Cara Mengatasi Unauthorized Changes Blocked Windows

Jika kita menemukan notifikasi unauthorized changes blocked dari windows security ketika membuka program yang baru di instal, besar kemungkinan program yang kita jalankan akan crash atau tidak dapat dibuka. Hal ini dikarenakan fitur virus & threat protection dari antivirus bawaan windows 10 (dulu namanya windows defender) mencegah program yang tidak dikenal mengakses folder penyimpanan dari komputer atau laptop kita.

Sehingga, hal ini menyebabkan program gagal berfungsi karena tidak bisa mengontrol akses folder yang dibutuhkan, misalnya menyimpan file konfigurasi, membuat cadangan data, menyimpan hasil output program dan sebagainya.

Mengatasi Unauthorized Changes Blocked Windows

Ciri dari fitur thread protection aktif yaitu muncul notifikasi unauthorized changes blocked, controlled folded access blocked (directory folder yang di akses) from making changes to the folder (directory).

Nah, agar software ataupun game yang kita jalankan dapat berjalan normal, kita perlu menonaktifkan fitur “Controlled folder access”. Lantas, bagaimana caranya, simak artikel berikut ini…

Mengatasi Unauthorized Changes Blocked Windows 10

Cara ini bisa anda praktekan di PC atau Laptop dengan sistem operasi windows 7, 8 atau 10 dengan antivirus bawaan windows security. Caranya yaitu

  • Buka Windows Security (Windows Defender)
  • Caranya bisa lewat pencarian atau lewat taskbar di kanan atas yang berlogo perisai
windows security
Cara Pertama
logo perisai di windows 10
Cara Kedua
  • Kemudian klik Virus & Threat Protection
menu virus & threat protection windows
  • Masuk ke menu Virus & Threat Protection Settings > Manage Settings > Manage Controlled Folder Access
  • Lalu hilangkan centang “Controlled folder access”
cara mencegah dan mengatasi virus ransomware
  • Selesai

Kini notifikasi controlled folder access blocked tidak akan muncul lagi. Kini anda bisa dengan bebas menginstal aplikasi yang ingin anda jalankan.

Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)

Kapan Notifikasi Ini Muncul?

Biasanya notifikasi ini muncul ketika kita membuka software, entah itu program aplikasi ataupun game yang membutuhkan akses penyimpanan. Misalnya ketika membuka aplikasi microsoft office (word, excel, powerpoint), notepad, adobe photoshop, illustrator atau aplikasi lainnya

Sebenarnya apa fungsi fitur Controlled Folder Access?

Seperti keterangannya “Protect files, folders, and memory areas on your device from unauthorized changes by unfriedly applications”, yaitu melindungi perangkat kita dari perubahan yang dilakukan aplikasi yang tidak dikenal.

Hal ini bertujuan agar komputer windows kita terlindung dari threat virus dan malware berbahaya seperti ransomware, wannacry, dan sebagainya.

Apakah Aman mematikan fitur ini?

Tentu aman, selama kita berhati-hati dalam menginstal program. Pastikan program yang kita gunakan itu resmi dan di download dari situs terpercaya.

Kesimpulan

Itulah artikel mengenai penyebab dan cara mengatasi Unauthorized Changes Blocked di PC atau Laptop bersistem operasi windows. Sederhananya, notifikasi ini muncul karena kita mengaktifkan fitur keamanan tambahan di windows security, fitur ini mencegah program yang tidak dikenal untuk melakukan akses ke penyimpanan sehingga program tidak dapat berjalan dengan sempurna.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment