Tips Super Hemat Membeli iPhone

Smartphone merupakan barang wajib yang dimiliki oleh setiap orang saat ini. Selain alat komunikasi, hp zaman sekarang sudah menjadi sebuah gaya hidup yang sulit dilepaskan. Karena itu, banyak sekali penggemar smartphone dari berbagai merk yang biasa disebut fansboy.

Nah, salah satunya yaitu penggemar ponsel iPhone. Semua pasti setuju, jika iPhone merupakan dambaan setiap orang. Hal ini karena perangkat buatan Apple ini menawarkan sesuatu yang diatas rata-rata, misalnya ekosistem yang memanjakan, kamera yang bagus, penggunaan yang mudah, serta iOS nya yang sangat cepat dan stabil. Namun, semua kenyamanan ini harus dibayar dengan harga yang mahal. Tidak semua orang mampu membeli iPhone, nah di artikel kali ini saya akan membagikan tips cerdas membeli iphone yang murah dan worth it setiap tahun.

Selain membeli iphone bekas, kita juga bisa menggunakan cara berikut ini yang menurut beberapa pakar ekonomi sangat bijak.

Tips Cerdas Membeli iPhone

Berikut adalah beberapa tips super hemat membeli iPhone baru berdasarkan pengalaman pribadi

1. Beli iPhone Generasi Lama yang Dirilis 1 atau 2 Tahun Lalu

Salah satu kesalahan membeli iPhone yaitu ketika order iPhone terbaru pas pertama kali rilis. Selain harganya sangat tinggi karena permintaan tinggi dan barangnya langka, juga potensi kerugian yang akan didapat sangat besar.

Kenapa?

Karena dalam satu atau dua tahun, penurunan harganya akan sangat tinggi, sehingga ketika kita jual maka kita akan mengalami kerugian antara 10-40%. Berbeda jika kita membeli iPhone generasi lama, kenapa? biasanya iPhone yang dirilis 1 atau 2 tahun sebelumnya harganya sudah turun dengan performa dan kualitas yang tidak terlalu jauh dengan generasi terbaru.

Saya lebih merekomendasikan membeli iPhone baru dari pada bekas, karena selain performanya masih baik, tentu masih dicover oleh garansi dan bisa lebih tahan lama untuk beberapa tahun kedepan.

Hindari juga membeli iPhone yang sudah terlalu jadul, misal generasi yang sudah rilis 3 tahun keatas seperti iPhone X, iPhone 8, iPhone 7, 6 atau bahkan 5. Kenapa? karena tentu selain hardware yang sudah tidak mumpuni, support update iOS nya pun sudah mau habis. Anda tidak akan mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan iPhone seperti lag, mudah panas, baterai boros dan sebagainya. Jika dana mepet, lebih baik beli Android atau nabung lagi untuk membeli iPhone generasi yang lebih baru.

2. Beli di Bulan September – Januari

Jika anda berencana membeli iPhone generasi lama 1 atau 2 tahun lalu, belilah di di bulan peluncuran iPhone baru, antara september hingga januari. Pada bulan ini, harga iphone akan turun karena orang-orang fokus ke membeli iPhone terbaru.

Selain harga iphone generasi lama yang turun, akan banyak juga iPhone bekas yang masih bagus dijual murah karena pemiliknya ingin upgrade. Inilah waktu yang tepat untuk membeli iPhone.

3. Manfaatkan Marketplace

Agar aman dari kasus sinyal hilang karena blokir imei, tentu kita wajib membeli iPhone garansi resmi agar imei nya terdaftar di kemenperin. Tapi, apakah kita wajib membeli di store offline resmi?

Tentu tidak, selain harganya biasanya lebih mahal, membeli offline juga kadang tidak mendapatkan promo seperti cashback, diskon atau aksesoris. Nah, berbeda jika kita membeli secara online di marketplace, misalnya seperti tokopedia atau shopee, biasanya kita bisa mendapatkan cashback yang lumayan besar, antara 100ribu hingga 1 juta.

Banyak juga toko yang menawarkan bonus seperti charger, tempered glass atau case. Lumayan kan? Jadi manfaatkanlah marketplace untuk membeli iPhone resmi yang sama-sama garansi indonesia.

4. Beli iPhone Bekas yang Masih Garansi

Salah satu tips membeli iphone murah selain membeli generasi lama yaitu dengan membeli iPhone bekas yang kondisinya masih bagus dan bergaransi. Jika garansi masih aktif pasti umurnya masih dibawah 1 tahun.

Harganya tentu akan jauh lebih murah dan terjangkau dengan performa dan kualitas yang tidak terlalu berbeda dengan iPhone baru. Namun, jika membeli bekas pastikan anda teliti, jangan sanpai anda mendapatkan iPhone bekas service atau yang memiliki kekurangan (minus)

5. Jangan Tergiur Harga Murah

Apakah kalian sering melihat iPhone yang dijual sangat murah di media sosial seperti Instagram atau Facebook? Nah, anda jangan mudah tergiur. Tentu ada harga ada kualitas. Biasanya iphone yang harganya tidak normal tentu memiliki kekurangan, contohnya seperti

  • Republish tidak resmi (barang bekas yang diperbaiki)
  • Part sudah tidak original
  • Ada minus
  • Barang luar negeri yang IMEI nya tidak terdaftar (berpotensi sinyal di blokir)
  • Dusbox dan aksesoris OEM (KW)
  • Barang ilegal

Jadi anda harus cermat, hal ini karena biaya yang dikeluarkan untuk memberbaiki iPhone tidak murah. Selain itu, jika ingin membuka lock imei yang terblokir anda harus mengeluarkan kocek lagi yang dipikir-pikir harganya setara dengan membeli iPhone resmi bekas.

Namun jika anda kooperatif dengan masalah-masalah diatas, sah-sah saja anda membeli iPhone yang murah tersebut.

6. Amati Product Cycles

image 2
Source: Fira, Youtube Tangan Belang

Beli iPhone di tahun ganjil atau genap ya? itulah pertanyaan yang sering muncul di forum iphone. Hal itu berdasarkan pada tick-tock model dimana setiap perilisan barang akan menggunakan siklus:

  • Cycle tick = Muncul desain, fitur dan teknologi baru
  • Cycle tock = Hanya facelift atau perbaikan dari versi sebelumnya (minor)

Nah, tips paling bijak agar mendapatkan sesuatu yang worth it yaitu membeli iPhone di siklus tick, dimana akan muncul desain, fitur atau teknologi yang baru. Sedangkan jika kita membeli iphone di siklus tock kita hanya mendapatkan upgrade minor yang tidak begitu terasa.

iPhone dengan cycle tick biasanya hadir setiap 2 atau 3 tahun sekali.

7. Rajin ikut GiveAway atau Kontes

Bagi anda yang tidak memiliki budget sama sekali, tapi sangat mengidam-ngidamkan memiliki iphone gratis, bisa dengan mengikuti kontes atau giveaway yang biasanya diadakan oleh para influencer atau brand.

Walaupun peluangnya sangat sedikit, kemungkinan menang pasti tetap ada. Buktinya saya sendiri yang pernah melancong keluar negeri dan mendapatkan part komputer harga jutaan secara cuma-cuma hanya dari give away.

Jadi tidak ada yang tidak mungkin, usaha keras dan keberuntungan bisa menghasilkan apa yang kita inginkan.

Kesimpulan

Itulah tips hemat uang ketika membeli iPhone khusus untuk pemula. Intinya, hindari membeli iPhone terbaru jika kita belum mempunyai penghasilan yang cukup. Belilah barang sesuai fungsi, jangan berdasarkan gengsi. Agar hemat, beli iPhone generasi lama yang masih memiliki spesifikasi dan performa mumpuni.

Manfaatkan juga berbagai promo menarik di marketplace dan pantau siklus perilisan iPhone dengan cerdas. Beli di saat yang tepat dan jangan mudah tergiur harga murah. Dan yang paling krusial belilah dengan uang sendiri, jangan merengek ke orang tua karena itu merupakan hal yang tidak baik.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya..

Share jika suka!

Leave a Comment