Cara Menambah RAM Laptop dan PC tanpa Upgrade

Ketika kita membuka banyak program sekaligus di laptop dan pc berbasis windows, kadang kita kesal karena terkadang komputer kita terasa lambat dan akhirnya close program. Salah satu penyebab kenapa laptop dan pc lemot yaitu kurangnya kapasitas ram yang dibutuhkan prosesor untuk menyimpan data program sementara yang dijalankan.

Advertisement

Untuk mengatasi hal tersebut, tentu kita harus melakukan upgrade dengan menambah kapasitas ram. Namun, RAM tergolong mahal bagi sebagian orang, terutama pelajar yang masih belum memiliki penghasilan sendiri. Nah di artikel kali ini, mimin akan share cara menambah ram dengan metode virtual ram di perangkat berbasis windows. Untuk lengkapnya mari simak artikel berikut ini…

Cara Menambah RAM Laptop dan PC dengan Virtual Memory

Jika anda tidak memiliki budget untuk upgrade ram, maka cara ini sangat cocok karena dapat meningkatkan kapasitas memory virtual tanpa membeli ram. Prinsipnya tetap sama, yaitu meningkatkan alokasi penyimpanan sementara untuk menambah kinerja, namun kita mengorbankan harddisk sebagai tempat menyimpanya.

1. Menambah RAM Laptop dan PC Tanpa Aplikasi

  • Buka Control Panel > System and Security > System
  • Kemudian, klik Advanced System Settings
Menambah RAM Laptop dan PC Tanpa Aplikasi 1
  • Klik tab Advanced > Performance, lalu klik Settings
Menambah RAM Laptop dan PC Tanpa Aplikasi 2
  • Masuk ke tab Advanced
  • Kemudian pada bagian virtual memory, klik Change
Menambah RAM Laptop dan PC Tanpa Aplikasi 3
  • Lalu pilih Custom Size, dan masukan kapasitas ram yang di inginkan
Menambah RAM Laptop dan PC Tanpa Aplikasi 4

Keterangan :

  • Initial size (MB) : adalah kapasitas minimal (awal) yang dialokasikan, sebaiknya di isi dari setengah kapasitas ram anda. Misal ram laptop 4 GB, jadi masukan initial size nya 2 GB
  • Maximum size (MB) : adalah kapasitas maksimal penyimpanan yang di alokasikan untuk virtual ram. Saran saya masukan sesuai dengan kapasitas ram. Misal RAM anda 4 GB jadi masukan saja 4 GB.

2. Menambah RAM Laptop dan PC dengan Ready Boost

Menambah ram dengan ready boost

Ready boost merupakan fitur yang sangat populer di windows 7. Banyak orang yang menggunakan fitur ini untuk menambah ram virtual agar dapat menambah performa PC dalam membuka banyak program. Namun, berbeda dengan cara diatas yang memanfaatkan harddisk internal, ready boost memanfaatkan penyimpanan external sebagai virtual memory, misalnya seperti Flash disk, SD Card atau Penyimpanan eksternal lainya… Caranya

  • Hubungkan perangkat USB Flashdrive ke Laptop atau PC
  • Ketika muncul AutoPlay, pilih opsi Speed up my system
  • Jika tidak muncul anda perlu melalukan klik kanan di explorer pada perangkat penyimpanan yang ingin dipilih, kemudian klik properties.
  • Masuk ke tab Ready Boost.
  • Dan masukan kapasitas yang anda inginkan. Jika ingin menggunakan semuanya, pilih Dedicate the device to ReadyBoost.
  • Lalu klik OK.

Manfaat Menambah Virtual RAM

Cara diatas sudah saya test di komputer pribadi saya, dari awalnya 2 GB menjadi 4 GB. Yaitu 2 GB ram asli dan 2 GB ram virual. Perlu di ingat bahwa ram virtual fungsinya tetap sama namun tidak secepat ram asli. Karena kecepatan read and write ram sangat tinggi, berbeda dengan kecepatan harddisk yang terbatas.

Advertisement

Jadi, solusi ini dapat mengatasi close program atau memory penuh, namun tidak akan secepat dan sebaik menggunakan ram asli. Jika anda sudah memiliki budget untuk upgrade, sebaiknya anda menambah ram asli agar efek performa lebih terasa.

Saya ingatkan kembali, menambah RAM asli atau virtual tidak menambah kecepatan atau speed komputer, ram hanya berfungsi sebagai penyimpanan, bukan alat pemeroses data.

Jika ingin laptop atau pc anda lebih cepat dan responsive, anda dapat melakukan upgrade ke SSD, Upgrade Prosesor atau VGA. Anda bisa simak Upgrade RAM atau SSD? Jangan Salah Pilih!

Cara tersebut bisa digunakan pada berbagai merek laptop atau pc mulai dari asus, acer, msi, dell, samsung, hingga macbook yang menggunakan sistem operasi windows 7, windows 8 dan windows 10. Untuk HP Androd, caranya tetap sama, namun beda aplikasi. Anda dapat menggunakan aplikasi RAM Swapper, namun fitur swap ram mengharuskan kita untuk melakukan root terlebih dahulu.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment