Cek Garansi iPhone Asli atau Palsu

Hampir setiap orang mendambakan smartphone yang canggih dan mewah, salah satunya yaitu hp iphone buatan Apple. Selain karena berkualitas, iphone dikenal dengan teknologi nya yang terdepan serta terbaik di kelasnya sehingga banyak pengguna yang sudah mencoba iPhone akan betah dan tidak ingin pindah lagi ke HP Android. iPhone garansi resmi indonesia biasanya bisa didapatkan di apple authorized reseller, contohnya seperti Digimap, TAM atau iBox. Namun, banyak dari kita memiliki budget terbatas dan membeli iphone di seller lain atau membeli bekas. Nah, disini tentu kita wajib cek garansi iphone untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Berikut adalah beberapa alasan kenapa kita harus mengecek garansi hp iphone.

Kenapa Harus Cek Garansi iPhone?

  • Untuk mengetahui apakah iPhone masih tercover garansi atau tidak
  • Mengetahui apakah iPhone asli atau palsu
  • Menghindari iPhone supercopy, kw, rekondisi atau refubrish
  • Menghindari seller nakal yang berniat menipu pembeli awam
  • Mengetahui kapan iphone pertama kali di aktivasi

Lantas bagaimana cara melihat garansi hp iphone sendiri dengan mudah? simak artikel berikut ini…

Cara Cek Garansi iPhone

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, berikut adalah cara yang pertama

1. Lewat Online via Website Resmi Apple

Perlu diketahui, Apple sudah mendaftarkan semua perangkat yang di edarkan di database online, sehingga semua data garansi tersimpan di server Apple. Itulah mengapa walaupun tidak ada kartu garansi berbentuk kertas atau dokumen, apple bisa mengetahui status garansi dari perangkat yang beredar.

Apple menggunakan kode unik bernama Serial Number (SN) yang bisa dilihat di pengaturan ataupun dusbox. Cara melihat serial number iphone yaitu

a. Pertama masuk ke Settings > General > About > Serial Number.

cek serial number iphone

b. Tekan dan tahan kemudian copy serial number tersebut.

c. Buka Situs Apple Check Coverage

Cara cek garansi iphone

d. Paste Serial Number yang telah di Copy tadi di kolom yang disediakan lalu masukan kode sesuai gambar yang muncul di kolom kosong. Klik Lanjutkan

Tanggal pembelian valid

e. Maka akan muncul status perlindungan garansi. Berikut adalah arti dari keterangan yang akan muncul.

StatusArti
Valid Purchase DatePerangkat asli dan terdaftar di database Apple
Telephone Technical Support (Aktif / Berakhir)Dukungan bantuan lewat telepon apakah masih berjalan atau sudah berakhir
Repairs and Service Coverage (Aktif / Berakhir)Sisa waktu garansi apakah masih di cover atau sudah berakhir
Covered by AppleCare ServicesMerupakan layanan tambahan dimana masa garansi lebih panjang jika membeli Apple Care
Please Activate your iPhone / DeviceGaransi belum aktif atau belum divalidasi
Mohon maaf, kami tidak dapat memeriksa perlindungan untuk nomor seri ini. Periksa informasi Anda dan coba lagi. Untuk mendapatkan bantuan terkait aksesori Apple, silakan hubungi Dukungan AppleSerial number salah atau tidak terbaca, kemungkinan bukan perangkat iphone asli.

2. Lewat Apple Authorized Reseller atau Apple Authorized Service Provider

Jika anda membeli iphone secara resmi, misal beli di ibox. Maka kita bisa cek garansi iphone ibox secara langsung dengan membawanya ke toko tempat kita membeli atau menghubungi customer servicenya secara online. Ciri iPhone resmi yaitu memiliki kode negara region indonesia (PA/A, ID/A atau FE/A), kemudian dusbox dan kartu garansi nya berbahasa Indonesia.

Baca Juga

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Berapa lama garansi iPhone resmi?

Durasi garansi resmi iphone yaitu 1 tahun. Aktif otomatis setelah perangkat pertama kali dihidupkan. Garansi bisa diperpanjang dengan membeli Apple Care.

Bagaimana cara klaim garansi iPhone?

Kita bisa menghubungi support resmi Apple. Ada beberapa cara, yaitu

  • Mengunjungi website support.apple.com
  • Menginstal aplikasi Dukungan Apple
  • Mengunjungi Apple Authorized Service Provider

Jenis-jenis Garansi iPhone

  • Resmi: merupakan garansi resmi dan legal yang telah diakui oleh Apple ataupun pemerintah sehingga proses klaim sangat mudah dan dapat dilakukan di negara asal tempat membeli. Di Indonesia misalnya seperti garansi iBox, Digimap atau TAM
  • Internasional: Garansi resmi Apple namun bukan untuk pasar Indonesia. Misalnya perangkat dibeli di Singapura, Amerika atau Eropa. Tidak ada bedanya dengan resmi Indonesia, namun IMEI tidak terdaftar di kemenperin sehingga sinyal berpotensi di blokir dan sulit untuk klaim garansi di Indonesia karena perangkat internasional biasanya tidak membayar pajak.
  • Distributor / Toko: Garansi bukan resmi dan diberikan oleh penjual tempat kita membeli perangkat iPhone.

Apa bedanya iPhone IBOX dan Inter?

Secara kualitas tidak ada bedanya. Hanya saja garansi internasional sulit di klaim di Indonesia, serta IMEI tidak akan terdaftar di kemenperin jika tidak membayar pajak masuk, sehingga sinyal rawan di blokir.

Apakah garansi internasional bisa di klaim di Indonesia?

Tergantung kebijakan pihak Apple dan Apple Authorized Service Provider. Dalam keadaan tertentu, AASP resmi kadang menerima perangkat iphone garansi internasional. Misalnya di mitracare.

Apa bedanya TAM, Digimap dan iBox?

Sama saja, mereka distributor resmi. Tidak ada perbedaan hanya berbeda pengelola saja.

Kesimpulan

Itulah cara mudah untuk cek garansi iphone sendiri lewat online ataupun service center. Selain cek garansi lewat serial number, mengetahui keaslian iphone juga bisa lewat cara lain, misalnya dengan menggunakan software khusus, mengenali ciri fisik serta melakukan update ke versi iOS terbaru.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment