Cara Daftar dan Tips Lolos Seleksi Kartu Pra Kerja

Program Kartu Prakerja merupakan program yang disediakan pemerintah kepada masyarakat Indonesia yang belum atau dalam proses pencarian kerja. Dengan mengikuti program ini, Anda bisa mendapatkan intensif dengan jumlah tertentu di waktu yang telah ditentukan. Berikut adalah informasi lengkap mengenai cara daftar dan bagaimana lolos seleksinya.

Advertisement

Cara Daftar Kartu Prakerja

Sebelum mengetahui cara mendaftar program pemerintah ini, ada baiknya Anda mengetahui apa saja syarat agar proses pendaftaran bisa diproses. Karena jika Anda tidak memenuhi persyaratan tersebut, Anda tidak bisa melakukan pendaftaran kartu prakerja. Syarat dari program ini antara lain:

  • Anda merupakan warga Negara Indonesia dan sedang mencari pekerjaan, penganggur, lulusan baru, maupun sedang terkena PHK. Buruh yang ingin meningkatkan kompetensi diri dan wirausahawan juga diperbolehkan untuk mengikuti program ini.
  • Anda tidak sedang mengikuti pendidikan secara formal dan bukan merupakan anggota ASN, Polri, TNI maupun pejabat pemerintah daerah.
  • Tidak sedang menerima bantuan dari Kemensok, BSU, maupun BSUM.
  • Belum pernah mendaftar diterima sebagai penerima kartu prakerja di gelombang sebelumnya. Jika Anda sudah pernah diterima, Anda tidak bisa mendaftarkan diri lagi.

Apabila Anda sudah memenuhi persyaratan tersebut, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran kartu prakerja. Pendaftaran hanya dilakukan di laman kartu prakerja yang dikelola secara resmi oleh pemerintah, jangan dilakukan di tempat lain karena bisa merugikan Anda ke depannya.

Cara membuat akun prakerja dilakukan dengan beberapa tahap, diantaranya adalah proses pendaftaran, pelengkapan data diri dan terakhir melakukan tes. Berikut adalah rincian dari masing-masing proses tersebut.

1. Membuat Akun Prakerja

Langkah pertama adalah masuk ke situs resmi kartu prakerja yang dimiliki oleh pemerintah. Alamat yang bisa Anda akses adalah www.prakerja.go.id, setelahnya Anda bisa memilih menu daftar yang tersedia.

Advertisement

Jika sudah memilih menu daftar, maka Anda hanya perlu melengkapi nama lengkap, alamat email, serta kata sandi untuk akun yang hendak dibuat. Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan email dari kartu prakerja, kemudian ikuti petunjuk untuk melakukan konfirmasi email. Setelah akun email selesai dikonfirmasi, Anda bisa melanjutkan dengan kembali ke situs prakerja untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.

2. Lengkapi Data Diri

Proses melengkapi data diri bisa Anda pahami dalam uraian berikut, diantaranya:

  • Masuk ke akun prakerja menggunakan alamat email yang dimiliki, kemudian masukkan kata sandi yang sudah dibuat.
  • Masukkan nomor KTP Anda, kemudian ikuti dengan tanggal lahir yang dimiliki, lanjutkan dengan memilih tulisan ‘Berikutnya’.
  • Isikan data diri yang diinstruksikan oleh sistem, yakni nama lengkap, alamat email aktif yang digunakan, alamat tempat tinggal dan domisili, foto KTP, status pekerjaan, hingga riwayat pendidikan.
  • Semua data diri tersebut sebaiknya Anda periksa kembali untuk menghindari kesalahan, jika sudah pilih menu ‘Berikutnya’.
  • Masukkan nomor telepon yang masih aktif, kemudian tunggu hingga mendapatkan kode OTP yang dikirim lewat SMS.

3. Mengikuti Tes

Apabila Anda sudah menyelesaikan pengisian data diri akun, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengikuti tes. Tes yang diberikan merupakan tes motivasi dan kemampuan dasar, yang keduanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk menyelesaikannya.

Jika memang diperlukan, Anda bisa menyiapkan alat tulis agar lebih mudah mengerjakan soal. Apabila Anda sudah menyelesaikan tes yang diberikan, Anda cukup menunggu email pemberitahuan dari kartu prakerja yang kemudian akan membuat Anda bisa bergabung ke gelombang yang sedang terbuka.

Tips Agar Lolos Program Prakerja

Tips Agar Lolos Program Prakerja

Banyak yang mengatakan cukup sulit untuk menembus dan mendapatkan program intensif dari pemerintah ini. Ada beberapa tips yang bisa Anda pakai agar setidaknya meningkatkan peluang untuk lolos sebagai penerima, diantaranya adalah:

1. Memenuhi Syarat

Syarat yang disediakan oleh kartu prakerja tidak hanya merupakan aturan formal semata. Anda harus memenuhi syaratnya agar bisa masuk dalam gelombang penerima yang sedang terbuka. Jika Anda tidak memenuhi syarat, maka kemungkinan Anda diterima juga cukup kecil.

2. Pakai Email yang Profesional

Aspek yang cukup penting dalam proses pendaftaran kartu prakerja adalah email. Usahakan untuk menggunakan email yang profesional dan menggunakan nama sendiri agar kredibilitas Anda tidak dipertanyakan.

Nama email resmi merupakan nama email yang tersusun dari nama Anda sendiri, tidak ada tambahan kata-kata maupun simbol yang tidak lazim untuk digunakan. Email yang sederhana akan menunjukkan niat Anda yang sungguh-sungguh ketika mendaftarkan diri sebagai penerima program kartu prakerja.

3. Data yang Diinput Benar

Berikutnya mengenai data yang digunakan dalam proses pendaftaran kartu prakerja, semuanya harus benar dan tidak ada yang dimanipulasi. Data yang salah atau tidak sesuai dengan data aslinya akan membuat Anda gugur dalam seleksi awal program prakerja.

Tips yang sering disarankan untuk calon penerima adalah mengisikan data diri dengan benar dan sesuai dengan dokumen aslinya. Lakukan pengecekan berulang kali, sehingga semua data yang terkirim merupakan data yang sesuai dengan fakta.

4. NIK dan KK Sesuai

Kesalahan yang sering dialami oleh calon penerima kartu prakerja adalah data diri NIK dan KK yang berbeda, sehingga menyebabkan kesalahan sistem. Apabila ini terjadi dalam proses input data, besar kemungkinan Anda tidak akan diterima dalam program pemerintah ini.

Apabila terdapat kesalahan dalam nomor NIK dan KK, maka Anda bisa menyelesaikan dan menyamakan nomor tersebut dengan menghubungi call center Dukcapil. Untuk menghubunginya, Anda bisa datang ke kantor Dukcapil terdekat atau menghubungi di nomo 1500-538.

5. Kerjakan Tes dengan Baik

Dua tes yang disediakan untuk calon penerima kartu prakerja juga menjadi aspek yang penting dalam peluang kelolosan. Pastikan Anda mengerjakan tesnya dengan baik, tidak menjawab secara asal karena ini akan memberikan pengaruh yang besar pada akun yang Anda miliki.

Karena tes yang disediakan waktunya cukup singkat, sediakan alat penunjang seperti alat tulis, buku, maupun media lain untuk memudahkan Anda menjawab pertanyaan yang tersedia. Dengan menyelesaikan tes sebaik mungkin, peluang Anda diterima juga semakin besar.

6. Maksimal Hanya 2 Orang untuk Tiap Keluarga

Sejak tahun ini, pendaftar kartu prakerja akan dibatasi oleh pemerintah, sehingga untuk satu keluarga, hanya ada 2 orang yang diperbolehkan untuk mendaftar. Ini dikarenakan pemerintah mencoba meminimalisir adanya duplikasi terhadap individu yang sudah menerima bantuan sosial yang disediakan pemerintah.

Jika dari keluarga Anda sudah terdapat dua pendaftar, maka tidak boleh ada anggota keluarga lagi yang diperbolehkan untuk melakukan pendaftaran. Jika ini dilakukan, maka kemungkinan besar Anda akan sulit diterima sebagai penerima bantuan program prakerja.

7. Terus Mencoba dan Ikut Daftar Gelombang

Penulis sendiri ketika mengikuti prakerja tidak langsung lolos begitu saja, bahkan mengalami kegagalan hingga 7 kali. Teman saya pun sama, bahkan lebih parah, sampai 15 kali gagal baru lolos. Jadi jangan putus asa dan teruslah daftar gelombang.

Setiap pembukaan gelombang, pastikan daftar paling awal, agar akun kita masuk ke daftar kuota. Selain itu, rajinlah buka dashboard prakerja, karena biasanya ada informasi penting disana. Intinya sabar, konsisten dan berusaha. Awalnya saya sempat putus asa, namun ternyata jika sudah waktunya, akan lolos juga.

Demikianlah informasi lengkap mengenai cara mendaftar kartu prakerja dan bagaimana tips agar bisa lolos sebagai penerimanya. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda, terutama yang sebelumnya sudah pernah mendaftar sebagai calon penerima kartu prakerja, namun belum berhasil lolos mendapatkannya.

Share jika suka!

Leave a Comment