Cara Kirim Foto Lewat WhatsApp tanpa Menurunkan Kualitas (Buram)

Resolusi gambar pada foto memang menentukan kualitas. Jika kita mengirim gambar kualitas tinggi, maka foto akan terlihat jernih seperti aslinya. Namun, ketika kita mengirimnya lewat aplikasi instant messaging seperti whatsapp, kadang kala kualitas foto menurun, menjadikan foto terlihat blur dan buram.

Advertisement

Hal ini karena jika kita mengirim langsung lewat menu foto whatsapp, gambar akan di kecilkan terlebih dahulu (compress), sehingga ukuranya menjadi kecil dan mudah untuk dikirim. Namun, hal ini tentu akan menurunkan kualitasn foto atau video sehingga akan terlihat pecah.

Nah di artikel kali ini, saya akan membagikan trik rahasia mengirim gambar di whatsapp dengan kualitas tinggi (HD) tanpa pecah dan buram. Simak artikel berikut ini…

Cara Kirim Gambar di Whatsapp sebagai Dokumen

Biasanya kita mengirim foto langsung lewat menu “galeri”. Nah, perlu anda ketahui bahwa jika anda mengirim gambar lewat menu tersebut, gambar akan di kompres terlebih dahulu sehingga kualitasnya menurun.

Coba aja anda buktikan sendiri, biasanya foto itu berukuran 1 – 3 MB, setelah di kirim lewat menu galery/images, maka ukuranya akan berkurang hanya menjadi beberapa ratus kilobyte saja (KB).

Advertisement
kirim foto lewat dokumen wa

Untuk mengakalinya, kita bisa menggunakan menu dokumen. Jadi kita mengirim gambar sebagai dokumen, bukan sebagai gambar. Jika kita menggunakan menu ini, maka yang dikirim merupakan file asli, bukan file yang sudah di kompres. Caranya

  • Buka aplikasi whatsapp
  • Kemudian klik menu lampiran, dan pilih dokumen
cara mengirim foto lewat dokumen wa android
  • Lalu cari foto yang ingin anda kirim.
cara mengirim gambar banyak lewat wa
  • Disini anda harus mengetahui dulu nama file dari foto yang ingin dikirim, bisa melihatnya lewat properties di galery
  • Setelah nama file foto nya, anda tinggal klik untuk mengirim
  • Tunggu beberapa saat hingga file terkirim.

Dengan cara tersebut, foto yang dikirim merupakan foto asli, sehingga kualitasnya tinggi dan bagus. Cara ini juga berlaku untuk whatsapp web atau whatsapp iphone.

Cara Kirim Gambar lewat Google Drive

Cara kedua yang paling mudah yaitu lewat google drive. Google drive merupakan aplikasi bawaan smartphone android yang berfungsi untuk menyimpan file secara online (cloud). Jadi, anda bisa memanfaatkanya untuk menyimpan file foto asli dan mengirimkanya ke teman atau keluarga lewat whatsapp. Caranya cukup mudah…

  • Pertama buka aplikasi google drive
  • Klik icon tambah > upload > dan cari foto yang akan di upload
cara mengirim gambar dengan kualitas tetap
  • Setelah upload berhasil, kemudian klik foto yang ingin dikirim
  • Lalu klik salin link
cara mengirim foto wa agar tidak pecah
  • Dan kirimkan link yang telah tersalin lewat whatsapp.
cara mengirim file asli foto lewat wa

Dengan cara tersebut, penerima akan dapat mendownload gambar lewat drive secara langsung, bukan lewat server whatsapp, sehingga kualitas gambar tidak turun.

Cara Kirim Gambar lewat Email

Cara terakhir yang paling ampuh untuk mengirim foto tanpa buram yaitu melalui email. Dengan menggunakan email, foto yang kita kirim merupakan file asli, tidak melalui proses kompres atau penurunan kualitas. Caranya cukup mudah…

cara mengirim foto lewat email
  • Pertama, minta dulu alamat email teman atau orang yang menjadi penerima
  • Kemudian buka aplikasi gmail
  • Buat email baru, masukan alamat email tujuan, subyek (bebas) dan tambahkan lampiran
  • Pada lampiran, masukan foto yang ingin anda kirim
  • Kemudian klik kirim

Selain gambar, anda juga bisa mengirim file jenis lain seperti doc, pdf, zip atau sebagainya.

Kesimpulan

Nah itulah cara mengatasi foto kualitas jelek ketika mengirim menggunakan whatsapp. Sebenarnya caranya mudah, kita cukup menggunakan menu dokumen di whatsapp ketika ingin mengirim foto atau gambar. Dengan begitu, file yang dikirimkan tidak melalui proses kompresi yang menyebabkan kualitas gambar menurun.

Selain dengan fitur bawaan whatsapp, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi bawaan android seperti google drive atau gmail. Untuk pengguna iphone, caranya juga sama, anda cukup menggunakan fitur dokumen atau mendownload aplikasi google drive dan gmail.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment