Cara Riset Keyword Trending Akhir Tahun

Seperti yang kita tahu, akhir tahun merupakan masa yang paling dinantikan oleh para publisher, terutama adsense. Bagaimana tidak, di akhir tahun, biasanya penghasilan akan meningkat tajam hingga 200% dibanding bulan-bulan biasa. Kenapa bisa begitu? Karena, di akhir tahun, para pemasang iklan (advertiser) menghabiskan lebih banyak uang untuk beriklan. Biasanya mereka menghabiskan budget iklan yang tersisa sehingga ini berdampak pada RPM iklan yang meningkat.

Advertisement
Riset Keyword Trending Akhir Tahun
sumber : google adsense channel

Selain itu, hal ini akan berdampak pada CPC yang meningkat drastis. Nah untuk meraup penghasilan yang maksimal di akhir tahun tepatnya musim liburan, tentu kita harus mengoptimasi situs agar dapat menarik pengunjung lebih banyak. Salah satu caranya yaitu dengan riset keyword trending akhir tahun.

Bagaimana Cara Mengetahui Keyword Trending Akhir Tahun?

Setiap akhir tahun, saya selalu memaksimalkan konten agar dapat menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Biasanya mulai dari bulan september, penghasilan google adsense akan meningkat secara bertahap hingga masuk pada tahap puncak yaitu di bulan desember. Biasanya di malam tahun baru dan hari libur.

Nah, maka dari itu riset keyword sangatlah penting agar kita dapat menggaet traffic yang banyak ke website kita. Nah, berikut adalah beberapa keyword yang biasanya naik di akhir tahun berdasarkan pengalaman saya bertahun-tahun di dunia blog.

List keyword trending akhir tahun

  • Download gambar ucapan tahun baru
  • Gif tahun baru
  • Ucapan selamat tahun baru
  • 10/10
  • 11/11
  • 12/12
  • Harbolnas
  • Ucapan natal
  • Gambar ucapan natal bergerak
  • Gambar bergerak tahun baru
  • Inspirasi kostum halloween
  • Ucapan selamat natal
  • HP Terbaik XX Jutaan (XX disini yaitu harga)
  • Laptop terbaik XX Jutaan
  • Tempat wisata favorit tahun baru
  • Hosting black friday
  • Hosting murah terbaik
  • dan masih banyak lagi

Memahami Keyword Seasonality

Intinya, kita dapat menggali keyword-keyword seasonality.

Advertisement

Apa itu seasonality? Ini merupakan fluktuasi atau sebuah pola yang bisa kita prediksi yang biasanya berulang selama satu tahun di kalender.

Terbagi menjadi 3 jenis peristiwa, yaitu :

  • Kultural, contohnya ramadhan, halloween, natal, thanksgiving dan sebagainya
  • Komersial, contohnya seperti 10/10, 11/11, Harbolnas dan sebagainya
  • Acara Ad hoc, contohnya olimpiade, pemilu, sea games, pon dan sebagainya

Nah, jika anda sudah mengetahui tipe-tipe seasonality diatas, maka anda dapat dengan mudah memprediksi keyword apa yang akan trending di akhir tahun.

Untuk membantu pengembangan keyword, biasanya saya menggunakan beberapa tools gratis yaitu

  • Ubersuggest
  • Google trend
  • Google related search

Beberapa tools atau website diatas dapat membantu kita menemukan keyword, menganalisa kompetitor, cpc dan suggest keyword.

Nah, kalian bisa mencari sebanyak mungkin keyword dan membuat konten yang berkualitas agar kita dapat mengisi gap-gap keyword yang kemungkinan trending.

Dengan begitu, website kita akan mendapat traffic yang maksimal sehingga earning meningkat.

Kesimpulan

Intinya, untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal di akhir tahun, kita harus :

  1. Mempersiapkan keyword trending dan konten yang maksimal
  2. Setting penempatan iklan terbaik
  3. Optimasi Situs (Seperti kecepatan, usability, dan experience)

Selain mencari keyword trending, anda juga bisa membuat konten dengan keyword HPK (high paying keyword) yang telah saya post di artikel sebelumnya.

Sekian artikel mengenai cara riset keyword trending di akhir tahun, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Share jika suka!

Share jika suka!

2 thoughts on “Cara Riset Keyword Trending Akhir Tahun”

  1. Wah sebelumnya saya gak kepikiran buat ngincer keyword akhir tahun. Tapi setelah baca artikel keren ini, saya jadi termotivasi buat bikin artikel dengan beberapa keyword di atas… Nice sharing

    Reply

Leave a Comment