HP Hilang? Ini langkah pertama yang harus dilakukan!

Yang namanya musibah, tidak kenal waktu dan kondisi. Termasuk kehilangan hp kesayangan. Mungkin, hampir semua orang saat ini memiliki smartphone dan ini merupakan sebuah kebutuhan primer di zaman sekarang ini. Kadang, kita melakukan kesalahan atau mendapat kesialan, misalnya hp hilang, terjatuh, tertinggal atau bahkan dicuri orang.

Advertisement

Nah, walaupun kemungkinan kembalinya sedikit, namun jika barang tersebut masih ditakdirkan untuk kita maka barang tersebut akan kembali ke pemiliknya, termasuk HP. Namun, kita juga harus berusaha untuk menemukannya, salah satunya yaitu dengan melacak hp yang hilang, bisa dengan imei, akun email, whatsapp, no hp, icloud atau dengan aplikasi. Cara melacak hp telah saja share di artikel sebelumnya.

Di artikel kali ini, saya hanya akan berbagi tips jika seandainya anda kehilangan HP agar kemungkinan kembalinya lebih besar. Apa sajakah tips nya? simak artikel berikut ini…

Langkah-langkah yang Harus Dilakukan Jika Anda Kehilangan HP

Langkah-langkah yang Harus Dilakukan Jika Anda Kehilangan HP

Ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan, antara lain…

1. Jangan Panik!

Kebanyakan orang yang kehilangan HP langsung panik, dada berdebar dan tangan bergetar. Serasa jantung berhenti sejenak, apalagi jika hp yang hilang masih baru dan harganya mahal.

Advertisement

Panik memang wajar dan manusiawi, namun jangan berlebihan. Anda harus tetap tenang. Dari pada anda panik, mending menyusun strategi dan rencana untuk mengembalikan HP anda yang hilang.

Dengan ketenangan, maka anda bisa lebih jernih dalam berfikir. Intinya ikhlas terlebih dahulu, karena jika masih milik anda, saya yakin hp anda akan ditemukan kembali.

2. Reka ulang aktivitas terakhir yang Anda Lakukan

Langkah kedua yaitu reka ulang aktivitas anda. Ingat-ingat dari terakhir anda memegang HP. Ulangi pekerjaan atau aktivitas anda dari waktu tersebut.

Misalnya anda terakhir kali memegang HP di kamar, nah anda kembali ke kamar, kemudian lakukan aktivitas yang sama dengan sebelumnya, susuri setiap sudut ruangan. Periksa dari sudut yang paling mudah hingga sulit.

Biasanya jika anda lupa menaruh hp, maka hp akan tersimpan di tempat tidak jauh dari terakhir kali anda memegangnya.

3. Tanyakan pada orang terdekat

Jika di area TKP ada keluarga atau teman, jangan sungkan untuk bertanya. Tanyakan apakah mereka melihat hp anda? bisa saja mereka menemukanya karena keteledoran kita menyimpan hp sembarangan.

Atau bisa saja mereka menyembunyikanya (jahil). Sebelum panik, sebaiknya anda tenang dan tanyakan pada orang terdekat. Dan minta bantuan mereka mencarinya.

4. Kumpulkan informasi pribadi anda

Jika masih tidak ditemukan juga atau anda merasa hp anda terjatuh atau bahkan tercuri maka langkah pertama yang wajib anda lakukan yaitu mengumpulkan data pribadi, antara lain

  • Akun email & password yang digunakan pada hp
  • Nomor telepon
  • Akun-akun media sosial
  • Dan akun penting lainnya

Email berfungsi untuk melacak hp yang hilang, begitupun nomor telepon. Caranya sudah saya share di artikel sebelumnya. Nah untuk akun-akun pribadi seperti mobile banking dan media sosial, anda harus segera ganti password atau pin untuk mencegah penyalah gunaan data.

Terutama bagi anda yang tidak menggunakan pola atau password hp. Karena, dalam hp yang paling penting itu datanya bukan?

5. Tanyakan ke kerabat yang kerja di Kepolisian

Jika melapor ke kantor polisi, biasanya kemungkinan kecil untuk di proses karena nilai barang hp itu tidak seberapa. Namun, jika anda punya kerabat atau kenalan polisi terutama yang memiliki otoritas dalam pelacakan no hp dan imei, maka anda bisa meminta bantuan.

Polisi memiliki wewenang untuk melacak sebuah ponsel. Itulah mengapa para penjahat bisa dengan mudah tertangkap hanya dengan melihat nomor telepon yang digunakan.

Jika tidak punya cukup minta surat keterangan kehilangan pada polisi, untuk langkah selanjutnya.

6. Buat surat kehilangan

Surat kehilangan berfungsi sebagai pengantar jika kita ingin mengurus data atau akun. Misalnya meminta operator untuk memblokir dan membuatkan ulang kartu sim dengan nomor yang sama. Kemudian mereset akun mbanking dan hal lain yang berurusan dengan lembaga atau institusi.

Surat kehilangan juga bisa menjadi alat bukti jika suatu saat hp anda ditemukan kembali.

7. Pergi ke Gerai Operator

Jika beruntung, anda bisa dibantu oleh operator untuk melacak nomor hp anda. Operator juga memiliki otoritas untuk melacak sebuah hp dari imei dan nomor hp. Anda cukup siapkan surat kehilangan dan pengantar dari kepolisian dan pergi ke gerai pusat operator. Misalnya anda menggunakan kartu Telkoms*l, maka anda pergi ke grapari (pusat) dan coba berkonsultasi.

Itulah beberapa cara langkah awal jika anda mengalami musibah kehilangan hp. Mungkin hp yang hilang kecil kemungkinannya untuk kembali, terutama HP android karena bisa dengan mudah di reset ke pengaturan pabrik.

Berbeda dengan iphone buatan apple, hp ini dilengkapi dengan pengaman icloud, sehingga sulit sekali untuk dibobol atau di bypass, apalagi iphone keluaran terbaru. Namun, jika takdir masih berpihak pada kita, cara diatas bisa mengatasi masalah tersebut.

Semoga hp anda kembali ditemukan dan diganti dengan yang lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan anda dapat meninggalkan komentar di bawah.

Share jika suka!

Leave a Comment