Cara Memilih Penulis Artikel Blog

Seiring berkembangnya trend blogger, kini banyak sekali penulis yang menyediakan jasa penulis artikel untuk blog atau pun website dengan harga murah dan terjangkau. Namun kita harus berhati-hati karena nyatanya banyak penulis yang tidak jujur.

Advertisement

Banyak dari mereka yang membuat artikel menggunakan tools atau software (auto generated content) atau artikel spinner yang di ambil dari blog milik orang lain sehingga menghasilkan artikel yang lolos plagiarism.

Tentu konten artikel seperti ini sangat tidak baik untuk blog terutama blog yang mengandalkan Teknik SEO sebagai traffic utama.

Maka dari itu kita harus cerdas dan cermat mencari penulis artikel yang berbakat dengan tulisan asli yang natural. Di artikel kali ini, saya akan membagikan beberapa tips mencari jasa penulis artikel blog yang berkualitas. Simak artikel berikut ini…

Memilih Penulis Artikel Berkualitas

Saya sendiri sudah memanfaatkan jasa penulis artikel lebih dari 5 tahun karena saya kadang tidak sempat menulis dan memiliki kesibukan. Nah berikut saya akan bagikan tips memilih penulis artikel blog yang berkualitas…

Advertisement

1. Cari Penulis yang Memiliki Blog Pribadi

Cara paling mudah untuk menentukan penulis artikel yaitu carilah yang memiliki blog pribadi. Tentu mereka setidaknya akan paham mengenai cara menulis artikel yang baik serta membuat artikel yang SEO.

Lihatlah blog miliki mereka, apakah memiliki reputasi yang baik, memiliki DA PA dan Alexa rank yang baik dan apakah mereka juga bekerjasama dengan program google adsense.

Jika semua itu terpenuhi bisa dipastikan mereka merupakan penulis blog yang profesional.

2. Lihat Pengalaman dan Portofolio Mereka

Ketika memutuskan memilih jasa penulis artikel, sebaiknya kita melihat backround mereka terlebih dahulu.

Anda bisa melihat contoh tulisan mereka, pengalamanya serta porfofolio. Lihat apakah mereka sudah melayani client, dan siapa saja client nya.

Ini bisa menjadi bukti kopetensi mereka. Walaupun tidak semua orang penulis berfortofolio itu bagus, namun setidaknya ini memberi sedikit gambaran.

3. Cek Kejujuran dengan Plagiarism Checker

Kebanyakan jasa penulis artikel akan memberikan keterangan original, lolos copyscape dan plagiarism, unique dan sebagainya.

Namun jika kita baru kenal, sebaiknya jangan percaya begitu saja, kita coba cek sendiri apakah benar atau tidak. Lihat juga dari mana mereka mendapatkan data dan inspirasi dan bandingan dengan tulisan aslinya.

Jika memang terbukti tidak plagiat, maka bisa dipastikan penulis itu jujur.

4. Jangan Tergiur Harga Murah

Banyak sekali jasa penulis yang menawarkan harga murah, bahkan dibawah harga rata-rata. Namun, anda harus mengecek telebih dahulu hasil tulisan mereka.

Bisa saja artikel yang dijual merupakan artikel bekas orang lain yang dijual ulang, artikel yang dihasilkan menggunakan tools atau artikel bukan tulisan murni.

harga jasa penulisan artikel blog murah 1

Nah ini salah satu harga jasa penulisan artikel di salah satu langganan saya yang sudah terpercaya. Harganya memang standar, tidak mahal ataupun murah.

Namun ternyata ada lho penulis yang mematok harga sangat murah, misalnya 400 kata hanya 5000 dan sebagainya, tapi ternyata hasilnya tidak bagus dan terkesan terburu-buru.

Jadi carilah penulis profesional dengan harga yang wajar, biasanya semakin mahal harga nya maka semakin bagus hasilnya.

5. Memahami Struktur Dasar dan Teknik Penulisan

Setiap pemilik blog biasanya memiliki standar khusus, entah itu dari gaya bahasa, struktur atau teknik penulisan. Nah, bagi anda yang mencari penulis maka saran saya carilah penulis yang setidaknya paham mengenai struktur dasar dan teknik penulisan.

Mulai dari kerangka artikel, keyword, dan Optimasi SEO. Ini penting bagi anda yang memiliki blog adsense atau blog yang mengandalkan traffic organik.

6. Kemampuan Riset dan Editorial

Riset dan editorial merupakan kemampuan wajib yang harus dimiliki penulis artikel. Jika penulis memiliki kemampuan riset seperti riset pustaka, data, wawancara atau hingga riset lapangan ini merupakan suatu nilai tambah.

Selain itu, kemampuan editorial juga sangat penting, karena dengan begitu mereka memiliki quality control pada setiap konten yang dibuat. Seperti halnya mengecek keyword, backlink (jika diminta), indikator SEO atau pengutipan sumber.

Jika penulis memiliki dua kemampuan ini, maka saya yakin hasil tulisannya akan berkelas setara dengan tulisan yang biasa tampil di media besar.

7. Antitude dan Profesionalisme

Sebaik apapun skill dan kemampuan penulis artikel, jika tidak dibarengi dengan sikap maka semuanya akan sia-sia. Maka dari itu, carilah penulis yang memiliki antitude baik, mulai dari cara berkomunikasi, pelayanan, dan profesionalisme.

Ini penting agar kita dapat menjalin kerjasama yang panjang sehingga dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Tips Mencari Penulis Artikel

Nah, setelah tahu bagaimana cara memilih penulis artikel yang berkualitas untuk blog, maka saya juga akan membagikan cara menemukanya, simak beberapa point berikut.

1. Lewat SEO

Cara termudah untuk mencari penulis artikel yang berkualitas yaitu melalui pencarian di search engine seperti Google, Yahoo atau Bing.

Pilihlah mereka yang tampil paling atas, tentu secara tidak langsung ini membuktikan bahwa mereka sudah memiliki kemampuan SEO yang baik serta memahami teknik penulisan.

Namun pastikan anda tidak mencari penulis dari iklan, karena yang tampil dari iklan itu tampil diatas namun melalui media berbayar, bukan dari kemampuan SEO.

2. Lewat Sosial Media

Cara kedua untuk mencari penulis artikel yaitu melalui sosial media. Banyak sekali dari mereka yang menawarkan jasa penulisan mulai dari sosial media facebook, instagram atau linkedin.

Disana anda dapat melihat profil mereka, dengan begitu anda bisa dengan mudah menentukan apakah penulis tersebut cocok atau tidak dengan anda.

3. Lewat Forum dan Komunitas

Jika anda membutuhkan penulis cepat, maka anda bisa mencarinya di forum atau komunitas. Bisa di grup facebook, forum terkenal atau komunitas yang berkaitan dengan blogging.

Biasanya banyak dari penulis yang bergabung disana. Sebagai gambaran, saya pun bisa mendapatkan 15 penulis hanya dalam waktu kurang dari 1 jam dari suatu forum.

Jadi cara ini sangat efektif dan cepat.

4. Lewat Kenalan

Jika anda membutuhkan penulis yang sudah terbukti kualitasnya, anda dapat meminta saran kepada rekan atau kenalan sesama blogger.

Tentu anda harus bergaul dan membangun channel sesama blogger, dengan begitu selain menambah wawasan dan silaturahmi, kita bisa mendapatkan saran atau rekomendari dari sesama blogger lainya, salah satunya rekomendasi jasa penulis artikel blog.

5. Lewat Lowongan Kerja

Jika anda serius untuk mencari penulis artikel dalam jangka panjang, maka anda bisa membuka lowongan kerja jasa penulis.

Selain lebih terikat, dengan cara ini kita dapat mendidik atau memberikan SOP kepada mereka sehingga dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas sesuai dengan kriteria kita.

Cara ini juga efektif untuk menekan budget dan membantu para penulis agar lebih sejahtera.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips untuk memilih penulis artikel blog yang berkualitas. Kita harus pintar dan selektif untuk memilih penulis agar hasil yang didapatkan sesuai dengan budget yang kita keluarkan.

Kita dapat mencari penulis berkualitas dengan mudah di berbagai channel dan media, tinggal kita memiliki kemauan untuk memanage dengan maksimal.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya.

Share jika suka!

Leave a Comment