Cara Membuat Filter Instagram

Ketika kita melihat Instagram Story milik orang lain, di bagian atas terlihat nama filter dari pembuat filter fulan. Nah, jika kita klik, maka akan diarahkan ke halaman profil pembuat filter instagram dan bisa kita coba.

Ciri akun instagram yang telah membuat filter sendiri biasanya memiliki Tab khusus dengan icon face filter di profilnya, seperti berikut ini

ciri akun instagram yang membuat filter

Jika kita memiliki tab filter sendiri, tentu instagram kita akan semakin keren untuk di pamerkan ke teman-teman kita. Lantas, bagaimana sih cara membuat filter instagram sendiri? apakah bisa membuat filter ig di hp? bagaimana cara uploadnya?

Untuk menjawab semua pertanyaan diatas, mari simak artikel berikut ini…

Membuat Filter Instagram Sendiri

Sebelum untuk memutuskan untuk membuat filter instagram story, anda perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa untuk membuat satu filter saja, kita harus mempunyai niat dan semangat belajar yang tinggi.

Hal ini dikarenakan membuat filter instagram memerlukan logika dan pemahaman dalam menguasai software khusus yang diciptakan facebook yang bernama Spark AR.

Spark AR adalah Software pembuat Augmented Reality yang di khususkan untuk para creator dengan berbagai macam latar belakang seperti designer, animator hingga profesional yang ingin membuat filter atau efek khusus yang dapat di publikasikan ke Produk milik Mark Zuckerberg yaitu Facebook dan Instagram.

Untuk dapat menggunakan Spark AR, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi, yaitu :

  • Memiliki Komputer PC atau Laptop dengan sistem Operasi Windows / Mac
  • Versi minimal Windows 10 / MacOS 10.14+
  • Intel Core i3 2,5 GHz +
  • RAM 4GB +
  • GPU Intel HD 4000 atau lebih baik
  • Smartphone dengan OS Android atau iOS (Iphone)
  • Memenuhi syarat dan ketentuan Spark AR

Nah, jika anda sudah memiliki semua syarat diatas, maka kita bisa langsung memulai pembuatan filter instagram. Berikut adalah langkah-langkah sederhananya

1. Mendownload dan Menginstal Spark AR

Cara membuat filter instagram

Pertama, unduh dan install software Spark AR Disini

Setelah anda menginstal spark ar, pastikan anda dapat membuka dan menjalankanya dengan baik. Software spark ar itu 100% gratis. Jadi anda tidak perlu menyewa atau membeli aplikasi untuk membuat filter instagram.

2. Membaca Panduan Dasar

tutorial spark ar mudah

Setelah anda membuka aplikasi spark ar, anda dapat mencoba satu-satu menu dan layout aplikasi. Anda pelajari Documentation agar dapat dengan mudah mengoperasikan aplikasi tersebut.

Selain itu, anda dapat membaca panduan-panduan Spark AR Disini

Baca satu-satu panduan secara berurutan mulai dari Getting Started hinga FAQ. Hal ini penting agar anda tidak tersesat dan kesulitan dalam membuat filter instagram dari dasar.

Dasar merupakan pondasi yang penting agar dapat menciptakan sebuah filter instagram yang baik.

3. Membaca Halaman Kebijakan Spark AR

syarat dan ketentuan spark ar

Jika anda selesai membaca semua dokumentasi dan tutorial dasar, maka langkah selanjutnya yaitu membaca halaman kebijakan yang berisi syarat dan ketentuan.

Anda dapat membaca Kebijakan Spark AR disini.

Hal ini penting agar nanti ketika anda membuat filter, dapat di approve dan disetujui oleh pihak facebook.

Ini sangat penting agar anda tidak menyesal karena telah membuat filter dengan susah payah namun tidak bisa di upload dan ditolak oleh facebook.

4. Mengikuti Tutorial

forum untuk belajar membuat filter instagram

Nah, jika anda sudah paham mengenai 4 poin diatas, maka saatnya kita berekspresi dan menuangkan ide kreatif untuk membuat filter instagram.

Untuk pertama kali, tentu kita akan bingung harus mulai dari mana, maka dari itu kita harus mengikuti tutorial orang lain terlebih dahulu.

Banyak sekali Channel dan media untuk belajar membuat filter instagram, antara lain

  • Bergabung dengan Komunitas Spark AR di Facebook
  • Membuka Tutorial Spark AR di Youtube
  • Mengikuti Tutorial dasar Spark AR

Nah, anda dapat membuat filter dasar yang mudah terlebih dahulu seperti Efek Orange, Efek cahaya, Filter Camera dan filter static lainya.

Jika anda sudah berhasil membuat filter instagram dasar, maka anda dapat mengikuti tutorial yang lebih advanced seperti Membuat 3D Text, Questions AR, Efek 3D dan sebagianya.

Buatlah filter unik yang belum pernah ada!

5. Upload ke Spark Studio

cara upload filter instagram

Nah, jika anda sudah berhasil membuat filter, maka langkah selanjutnya yaitu memasukan filter tersebut ke Instagram atau ke Facebook. Cara upload filter ke instagram yaitu melalui portal Spark Hub Studio.

Selain itu, anda dapat mempublikasikan filter langsung lewat aplikasi Spark AR. Nanti filter akan secara otomatis diunggah ke spark hub.

Hal yang harus disiapkan yaitu :

  • Nama efek
  • Target publikasi (Facebook atau Instagram)
  • Icon
  • Instruksi dan penjelasan Efek
  • Video Demo (hasil efek anda)

Setelah itu anda tinggal submit dan tunggu persetujuan facebook. Biasanya efek akan di review dalam 1 – 3 hari di jam kerja.

Keuntungan Membuat Filter Instagram

contoh filter instagram di akun pemiliknya

Mungkin, banyak dari kalian yang bertanya, apakah membuat filter instagram dapat menghasilkan uang?

Jawabanya yaitu Bisa!

Tapi anda bukan di bayar oleh instagram, melainkan anda harus membuka jasa pembuatan filter instagram. Saat ini banyak sekali selegram atau orang yang ingin dibuatkan filter. Selain itu, banyak perusahaan yang memerlukan konten promosi salah satunya lewat filter instagram.

Jadi anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kesimpulan

Memiliki filter instagram hits memang sebuah pencapaian yang keren. Namun, untuk membuat filter instagram kita harus mempersiapkan alat dan bahan beserta kemauan untuk mempelajari software yang telah disediakan.

Jika kita ulet dan tekun belajar, maka kita dapat membuat berbagai filter instagram unik yang lucu serta kekinian. Hal ini dapat membuat akun kita populer dan dikenal banyak orang. Selain itu, jika kita telah mahir membuat filter, maka kita dapat menghasilkan uang dari internet hanya dengan menjual keahlian dan kreativitas yang kita miliki.

Sekian artikel kali ini, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar dibawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment