan pengalaman orang lain, jika memang memuaskan maka anda bisa memilih jasa service tersebut.

Bagaimana cara melihat reputasi sebuah jasa service?

Banyak caranya, bisa via Google, Review di maps, Stalking via sosial media instagram dan menanyakan langsung ke teman yang pernah service.

3. Pastikan Lokasi tidak terlalu jauh

Agar lebih mudah dan cepat, saya sarankan pilih jasa service yang dekat. Jika ada pilihlah jasa service yang satu kota dengan tempat tinggal anda.

Dan jika memang tidak ada, maka bisa mencari jasa service yang satu provinsi atau satu pulau. Namun, jika anda sudah memiliki tempat terpercaya, tidak ada salahnya untuk mengirim iphone via kurir, karena di zaman modern seperti ini kita bisa melakukan apa saja secara online, termasuk melakukan service iphone.

4. Lihat Keramahan CS atau Toko melayani Anda

Trik mudah melihat kualitas sebuah jasa service yaitu melalui impresi pertama. Misalnya ketika anda konsultasi online, lihatlah pelayananya apakah CS ramah? apakah bisa mengetahui masalah anda? dan sebagainya.

Begitupun jika datang langsung ke toko, lihat bagaimana CS melayani anda. Jika pelayananya menyenangkan dan baik, maka itu bisa menjadi indikator bahwa tempat service tersebut bagus dan terpercaya.

5. Tanyakan Jangka Waktu dan Garansi Perbaikan

Setelah yakin untuk melakukan service, anda tanyakan berapa lama kira-kira estimasi pengerjaanya. Lebih baik sedikit lama namun tepat waktu dari pada dijanjikan cepat namun nyatanya molor.

Selain itu, tanyakan juga apakah ada garansi jika kita melakukan service, berapa lama garansinya dan bagaimana cara klaim jika sewaktu-waktu bermasalah kembali.

Ini penting agar anda tidak tertipu dan mendapatkan barang dalam kondisi yang masih rusak.

6. Cek Harga Service

Setelah sepakat, tanyakan berapa harganya. Pastikan harganya worth it, tidak murah ataupun tidak mahal. Kenapa? karena biasanya jika harga murah dibawah pasaran, bisa dipastikan part yang digunakan tidak berkualias. Misalnya menggunakan part KW grade rendah, atau barang hasil reparasi.

Biasanya, jasa service berkualitas memberikan harga yang sesuai, sedikit dibawah harga service di Service Center Resmi.

7. Pastikan Jasa Service memiliki Staf Profesional Berpengalaman

Jika anda bisa secara langsung melihat teknisi yang akan mengerjakan perbaikan, coba anda wawancara atau sedikit tanya-tanya. Jika memang berpengalaman, biasanya akan mampu menjawab dengan lancar.

Selain itu, staf berpengalaman biasanya memiliki tampilan yang rapi atau bahkan berseragam. Di tempat service besar, mereka biasanya diberikan SOP khusus sehingga kualitas layananya bisa terjaga.

Berbeda dengan tukang service abal-abal yang memperbaiki iphone asal jadi dan menerapkan prosedur yang tidak sesuai.

Hal yang Harus diperhatikan setelah Service Iphone

Nah, setelah service selesai dan barang diterima, anda jangan senang begitu saja. Pastikan anda mengecek beberapa hal berikut ini…

1. Cek Kondisi iPhone

Pertama-tama, cek kondisi fisik, apakah rapi? apakah ada sisa lem atau baut yang tertinggal dan apakah ada goresan di iphone anda. Cek fisik merupakan langkah awal untuk memastikan iphone anda sudah dalam keadaan baik.

Jika ada kejanggalan, anda bisa menanyakanya langsung dan mengajukan komplain perbaikan ulang.

2. Cek Kelengkapan dan Nomor Seri

Jika anda memberikan iphone dalam keadaan fullset, misal dengan charger atau box, maka cek kelengkapanya apakah masih ada atau hilang. Selain itu, cek nomor seri iphone di body dan di adapter sim, apakah sesuai dengan box.

Sebelum service sebaiknya anda catat dulu nomor seri, agar jika terjadi hal yang tidak di inginkan, misal anda merasa iphone anda ditukar, anda bisa mengajukan komplain dan memiliki bukti.

3. Cek Fungsi dan Kerapihan

Setelah melakukan service, sebaiknya anda cek fungsi dasar, seperti

  • Sinyal dan internet
  • Tombol home atau touch ID
  • Face ID
  • Touchscreen
  • Tombol volume, lock dan mute
  • Speaker dan microphone
  • Kondisi layar
  • Sensor kecerahan
  • Kamera
  • Baterai

Kenapa? Karena jika teknisi teledor ketika membongkar iphone, biasanya akan menyebabkan komponen di dalamnya rusak. Yang paling rawan yaitu face ID. Pastikan anda mengeceknya setelah iphone anda selesai diperbaiki.

4. Cek Masa Jaminan Garansi

Kemudian, setelah semuanya dirasa OK maka tanyakan beapa lama masa garansinya, hal ini bertujuan agar jika suatu saat perangkat iphone anda bermasalah kembali, anda bisa mengajukan klaim.

Semakin lama masa garansi maka semakin aman. Baiknya anda meminta garansi di atas 7 hari.

5. Cek Apakah Sudah Sesuai Kesepakatan

Ketika kita melakukan konsultasi dan negosiasi, biasanya ada kesepakatan-kesepakatan.

Contohnya, kita meminta part original atau part cabutan ke teknisi. Nah pastikan hal tersebut benar. Jangan sampai jika membayar part original namun kita diberikan part KW.

Nah, itulah beberapa tips untuk menemukan tempat service iphone yang terpercaya. Nah saya akan sedikit share pengalaman saya service di salah satu perusahaan terpercaya, simak berikut ini…

Pengalaman Saya Service di iColor Indonesia

Saya pernah beberapa kali melakukan service iphone maupun hp android. Nah dari pengalaman itu, menurut saya salah satu tempat service iphone terpercaya yaitu di iColor Indonesia.

Mungkin kalian juga pernah mendengarnya, icolor merupakan idevice specialist, selain menjual perangkat iphone, macbook dan ipad perusahaan ini juga menyediakan jasa service iphone, ipad, apple watch hingga service macbook dan imac.

Kenapa saya memilih icolor indonesia? karena sudah berpengalaman sejak tahun 2010 dan terbukti selalu menggunakan spartpart original.

Selain itu, mereka berani memberikan garansi 30 hari hingga 1 tahun. Gokil bukan? sudah mirip seperti Service Center Resmi namun dengan harga yang lebih bersahabat.

Jika anda berminat service disana, anda bisa mengunjungi situs resminya di icolor.co.id atau konsultasi langsung via akun instagram officialnya.

Saya merasakan pengalaman yang sama dengan service di ibox. Selain murah, mereka juga telah membuka cabang di beberapa kota besar seperti bandung, jakarta, bogor, tanggerang, bekasi dan surabaya.

Kesimpulan

Jadi, kita harus cermat dalam melakukan perbaikan pada iphone, ada beberapa cara sederhana dalam memilih jasa service terpercaya. Intinya lihat siapa mereka, lihat reviewnya, lihat apa yang kita dapatkan dan yang terpenting yaitu garansi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah.

Share jika suka!

Leave a Comment