Cara Menggabungkan File Microsoft Word Online dan Offline

Kadang kala kita diminta menggabungkan beberapa dokumen word menjadi satu file yang biasanya berformat doc ataupun pdf. Ternyata ini sangat mudah, kita bisa melakukannya dengan cepat secara online ataupun manual menggunakan software bawaan komputer seperti microsoft word.

Di artikel kali ini saya akan bagikan tutorialnya, mulai dari menggabungkan word secara online maupun offline. Cara ini bisa digunakan lewat komputer (PC), laptop maupun HP berbasis Android dan iOS. Tanpa basa basi langsung saja ke tutorial pertama.

Menggabungkan File Word Online Tanpa Aplikasi

Cara paling mudah menggabungkan file word menjadi satu tanpa merubah format yaitu dengan memanfaatkan web service online. Dengan sekali klik, kita dapat mengubah dua atau lebih file menjadi satu tanpa perlu instal aplikasi tambahan.

Tentu cara ini lebih simple dan cepat, tidak perlu skill editing word ataupun memerlukan aplikasi tambahan. Caranya

1. Buka situs aspose.app

cara menggabungkan word online

2. Kemudian klik “PILIH FILE” dan Pilih beberapa file yang ingin digabung.

cara join word cepat

3. Setelah itu pilih format, pastikan formatnya sama dengan format file sebelumnya yaitu .docx, lalu klik “MENGGABUNGKAN”

menggabungkan beberapa file sekaligus

4. Tunggu prosesnya hingga selesai, kemudian klik “UNDUH”.

image

5. Selesai, anda bisa mengeceknya di folder download

Menggabungkan File Word Manual Menggunakan Microsoft Word

Selain online, kita bisa menggabungkan file dengan rapi tanpa copy paste menggunakan fitur joiner bawaan microsoft word. Tentu cara kedua ini lebih aman dan rapi. Caranya cukup mudah

  • Pertama buka dokumen pertama
  • Kemudian arahkan cursor ke bagian paling bawah
menggabungkan doc manual
  • Lalu klik tab Insert > Object > Text from File…
menu untuk menggabungkan file word
  • Terakhir pilih dokumen lain yang ingin digabung ke dokumen pertama, kita bisa memilih lebih dari satu file.
image 4
  • Selesai, tinggal klik Save

Cara ini berlaku untuk microsoft word versi 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 dan versi terbaru. Admin juga pernah coba di Office 365 dan terbukti berhasil.

Bagaimana Cara Menggabungkan File Word di HP dan Tablet?

aplikasi untuk menggabungkan file word

Kita bisa menggunakan cara yang pertama yang sudah dibahas diatas. Selain itu, kita juga bisa menggunakan aplikasi wps office, office suite, polaris office ataupun microsoft word mobile.

Kesimpulan

Itulah cara mudah menggabungkan file word. Ada beberapa cara merger file yang bisa dilakukan, pertama secara online dengan mengunjungi situs word joiner. Yang kedua yaitu secara manual menggunakan software microsoft word. Karena berbasis online, kita bisa menggunakan perangkat apapun, entah itu laptop, komputer, HP android, iPhone, tablet dan sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ya.

Share jika suka!

Leave a Comment