Cara Memperbaiki Scroll Mouse Error 99% Berhasil!

Hal yang paling menyebalkan ketika kita memiliki komputer adalah mouse yang gampang rusak. Hal ini juga dialami oleh saya pribadi. Admin memiliki mouse dengan merk terkenal namun nyatanya tetap saja mengalami kerusakan yang cepat. Mouse yang admin gunakan yaitu Logitech Wireless M170 yang saya review beberapa waktu yang lalu. Ketika baru menginjak usia 2 bulan, scroll mouse error, kadang berfungsi kadang juga tidak berfungsi. Ketika digunakan pun, scroll malah berbalik arah, ketika scroll ke bawah eh malah keatas dan kadang kala bolak balik… Sangat menjengkelkan.

Nah, diartikel kali ini, mimin akan sedikit share mengenai cara memberbaiki scroll mouse yang error dan 100% cara ini berhasil karena pengalaman mimin sendiri yang iseng dan penasaran. Nah, sebelum ke artikel utama, mari kita kenali dulu beberapa penyebab mouse rusak berikut ini…

Hal-hal yang menyebabkan Mouse Wheel error

  • Pertama dan yang paling sering ditemui yaitu karena Debu!
  • Kedua, mouse kita pernah terjatuh dan menyebabkan komponen didalamnya lepas atau bahkan rusak
  • Ketika adalah penggunaan yang ekstrim, misalnya main game terus menerus
  • Keempat emang sudah waktunya haha

Nah, dari kerusakan diatas, kita dapat simpulkan bahwa sebenarnya ada salah satu penyebab yang masih bisa diperbaiki, yaitu pada penyebab yang pertama dan kedua. Debu dan komponen yang longgar bisa kita perbaiki dan kita bersihkan, langsung saya ke praktek…

“Do With Your Own Risk!”

Ingat, tutorial ini bisa memperbaiki atau malah memperparah kerusakan, jadi tanggung resikonya sendiri, admin tidak akan tanggung jawab!

1. Pertama, Siapkan Alat & Bahan (toolkit)

mouse wireless logitech m170

Alat yang perlu disiapkan yaitu

  1. Toolset / Obeng yang cocok dengan skrup pada mouse
  2. Tang atau Pinset
  3. Alcohol (wajib ini gan, si sakti serbaguna)
  4. Air duster/ dust remover kalo tidak ada bisa dengan mulut agan sendiri hehe (low budget)

Harusnya ada yang kaya gini, tapi berhubung saya gak punya duit yaudah saya pake mulut saya, tiup-tiup sekencang-kencangnya sampe engap

air dust remover

2. Bongkar mouse sampai semua komponen bisa diakses

Yang kedua yang jelas bongkar mouse anda, kira-kira seperti ini ilustrasinya

cara membongkar mouse logitech m170

3. Bersihkan semua bagian dalam mouse

Nah, ini adalah langkah jangkar yang wajib agan lakukan, ini langkah-langkah yang saya lakukan hingga mouse saya kembali normal :
  1. Bersihkan debu dan rambut yang menempel pada mouse
  2. Tiup tiap bagian sekencang-kencangnya dengan mulut / dust remover
  3. Siram bagian rotator scroll mouse dengan alcohol (Tidak usah takut, alcohol tidak seperti air yang dapat menyebabkan korosi, asal nanti dibersihkan lagi)
cara memperbaiki scroll mouse 100% berhasil
Perhatikan bagian yang dilingkari, siram ini dengan alcohol setelah dibersihkan, kemudian putar-putar scroll hingga terasa licin kemudian bersihkan dan tiup sekencang-kencangnya

4. Rapatkan bagian rotator mouse dengan pinset atau tang

Langkah ini sebetulnya hanya opsional jika langkah ketika tidak berhasil. Anda bisa coba kencangkan bagian rotator dengan menggunakan pinset atau tang. Namun hati-hati karena dapat membuat bagian ini patah!

cara rahasia memperbaiki scroll mouse

Nah, setelah semua langkah dilakukan, jangan lupa untuk mengeringkan dan mengetuk-ngetuk mouse agar alcohol yang masih menempel bersih tanpa tersisa. Setelah itu coba agan colokan mouse atau hubungkan ke komputer. Tara! Rasakan sensasi mouse seperti baru haha.. Scroll mouse saya normal lagi setelah hampir 3 tahun tidak diperbaiki.

Jika masih belum berhasil coba agan lebih teliti lagi dan coba lagi untuk dibersihkan. Dan jika ternyata frustasi dan tidak kunjung berhasil, maka BELI BARU ADALAH SOLUSINYA.

Sekian pengalaman saya memberbaiki scroll mouse yang rusak, semoga cara ini juga bisa membantu anda memperbaiki mouse wheele yang rusak.

Cara ini juga bisa diterapkan pada mouse yang sering double klik, klik tidak jalan atau edan eling alias kadang jalan kadang tidak.

Ini berlaku secara universal alias berlaku untuk mouse merk apapun semisal genius, votre, toshiba, dell, hp, rexus, razer, lenovo dan sebagainya

Sekian dan terima kasih, share jika agan suka!

Share jika suka!

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Saya merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

36 thoughts on “Cara Memperbaiki Scroll Mouse Error 99% Berhasil!”

  1. Bener kata agan. Mouse merk mahal juga tidak luput dari masalah. Hahaha
    Ini mouse saya ROG Sica. Saya kira semakin mahal semakin anti rusak. Hehehe

    Edannn… beneran sembuh scroll mouse saya.
    Saya teteskan alcohol 1-2 tetes di modul scrollnya, tiup sambil diangin-anginkan.

    Thanks for sharing.

    Reply
  2. Hahaha padahal dah pasrah kalo ga bisa pengen beli baru yang murah murah aja ternyata bisa cuma disiram alkohol wheelnya 😂

    Btw mouseku rog gladius 2 memang pemakaian extrim dibagian scrollnya belum ada setahun sudah kacau
    Full time dipakai editing , karena pekerjaan juga , jadi buat temen temen saran beli lah mouse sesuai kebutuhan aja , mau itu mouse mahal kalau tidak sesuai fungsinya yaa bakal cepet tumbang hehehe

    Terimakasih tipsnya

    Reply
  3. Berhasil Kakak,, intinya di nomor 3.. saya semprot alkohol, scroll langsung lancaaaaarrr jayaaa.. terima kasih solusinya Kakak.. 🙂

    Reply
  4. mantap, mouse saya skrg sudah bisa scroll2 lagi dg lancar, tadinya mah di scroll kebawah kdang suka ada yg kegulung sebagian ke atas.
    thanks bro

    Reply
  5. Awalnya gue under estimate..
    Masa sih gini doang,
    Pas di coba, weh kok working… Ajaib Anj*** wkwk

    Jika semua orang tau cara ini, mungkin pabrik mouse bisa turun omset haha

    Reply
  6. Gan, terimakasih atas panduannya. menurut ane, metodenya bekerja dengan baik. berhubungan di tempat ane gak ada alkohol murni, ane coba pake cairan IPA (Iso Propanol Alkohol). Kan sama2 ada alkoholnya tuh. Ane coba olesin sambil diputer mouse wheel-nya. mendingan tuh wheel-nya, jadi bisa lagi walaupun masih ada naik-turunnya. sedikit sih tapi ane ngerasa terganggu aja. ane tambahin lagi cairannya, sambil diputer2. eh lama2 malah dol bang.. skrg malah muter bebas. kyk meleleh gitu bagian plastik nya.

    Reply
  7. work pak, karna ga punya alkohol pake minyak kayu putih aja masih bisa, tp sedikit masih sedikit error sih tp ga mengganggu seperti sebelum nya. (problem mouse xiaomi scroll atas malah kebawah dan sebaliknya).

    Reply
  8. wah persis nih, logitech wireless scroll ke atas malah turun ke bawah. makasih infonya gan, mudah2nya works tips nya

    Reply

Leave a Comment