Cara Mengetahui Panjang Garis di Adobe Illustrator

Ketika kita ingin mengetahui ukuran panjang dan lebar suatu objek lurus, misal persegi, kita dapat dengan mudah mengetahuinya dengan melihat width dan height, Namun, bagaimana jika kita ingin mengetahui panjang garis yang melengkung dan meliuk-liuk seperti gambar di bawah ini?

Advertisement
Cara Mengetahui Panjang Garis di Adobe Illustrator
Cara Mengetahui Panjang Garis di Adobe Illustrator

Seperti yang kita tahu, untuk mengukur panjang suatu objek yang tidak tegak lurus tidak bisa melihat ukuran lewat panjang dan lebar saja.

Misal objek A merupakan garis lurus, memiliki lebar dengan ukuran w = 80 mm
Dan objek B merupakan garis berliku (curves), memiliki lebar dengan ukuran yang sama yaitu w = 80 mm

Tapi nyatanya, panjang objek keduanya beda karena objek A tegak lurus, otomatis jaraknya lebih pendek. Sedangkan Objek B merupakan garis meliuk-liuk, tentu akan lebih panjang dari pada objek A walaupun di Adobe illustrator lebarnya sama-sama 80 mm.

Lantas, Bagaimana cara Mengukur Panjang Garis di Adobe Illustrator?

Ternyata, caranya cukup mudah, kita dapat memanfaatkan tab bernama Document info.

Advertisement

Caranya, Masuk ke tab Windows > Document Info. Maka akan muncul tab khusus untuk mengetahui details dari setiap object.

Setelah itu anda tinggal klik saya garis atau objek yang ingin anda cek ukuran panjangnya, di bagian length akan terlihat ukuran panjang aslinya.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Cara ini sangat berguna bagi anda yang membutuhkan ukuran presisi dalam membuat sebuah desain, seperti desain baju t-shirt, dieline, sketch dan sebagainya.

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Share jika suka!

Leave a Comment