HydroGel vs Tempered Glass, Mana yang Terbaik?

Hampir semua smartphone modern saat ini sudah dilengkapi teknologi pelindung layar bawaan yang tahan gores hingga tahan pecah seperti Gorilla Glass, Dragontail, Dinorex, Panda King Glass, Xensation, Concore hingga yang termahal yaitu Sapphire Glass. Namun, sebagian pengguna ingin layar hp mereka lebih terlindungi lagi dengan antigores tambahan. Salah satu antigores eksternal yang paling banyak digunakan di pasaran saat ini yaitu jenis Tempered Glass dan HydroGel.

Advertisement

Kedua jenis pelindung layar ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, nah berhubung banyak yang bertanya mengenai antigores terbaik maka di artikel kali ini mimin akan membandingkan kedua jenis screen protector tersebut dilihat dari berbagai aspek sehingga pengguna dapat menentukan jenis pelindung layar mana yang cocok. Untuk selengkapnya bisa menyimak artikel berikut ini…

Pelindung Layar HP Terbaik

Jika kita membeli pelindung layar hp terbaik di toko aksesoris gadget atau secara online, pasti kita akan disuguhkan dua jenis pelindung, pertama yaitu Tempered Glass dan Hidrogel. Kedua jenis screen protector ini memiliki perbedaan material dan karakteristik, berikut adalah ulasannya

Tempered Glass

apa itu tempered glaass

Kita jabarkan dari dasar mulai dari penjelasan apa itu tempered glass, mulai dari poin pertama…

Pengertian

Tempered glass adalah salah satu jenis kaca pelindung, dibuat melalui proses kaca yang dikeraskan dan diklaim memiliki ketahanan empat kali lebih kuat dari kaca biasa.

Advertisement

Banyak yang keliru bahwa tempered glass merupakan jenis pelindung khusus layar hp, pengertian tersebut kurang tepat karena selain digunakan pada smartphone, tempered glass juga sering digunakan untuk keperluan lain misalnya kaca kendaraan, pintu kamar mandi, akuarium, anti peluru, helm penyelam, peralatan dapur dan sebagainya.

Karakteristik

Tempered glass memiliki karakter keras, kaku dan sulit sekali ditekuk. Inilah yang menyebabkan kebanyakan pelindung layar hp berjenis tempered glass tidak dapat melindungi layar secara utuh hingga bagian sisi melengkung. Contohnya pada perangkat samsung seri S yang memiliki edge di bagian samping atau perangkat merk lain yang memiliki spesifikasi kelengkungan 2.5 D glass.

Karakter lainnya yaitu ketika tempered glass pecah, akan langsung berantakan menjadi pecahan-pecahan kecil yang relatif aman dan tidak berbahaya. Berbeda dengan kaca biasa yang potongannya bergerigi dan tajam sehingga dapat melukai tangan manusia.

Material

Tempered glass dibuat dari annealed glass (kaca anil) yang dikeraskan dan dipadatkan melalui proses pemanasan dengan suhu tinggi diatas 500° Celcius.

Kelebihan

  • Lebih kuat melindungi layar smartphone ketika terjatuh atau terkena benda tajam secara langsung
  • Kuat meredam benturan
  • Tidak mudah tergores
  • Tahan panas
  • Relatif lebih aman ketika pecah dan mudah dilepas
  • Lebih jernih dan tidak mengganggu kualitas tampilan layar
  • Tersedia banyak pilihan material dan level kekuatan
  • Murah

Kelemahan

  • Mudah pecah karena terbuat dari kaca
  • Bentuk lebih kaku dan tebal
  • Sulit melindungi layar secara utuh hingga bagian sisi terutama jika layar smartphone menggunakan jenis layar lengkung (edge)
  • Mengurangi sensitivitas dan responsivitas layar
  • Kurang enak dipandang
  • Dapat mengurangi akurasi sentuhan

HydroGel

apa itu hydrogel

Selain tempered glass, pelindung layar paling populer di pasaran yaitu hydrogel, untuk mengetahui lebih lanjut, simak pembahasan berikut ini

Pengertian

Hydrogel adalah salah satu jenis pelindung layar berjenis film yang lembut dan lentur, terbuat dari bahan gel atau thermoplastic seperti Nanoliquid, PET (polyethylene terephthalate) atau TPU (Thermoplastic polyurethane).

Itulah mengapa pelindung layar ini juga sering disebut dengan anti gores TPU atau PET.

Salah satu keunggulan utama pelindung layar hydrogel yaitu lebih tipis, lentur, fleksibel, tahan sidik jari dan dapat memperbaiki sendiri bagian yang rusak dan tergores secara otomatis. Hal ini membuat pelindung layar ini dapat melindungi jenis layar melengkung secara penuh hingga sisi terluar yang biasanya sulit dijangkau oleh pelindung layar berjenis tempered glass.

Hydrogel merupakan salah satu jenis pelindung layar terbaru yang menggunakan lapisan gel tipis yang memiliki kelebihan lebih lentur dan tipis sehingga dapat mengcover layar secara sempurna tanpa mengurangi keindahan dan kenyamanan.

Karakteristik

Hydrogel memiliki karakteristik lembut, lentur, tipis dan fleksibel. Biasanya juga dilengkapi dengan hidrofobik dan oleophobic yang membuat screen protector ini lebih tahan sidik jari, kotoran, gelembung dan mudah dibersihkan.

Material

Pelindung layar hydrogel biasanya terbuat dari bahan cairan elastis seperti PET (polyethylene terephthalate) atau TPU (Thermoplastic polyurethane). Dibuat dengan cara proses kimia atau pemanasan.

Kelebihan

  • Elastis dan lentur sehingga bisa melindungi layar full cover pada jenis layar lengkung sekalipun
  • Lebih tipis (0,02mm) sehingga lebih responsif dan sensitif
  • Mudah dipasang
  • Tidak mengganggu tampilan atau estetika
  • Lebih tahan kotoran atau sidik jari
  • Mudah dibersihkan
  • Dapat memperbaiki sendiri secara otomatis

Kelemahan

  • Harga lebih mahal
  • Kurang baik dalam menahan benturan keras

Kenapa HydroGel lebih mahal dari Tempered Glass?

Hal ini dikarenakan material yang digunakan lebih mahal dari pada tempered glass, selain itu proses pembuatannya lebih rumit dan kompleks. Namun seiring dengan kemajuan teknologi dan permintaan pasar, mungkin kedepannya pelindung layar jenis ini akan lebih terjangkau.

Hydrogel vs Tempered Glass

Jika dikomparasi, maka kedua jenis pelindung layar ini memiliki dua sisi, yaitu keunggulan dan kekurangan antara lain sebagai berikut

Responsivitas

Hydrogel lebih tipis dari tempered glass sehingga tingkat responsivitas yang lebih baik. Selain itu, karena tipis menjadikan sentuhan layar lebih akurat dan sensitif.

Jadi dalam hal ini hydrogel atau screen protector jenis liquid glass lebih responsif dibandingkan jenis kaca tempered glass.

Tingkat Perlindungan

Ketipisan menjadi kelebihan sekaligus kekurangan hydrogel. Biasanya hydrogel memiliki ketebalan dibawah 0,2 mm, sedangkan tempered glass berada di rentang 0,3mm hingga 0,9mm. Ini menjadikan tempered glass lebih baik dalam melindungi layar smartphone dari benturan.

Namun, tempered glass hanya dapat melindungi bagian layar yang datar dan tertutupi, berbeda dengan hydrogel yang dapat melindungi secara merata hingga kebagian sisi layar yang melengkung.

Dapat disimpulkan bahwa disisi ini, kedua jenis screen protector ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Penampilan

Secara penampilan, hydrogel lebih diunggulkan karena tidak terlalu mengganggu estetika layar karena antigores ini tipis dan dapat menyatu dengan bentuk layar.

Sehingga secara sekilas, ponsel kita terlihat seperti tidak menggunakan pelindung layar. Berbeda dengan tempered glass yang tebal dan kaku. Kita dapat dengan jelas melihat bahwa ada lapisan kedua yang menempel di layar sehingga mengganggu keindahan.

Lapisan oleophobic nano coating yang terdapat pada hydrogel juga lebih baik karena lebih tahan lama dan mudah dibersihkan, sehingga lebih tahan terhadap kotoran dan sidik jari. Berbeda pada lapisan oleophobic pada tempered glass yang biasanya hilang lebih cepat.

Kenyamanan

Untuk kenyamanan, ini lebih bersifat subyektif. Disisi lain ada yang lebih senang tempered glass karena sifatnya kaca dan sesuai dengan layar hp yang memang terbuat dari kaca. Jadi pengalaman penggunaan lebih mirip dengan aslinya.

Sedangkan hydrogel bersifat seperti gel atau cairan yang dikeraskan. Mirip seperti jenis layar sentuh pada smartphone zaman dulu (resistive touch screen) yang lembek dan elastis. Sifatnya tidak terlalu licin dan lebih tahan akan kotoran karena mudah dibersihkan.

Untuk tingkat keterbacaan, hydrogel lebih bening dan jernih sehingga lebih nyaman dilihat dan tidak mengurangi kualitas tampilan layar.

Jadi soal kenyamanan itu kembali kepada pengguna, lebih menyukai sifat tempered glass atau hydrogel.

Kemudahan Pemasangan

Untuk pemasangan, keduanya cukup mudah dipasang karena tidak menimbulkan gelembung atau kesulitan berarti. Namun, menurut pengalaman saya hydrogel lebih mudah dipasang ketimbang tempered glass karena sifatnya elastis sehingga kita bisa menyesuaikan terlebih dahulu posisi pemasangan sebelum di pasang secara presisi.

Harga

Untuk harga sendiri, secara umum tempered glass lebih murah, mulai dari harga lima ribu rupiah hingga ratusan ribu ada. Berbeda dengan hydrogel, pada umumnya harga hydrogel yang asli biasanya diatas lima puluh ribu belum termasuk biaya pemasangan.

Kesimpulan

FaktorTempered GlassHydroGel
ResponsivitasCukup baikSangat baik
KeamananSangat baikCukup baik
Cakupan PerlindunganHanya sebagianMelindungi seluruh layar
PenampilanTerlihat tebal dan menggangguTerlihat samar dan menyatu dengan layar
KenyamananLebih licin dan mulus ketika digunakanLebih kesat dan tidak terasa seperti kaca
Anti RadiasiYaYa (Lebih Baik)
TransparansiCukup baikSangat baik
PemasanganMudahSangat Mudah
Daya TahanSangat baikLebih rawan
HargaLebih murahLebih tinggi

Dari penjelasan tersebut kita dapat mengetahui bahwa kedua jenis pelindung layar tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing masing. Namun kita dapat menyimpulkan bahwa jika kita ingin pelindung layar yang murah, lebih aman, dan nyaman digunakan maka tempered glass adalah jawabannya.

Sedangkan jika anda mencari pelindung layar yang responsive, melindungi seluruh layar, tidak mengganggu estetika dan kualitas layar serta mudah dipasang maka hydrogel adalah jawabannya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment