Cara Mengatasi Wifi Indihome yang Lemot

Di zaman serba modern, hampir setiap orang kini menggunakan internet. Bagi sebagian orang, internet yang lambat merupakan hal yang menjengkelkan. Maka dari itu, banyak dari mereka yang beralih ke jaringan internet rumah berteknologi fiber seperti indihome. Namun, walaupun sudah canggih, nyatanya internet kabel juga sering mengalami masalah, mulai dari speed internet yang lemot, gangguan jaringan hingga kabel putus hingga menyebabkan internet los.

Advertisement

Ciri wifi indihome yang lemot antara lain

  • Kecepatan tidak sesuai dengan paket yang dipilih. Misalnya anda menggunakan indihome 20 Mbps, ketika di cek dengan aplikasi speedtest, speed menunjukan angka dibawah 20 Mbps
  • Ping dan jitter yang tinggi, ini menyebabkan pengalaman bermain game online berkurang
  • Kecepatan internet tidak stabil, kadang cepat kadang lambat
  • Sering loading ketika membuka sosial media seperti instagram atau youtube
  • Sering gagal ketika download dan upload
  • Video call terputus-putus

Nah, di artikel kali ini admin akan membagikan tips supaya jaringan wifi indihome lebih cepat. Sebelum ke artikel utama, sebaiknya kita wajib cek dulu beberapa hal berikut ini…

Penyebab Wifi Indihome Lemot

Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan jaringan internet fiber indihome anda lemot dan sering lag, antara lain…

1. Redaman Kabel Optik Tinggi

Redaman merupakan ukuran untuk mengetahui kurangnya daya hantar sinyal pada kabel fiber optik. Semakin besar redaman maka kualitas transmisi data semakin buruk. Maka dari itu, biasanya pengguna indihome yang mendapatkan kualitas redaman tinggi, akan lebih sering mengalami gangguan, salah satunya yaitu internet lambat.

cara cek redaman fiber optik indihome

Untuk mengecek redaman, anda bisa login ke admin router, kemudian masuk ke tab Status > Optical Information. Pastikan redaman anda di bawah angka 20. Itu sudah maksimal. Yang baik itu antara 7 – 15 dBm.

Advertisement

2. Perangkat ODP Melebihi Kapasitas

ODP Pole adalah sebuah kotak terminal dimana seluruh kabel optik berkumpul. Satu ODP biasanya dapat menampung 8 hingga 16 pengguna, tergantung jumlah kapasitasnya. Namun, kadang kala teknisi melakukan split, 1 port digunakan untuk 2 user, sehingga jika pengguna melebihi kapasitas, ini akan mengurangi kualitas jaringan odp tersebut.

apa itu odp indihome

Hal ini bisa menyebabkan redaman tinggi, internet sering los (indikator pon warna merah), dan kecepatan internet tidak stabil. Jadi ketika memasang indihome, pastikan ODP masih penuh, rapih dan dekat dengan rumah atau kantor anda.

3. Akun Indihome Anda Melebihi Batas Penggunaan Internet (FUP)

Fair usage policy (FUP) merupakan batas penggunaan maksimal bagi pengguna indihome. Besaranya tergantung paket yang dipilih.

kuota fup indihome terbaru

Nah, pastikan anda tidak melebihi fup karena jika lebih dari batas yang ditentukan, kecepatan internet akan turun secara drastis. Untuk mengecek fup indihome sangatlah mudah, anda bisa login di website resmi indihome atau via aplikasi my indihome.

cek sisa kuota fup indihome web
cek sisa kuota fup indihome web

4. Pengaturan Frekuensi dan Jenis Koneksi Kurang Tepat

Router memiliki pengaturan channel frekuensi, biasanya jika bentrok dengan router lain, internet bisa menjadi sedikit tidak stabil. Agar maksimal pastikan anda memilih channel ganjil dan tidak bertabrakan dengan router lain milik tetangga. Biasanya secara default di setting 11, maka anda bisa ubah jadi 9, 7 atau 5.

setting channel wifi indihome

Cara mengubahnya, anda login ke pengaturan router > masuk ke tab WLAN > WLAN Advanced Configuration.

Selain frekuensi wifi, jenis koneksi juga bisa berpengaruh. Menggunakan wifi di jarak yang jauh akan sedikit lebih lambat dibanding jarak dekat. Selain itu, menggunakan kabel LAN akan lebih baik dari pada menggunakan wifi.

5. Cuaca dan Bencana Alam

Hal terakhir yang biasanya menggangu jaringan indihome yaitu cuaca, seperti hujan deras, petir atau bahkan banjir dan gempa. Ini hal yang wajar dan tidak dapat dihindari.

Nah, walaupun begitu admin akan memberikan sedikit pengalaman cara tune up wifi indihome kita agar lebih cepat, simak artikel berikut ini…

10 Tips Mempercepat Wifi Indihome, Auto Ngebut!

Ada beberapa cara yang bisa anda coba, mulai dari trik rahasia hingga cara umum yang biasa digunakan para pengguna indihome, antara lain sebagai berikut…

1. Gunakan DNS Tercepat

Cara ini sebenarnya sudah saya bahas di artikel sebelumnya mengenai DNS Tercepat Indihome. Nah, anda bisa terapkan cara ini agar koneksi anda lebih cepat. Cara ini terbukti efektif, bahkan ketika orang lain gangguan massal, internet dirumah saya tetap cepat dan kencang.

cara tweak kecepatan indihome

Saya sempat share cara ini di twitter, dan boom dalam beberapa menit langsung viral. Intinya, anda cukup menggunakan dns tercepat di dunia yaitu dns cloudflare (1.1.1.1) dan dns google (8.8.8.8) di pengaturan router.

2. Batasi Pengguna

Semakin banyak pengguna maka jaringan akan semakin lambat, karena bandwidth internet harus dibagi-bagi. Apalagi jika ada salah seorang yang sedang download atau nonton youtube. Dijamin auto lemot!

cara membatasi pengguna wifi indihome

Maka dari itu, anda harus mengamankan jaringan wifi anda, jangan share password wifi sembarangan. Ganti password secara berkala dan batasi perangkat yang terhubung.

3. Penempatan Router yang Ideal

Bagi pengguna yang baru pertama kali memasang wifi, mungkin mereka akan menempatkan access point / router di sembarang tempat. Padahal hal ini harus di fikirkan baik-baik.

Sebaiknya anda hindari menyimpan router di lokasi yang jauh dari tempat biasa anda menggunakan wifi. Sebaiknya jaraknya maksimal 3 meter. Semakin dekat semakin baik.

Simpan di tempat yang ideal, misal di tengah rumah atau di ruang keluarga.

4. Optimasi Settingan Router

Settingan router bisa dimaksimalkan. Agar mendapatkan speed internet yang cepat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain..

  • Mengganti DNS dengan DNS Tercepat
  • Membatasi pengguna wifi dengan setting ip maksimal 10 orang
  • Blokir pengguna yang tidak dikenal
  • Gunakan setinggan channel yang beda dari bawaan

Semua tutorialnya sudah ada di blog ini, anda bisa ketik di kolom pencarian dengan keyword “indihome”.

5. Gunakan Kabel LAN

Jika anda pengguna komputer, sebaiknya anda membeli kabel lan dan langsung hubungkan ke router. Hal ini karena jaringan lan lebih cepat dan stabil dibandingkan wifi.

lan converter type c untuk smartphone

Selain PC atau Laptop, ternyata smartphone juga bisa menggunakan lan, namun harus menggunakan konverter khusus dan ponsel harus sudah mendukung

6. Gunakan Repeater

alat penguat sinyal wifi

Repeater adalah perangkat yang berfungsi memperkuat jangkauan sinyal wifi. Jika rumah anda luas, anda bisa menggunakan perangkat ini. Cara kerjanya cukup sederhana, pertama perangkat ini akan menerima sinyal dari router kemudian menyebarkanya kembali.

7. Gunakan Perintah CMD

Jika anda anak warnet, mungkin anda sudah tidak asing dengan perintah-perintah command prompt yang ada di windows untuk mempercepat internet. Misalnya seperti perintah

  • Ping 8.8.8.8 -t (untuk memancing agar komputer kira selalu di priotitaskan oleh router), alamatnya bebas bisa ip dns google, ip gateway dan sebagainya
  • ipconfig /flushdns (perintah untuk merefresh dan meminta dns baru)

8. Hapus Cache Browser

Kadang cache browser yang sudah terlalu banyak juga bisa menyebabkan perangkat jadi lemot, koneksi internet pun jadi serasa lambat. Padahal jaringan baik-baik saja. Nah, agar browser selalu prima, anda bisa clear cache dan data secara berkala. Anda bisa masuk ke pengaturan browser dan cari clear cache.

9. Upgrade Speed

Cara pamungkas yang bisa dilakukan untuk mempercepat koneksi yaitu upgrade speed. Ini memang bukanlah tips, namun diluar sana ada lho yang tidak mengetahui bahwa indihome bisa di upgrade.

Selain itu banyak orang yang salah menggunakan paket. Misalnya kecepatan 10 Mbps digunakan di cafe yang penggunanya lebih dari 10 orang, otomatis akan lemot. Jadi saran saya, jika memang anda merasa speed kurang, maka bisa mengajukan upgrade speed ke plaza telkom atau lewat call center 147.

10. Hubungi CS Telkom

Cara paling terakhir yang biasa saya lakukan jika memang internet sudah benar-benar lemot yaitu mengadu ke cs telkom. Bisa lewat facebook, twitter atau telp 147.

Biasanya langkah pertama, cs akan merestart jaringan kita lewat pusat, jika masih berkendala akan dibuatkan tiket yang nantinya akan di eksekusi oleh teknisi. Bisa saja ada masalah pada indihome kita, misalnya seperti kabel putus, router rusak, redaman tinggi atau gangguan lainya.

Kesimpulan

Itulah beberapa ciri, penyebab dan cara mengatasi wifi indihome lemot. Sebenarnya untuk memaksimalkan kecepatan internet itu mudah jika kita tahu cara kerjanya. Nah, cara-cara diatas bisa anda praktekan sendiri dirumah, jika kurang lengkap sudah ada artikel khusus di blog ini, tinggal ketik saja indihome di pencarian blog maka semua tutorial akan muncul.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment