Cara Menaikan Alexa Rank Blog dan Website

Alexa rank merupakan indikator yang digunakan oleh perusahaan alexa untuk mengukur Traffic dari sebuah website. Untuk meningkatkan Ranking Alexa sebuah blog atau website, tentu kita harus melakukan optimasi yang berkelanjutan. Lantas, optimasi apa saja yang wajib dilakukan? Untuk mengetahuinya, silahkan simak artikel berikut ini…

Advertisement

Mengenal Alexa

Alexa merupakan perusahaan asal california yang telah di akuisisi oleh Amazon. Alexa merupakan lembaga independen yang menyediakan layanan marketing untuk mempermudah para webmaster dalam memenangkan kompetisi dengan kompetitor.

Layanan Alexa antara lain :

  • SEO Analysis
  • Keyword Research
  • Competitive Website Analysis
  • Check Backlinks
  • Target Audience Analysis
  • API
  • SEO Audit Tools
  • Keyword Gaps
  • Site Comparison
  • Keyword Difficulty
  • On Page SEO Analysis
  • Dan sebagainya

Lalu, Bagaimana Cara Meningkatkan Alexa Rank?

Ranking Alexa terbagi menjadi dua, yaitu Global Rank dan Local Rank (Country). Untuk menaikan ranking sebuah website / blog, anda harus memahami cara kerja dan indikator yang digunakan alexa untuk mengukur kualitas dan traffic dari sebuah website.

Menurut Situs Alexa, mereka menggunakan data sample yang mereka dapatkan dari berbagai sumber yang valid untuk mengukur traffic sebuah website, salah satunya yaitu plugin Alexa Tool bar.

Selain itu, mereka menggunakan metrik perhitungan khusus yang rumit untuk menganalisa traffic yang akurat dan mengabaikan traffic spam dan palsu agar ranking lebih fair.

Advertisement

Namun, menurut riset dan study kasus yang telah admin coba, berikut adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan alexa rank dari sebuah website atau blog.

1. Jumlah Traffic

Faktor yang paling berpengaruh dalam meningkatkan ranking alexa yaitu Meningkatkan Jumlah Traffic! Ya memang ini hal yang paling ampuh dan terbukti. Namun, bagaimana cara agar alexa mengetahui lebih detail mengenai traffic website kita?

Caranya yaitu menginstal plugin Alexa Tool Bar di Browser Anda! Dengan begitu, setiap anda membuka website atau blog yang ingin di kelola, maka alexa secara otomatis membaca traffic dan data didalamnya.

Setiap anda membuka website atau blog, pastikan anda klik toolbar alexa dan disana akan terlihat ranking web anda. Selain itu, ketika anda mengklik toolbar, data akan terkirim ke server alexa sehingga dapat mempermudah alexa mengenali situs anda.

2. Jumlah Backlinks (Natural)

Selain traffic, alexa juga menganalisa jumlah backlink yang sudah didapat oleh situs anda. Semakin banyak backlink yang tertaut maka ini menjadi nilai tambah bagi rank situs anda. Namun disini anda harus memperhatikan bahwa backlink juga banyak jenisnya.

Jika backlink yang anda dapatkan benar-benar natural dan relevan, maka ini merupakan hal yang baik karena dapat meningkatkan popularitas dan authority sebuah web. Namun, jika backlinks yang didapat merupakan backlink spam, misal hasil membeli, hasil spam komentar, submit di situs archive, maka itu dapat memperburuk ranking alexa maupun jumlah traffic anda.

Jadi, buatlah konten yang berkualitas agar situs orang lain tertarik untuk mengutip dan memberikan backlink secara cuma-cuma. Backlink yang seperti ini merupakan backlink yang mahal harganya.

3. Speed (Page Load)

Coba anda klik tool bar alexa anda, selain rank, disana akan terlihat data mengenai page speed dari sebuah website yang sedang anda buka. Ternyata, Speed juga merupakan salah satu indikator dalam meningkatkan alexa rank.

Jika web dimuat cepat, maka user akan betah. Sehingga Sesi rata-rata akan meningkat. Begitupun Page View. Secara tidak langsung ini akan mempengaruhi traffic dan alexa rank.

4. SEO (Search Engine Optimization)

Hah apa hubunganya? Ternyata SEO sangat berpengaruh agar alexa blog kita rendah. Alexa akan menganalisa SEO Onpage maupun Offpage. Maka dari itu, maksimalkan lah optimasi SEO dari web yang kita miliki.

Jika SEO Maksimal, maka traffic akan melimpah = Rankink Alexa Ramping.

Banyak sekali materi SEO yang telah di bahas di blog ini, silahkan anda baca satu persatu.

5. Keyword Domination

Apa itu keyword domination? KD atau keyword domination adalah dominasi jumlah keyword anda di mesin pencari (search engine) misalnya google.

Semakin banyak keyword yang anda kuasai di mesin pencari maka semakin meningkatkan peluang datangnya traffic yang besar.

Maka dari itu, rajinlah update konten dan kuasai semua keyword yang sesuai dengan niche website atau blog yang anda kelola.

Jika Keyword sudah mendominasi pencarian, maka alexa rank akan sangat ramping.

6. Bounce Rate

Bounce rate adalah persentasi pengunjung yang langsung meninggalkan website anda setelah membuka sebuah halaman. Secara singkat, Bounce rate adalah persentasi user yang kabur.

Semakin rendah bounce rate, maka semakin baik sebuah situs. Ini dapat menjadi indikator apakah artikel yang kita tulis bermanfaat atau tidak bagi pembaca.

7. Sesi Rata-rata

Nah ini masih berhubungan dengan point nomor 6. Jika bounce rate rendah biasanya sesi rata-rata akan semakin lama.

Jika konten anda bermanfaat, ini akan membuat user yang berkungjung menjadi betah dan berlama-lama di website kita. Nah, durasi ini akan terukur oleh alexa. Semakin lama sesi rata-rata maka akan semakin baik sebuah situs.

Kesimpulan

Intinya, untuk menaikan alexa rank sebuah blog atau website, kita harus meningkatkan traffic yang masuk. Untuk meningkatkan traffic tersebut, kita harus melakukan optimasi yang berkelanjutan. Selain itu, kita harus rajin update konten baru.

Dengan begitu, ranking akan meningkat secara berkala. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Share jika suka!

Leave a Comment