Cara Mudah Cek Garansi HP Xiaomi

Xiaomi mengeluarkan beberapa produk HP untuk pasar Indonesia. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab terhadap distribusi dan servis termasuk garansi. Untuk yang memiliki produk HP buatan Xiaomi, pemilik bisa cek garansi resmi atau distributor dengan mudah. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

Advertisement

Cara Mengetahui Garansi di HP Xiaomi

cara cek keaslian hp xiaomi lewat garansi imei

Anda mendapatkan keuntungan ketika membeli produk yang asli. Pihak Xiaomi menyadari bahwa masih banyak HP tidak legal masuk ke Indonesia. Konsumen harus waspada dan selalu mengecek semuanya dengan benar sebelum membeli.

1. Cek keaslian produk Xiaomi

image 60

Cek keaslian HP Xiaomi bertujuan untuk mengetahui apakah produk yang Anda beli berasal dari distributor resmi atau tidak. Hal ini berkaitan dengan pajak dan legalitas. Cara paling mudah adalah melihat kardus atau kotak pembungkus. Jika ada tanda TAM, produk tersebut dinyatakan resmi. TAM merupakan distributor resmi Xiaomi di Indonesia.

Setelah itu, Anda membuka box dan menerima kelengkapan seperti buku manual serta kartu garansi. Cek kembali apa saja yang memang harus di tersedia. Saat ini, ada penjual yang nakal dengan memalsukan box lalu mengurangi kelengkapan produk. Jika ini terjadi, Anda segera melapor. Semua klaim garansi Xiaomi berlaku apabila kartu dan periode valid.

Yang harus anda cek antara lain :

Advertisement
  • Apakah Box masih tersegel rapih ketika membeli? (Hati-hati hp republish)
  • Apakah ada logo distributor resmi? (TAM, Erajaya, Xiaomi ID)
  • Cek IMEI di Dusbox dan Ponsel, apakah sama (Jika berbeda berarti tidak resmi)
  • Cek Aksesoris, yang ori biasanya memiliki serial number dan kokoh
  • Jika OK, Catat Nomor IMEI yang tertera di BOX

Lalu lanjut ke langkah berikut ini…

2. Cek IMEI

Semua produk HP di Indonesia memiliki IMEI yaitu nomor khusus untuk identifikasi. Apabila sudah terdaftar di kemenperin, HP tersebut dinyatakan valid dan legal. Anda bisa cek IMEI Xiaomi online atau manual. IMEI ini juga tercetak di bagian dalam HP. Untuk metode manual, Anda tekan *#06# lalu ok. IMEI akan muncul otomatis terdiri dari satu atau dua tergantung model HP tersebut.

Setelah mengetahui IMEI, Anda bisa mengecek langsung validitasnya yaitu di buy mi registration. Ini adalah situs untuk memeriksa kelengkapan dan garansi dari pihak Xiaomi. Anda mengunjungi website tersebut lalu memasukkan IMEI. Setelah itu, sistem akan memberikan informasi mengenai garansi dan distributor.

Kunjungi situs berikut dan masukan imei ponsel anda :

Pastikan HP Anda terdaftar di situs xiaomi authentication, valid di kemenperin agar suatu saat tidak di blokir pemerintah, dan masih ada garansi jika anda membeli baru.

Produk resmi akan menunjukkan nama distributor seperti TAM. Jika namanya tidak sesuai, HP Anda kemungkinan masuk ke Indonesia lewat jalur lain. Sebenarnya, beberapa distributor berusaha memasarkan Xiaomi tertentu langsung dari produsen. Akan tetapi, perangkat tersebut tidak memenuhi legalitas. Jika distributor tidak tersedia, HP Anda bisa dipastikan ilegal.

Cara cek garansi dengan IMEI versi online tersebut berguna untuk memastikan semua produk masuk dengan jalur yang legal. Anda akan mendapatkan perlindungan konsumen dan garansi dari pihak Xiaomi. Mereka kini menambahkan dealer dan layanan perbaikan di berbagai kota.

3. Verifikasi garansi produk

Verifikasi garansi memiliki peran penting bahkan harus diketahui oleh konsumen dan pengguna. Garansi bisa saja sudah usang dan habis karena telah melewati periode yang sudah ditentukan. Produk Xiaomi lama yang masih dalam box mengalami hal tersebut meskipun berasal dari distributor resmi.

Anda bisa melakukan verifikasi garansi Xiaomi dengan mengecek kartu dan ke website yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selain menentukan validitas IMEI, informasi lain yang tertera adalah periode dan sisa garansi. Informasi ini berguna saat sedang berkunjung ke service center.

Kesimpulan

Penjelasan diatas menunjukkan bahwa produk apapun harus legal ketika masuk dan beroperasi di Indonesia. Xiaomi mendukung upaya apapun agar setiap konsumen mendapatkan garansi yang valid. Inilah alasan mengapa Anda wajib cek HP Xiaomi resmi atau tidak. Penggunaan produk resmi pasti lebih tenang apalagi ketika terjadi inspeksi dan sistem untuk mematikan IMEI ilegal. Anda tidak akan terkena hal tersebut.

Itulah cara mengecek keaslian hp xiaomi dan mengetahui masa garansinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment