Cara Cek Keaslian HP iPhone Bekas (Bongkaran / Rekondisi)

Ketika kita ingin membeli hp iphone bekas terkadang kita merasa was-was karena takut barangnya bekas bongkaran, rekondisi, republish atau bahkan HDC (kw). Maka dari itu kita harus benar-benar jeli dan cerdas membedakan mana iphone bekas yang masih bagus atau sudah tidak layak dipakai agar terhindar dari seller nakal yang kadang menipu pembeli yang masih awam. Biasanya komponen yang rawan diganti yaitu yang memiliki usia pakai seperti baterai, layar, kamera atau bahkan mesin. Nah, di artikel kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya lebih dari 10 tahun dalam bisnis jual beli iphone bekas kecil-kecilan. Simak artikel berikut ini…

Cara Mengetahui Kondisi iPhone Bekas

Ada beberapa cara jitu yang biasa saya lakukan, anda bisa coba semua cara yang saya berikan berikut ini…

1. Menggunakan Software 3utools

3utools ciri iphone original

Cara paling mudah dan cukup akurat untuk mengetahui kondisi iphone bekas yaitu menggunakan software gratis bernama 3utools. Software ini bisa digunakan di laptop atau komputer berbasis windows.

Setelah di instal, kamu cukup hubungkan iphone ke komputer menggunakan kabel lightning. Ikuti instruksi yang muncul, kemudian masuk ke menu “View Verification Report” di tab iDevice. Tunggu beberapa saat dan akan muncul testing score dengan skala 1-100. Jika 100% berarti iphone masih dalam keadaan original dan prima. Namun tidak menjamin juga karena kini banyak sekali alat khusus yang beredar untuk memanipulasi hasil 3utools.

Disini kita bisa melihat apakah logicboard masih original, apakah serial number sesuai, modul wifi, layar, baterai, dan kamera apakah masih bawaan pabrik dan lain sebagainya.

2. Update ke iOS 15.2 Keatas

cek kamera iphone asli atau gantian

Saya selalu menyarankan kepada siapapun, jika membeli iPhone bekas maka mintalah terlebih dahulu untuk upgrade iOS iPhone ke versi terbaru, yaitu 15.2 keatas.

Kenapa?

Di versi OS ini Apple memperketat keamanannya dari part non original. Sehingga jika ada part yang pernah diganti atau di service, maka akan muncul peringatan di pengaturan > tentang.

cek keaslian iphone bekas

Untuk iPhone iPhone XR, XS, XS Max, dan iPhone SE (generasi ke-2) hanya bisa mendeteksi bagian baterai. Untuk iPhone 11 series bisa mendeteksi bagian baterai dan layar. Dan untuk seri iPhone 13 keatas bisa mendeteksi bagian baterai, layar dan kamera.

Baca Juga

3. Cek Riyawat Perbaikan Resmi

Jika anda ingin mengetahui apakah iPhone pernah di service atau tidak (secara resmi), maka bisa mengeceknya lewat Apple service history. Anda cukup daftarkan perangkat dengan cara login ke iCloud. Kemudian masukan serial numbernya. Disana akan muncul riwayat perbaikan jika seandainya iPhone tersebut pernah dibawa ke service center resmi.

Selain itu, jangan lupa cek imei di situs resmi kemenperin untuk mengetahui apakah iphone yang anda beli itu garansi resmi ibox digimap atau dari luar negeri (internasional). Ini untuk menghindari pemblokiran sinyal seluler operator oleh pemerintah.

4. Cek Fisik dan Kondisi Secara Manual

Selain menggunakan ketiga cara sebelumnya, anda juga perlu mengecek secara manual. Untuk yang ini, anda harus menggunakan perasaan dan feeling yang kuat. Cek mulai dari kualitas layar apakah bagus atau mencurigakan. Coba ambil foto dan cek hasilnya. Kemudian tes untuk charging dan bermain game untuk mengetahui apakah baterai nya masih prima atau sudah drop. Jika ada segel, coba cek apakah segelnya masih utuh. Namun iphone resmi biasanya tidak memiliki segel, kecuali kalau beli dari konter yang menempel segel toko di perangkat.

Jangan lihat dari fisiknya karena yang namanya barang bekas pasti tidak akan seperti baru. Justru anda harus curiga jika iphone lama masih terlihat baru, bisa jadi itu rekondisi seperti sudah diganti housing atau part.

5. Bandingkan dengan iPhone Lain yang Sejenis

Jika anda atau teman anda memiliki iphone yang serupa, sebaiknya bawa dan bandingkan di tempat. Dengan begitu anda bisa dengan mudah membandingkan iphone bekas yang ingin anda beli dengan iphone pembanding yang sudah terbukti asli dan original.

Bandingkan mulai dari layar, kamera, speaker, dan kualitas microphone.

6. Curigai iPhone Seri Lama Tapi Masih Terlihat Baru

Banyak orang terkecoh ketika pertama kali membeli iphone bekas. Mereka hanya lihat dari kondisi fisik, battery health (BH) atau kelengkapan aksesoris. Perlu kalian ketahui, iPhone terutama seri lama pasti fisiknya sudah agak kusam dan sedikit lecet, battery health pun tidak akan tinggi.

Jika ada iphone bekas seri lama yang super mulus like new dengan battery health 100% misalnya, kamu patut curiga, jangan-jangan itu rekondisi. Karena battery health di iphone itu mudah sekali manipulasi dengan tools. Meningkatkan battery health iphone merupakan hal yang biasa dan sangat mudah bagi para teknisi ponsel berpengalaman.

7. Bawa ke Tukang Service Langganan

Jika anda ragu dan ingin hasil analisa yang akurat, jangan ragu untuk melakukan transaksi di konter atau tukang service langganan anda. Mintalah teknisi untuk mengecek barang apakah masih bagus atau sudah tidak layak. Mengeluarkan uang sedikit lebih worth it dari pada kita membeli barang yang ternyata kondisi nya tidak sesuai harapan.

Jika anda penasaran, bisa juga untuk cek part hingga di bongkar untuk melihat jeroan mesin dan ciri iphone pernah di service. Namun pastikan, teknisi yang anda pilih merupakan teknisi berpengalaman.

Kesimpulan

Itulah cara mudah cek keaslian iphone bekas tanpa di bongkar. Membedakan iphone palsu dan asli itu cukup mudah jika kita teliti dan sering melakukan transaksi jual beli. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mengenali iphone refurbished, rekondisi atau kawe.

Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah.

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

4 thoughts on “Cara Cek Keaslian HP iPhone Bekas (Bongkaran / Rekondisi)”

  1. Haha cara kedua works min,
    gue suruh sellernya update ios 15.2 ditempat, eh ketauan layarnya udah di ganti..
    langsung diskon 2 juta, karena murah gue sikat deh gpp

    Reply
  2. pas beli iphone bh 100%, 5 hari turun 2%, sebulan turun 10% 😭
    kayaknya iphone ku suntikan deh bh nya huhu ketipu sebel

    Reply

Leave a Comment