Cara Download di Situs Subtitle Film Indonesia

Ketika kita download film luar negeri seperti film barat, thailand, china, jepang, anime, korea atau film luar negeri lain yang menggunakan bahasa asing, tentu kita akan kesulitan memahami percakapan atau dialog antar tokoh jika kita tidak menguasai bahasa di dalam film. Maka dari itu, biasanya film luar negeri yang ditayangkan di TV atau Bioskop biasanya dilengkapi dengan translate bahasa berupa subtitle.

Advertisement

Apa itu Subtitle?

Subtitle adalah file yang berisi terjemahan bahasa berupa teks yang biasanya ditampilkan di suatu film ataupun video berbahasa asing. Subtitle biasanya menampilkan teks bacaan di bagian bawah film yang tersinkron secara otomatis dengan scene film dan akan berubah sesuai percakapan yang terdengar.

Cara Download Subtitle

Banyak sekali penggemar film di indonesia, namun kadang kala ketika kita memiliki film di harddisk laptop atau pc, didalamnya belum dilengkapi subtitle sehingga subtitle tidak tampil. Untuk menampilkan subtitle tentu kita harus mendownload terlebih dahulu file subtitle yang sesuai dengan versi dan judul film yang kita miliki.

Biasanya subtitle berformat .srt, .ssa, .ttml, atau .txt namun masih banyak format lainya yang bisa digunakan sesuai dengan pemutar video yang kita gunakan. Jenis yang paling sering digunakan yaitu srt, maka dari itu kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mendownload subtitle film dengan mudah. Simak artikel berikut ini…

1. Buka Situs Download Subtitle

Anda bisa mencari subtitle dengan mudah di situs download subtitle. Ada banyak sekali situs yang menyediakan jutaan subtitle. Berikut adalah beberapa situs download subtitle gratis terbaik :

Advertisement

Buka salah satu situs diatas, jika tidak menemukan judul film atau video yang anda cari, maka bisa beralih ke situs lainya. Menurut saya, subscene merupakan situs paling lengkap, namun kadang film-film indonesia yang kurang terkenal tidak ada, harus mencarinya di situs download subtitle alternatif.

Pastikan anda mendownload file subtitle dalam format .srt, caranya cukup mudah…

  • Pertama buka salah satu situs diatas
  • Kemudian ketikan judul film di kolom pencarian
  • Download subtitlenya yang berbahasa indonesia
  • Pastikan didalamnya terdapat file .srt

Kadang ada berbagai versi dari owner atau pembuat yang beda, download saja semuanya dan cari yang sinkron dan sesuai dengan film kita. Jika tidak sesuai biasanya subtitle akan telat muncul atau terlalu cepat, jika begitu ganti ke versi lainya.

Notes!
cara mudah download subtitle film indonesia

jika sudah mendapatkan subtitlenya, maka lanjut ke langkah berikutnya…

2. Cara Menggunakan Subtitle dalam Film atau Video

Setelah mendapatkan file nya, biasanya akan berformat .srt. Jika masih berbentuk .zip atau .rar pastikan anda extract terlebih dahulu dengan winrar atau 7zip. Setelah itu, lanjut ke langkah berikut ini…

Cara Memasukan Subtitle dalam Film atau Video
  • Copy file .srt ke dalam folder film yang sama.
  • Misal anda taruh di folder “film zoker”
  • Kemudian rename film dan subtitle dengan nama yang sama, jangan beda kapital, koma atau titik sedikitpun.
  • Jadi di dalam folder hanya ada 2 file, yaitu film dan subtitle… Contohnya seperti
joker-2019-blueray.mp4 (ini file film nya)
joker-2019-blueray.srt (ini subtitlenya)

3. Buka Film dengan Pemutar yang Mendukung

Cara Download di Situs Subtitle Film Indonesia

Setelah file film dan subtitle ada dalam folder yang sama dan diberi nama yang sama, maka langkah selanjutnya yaitu memutar film yang berformat mp4, mkv, avi atau sebagainya dengan pemutar film terbaik, misalnya seperti

  • Windows Media Player
  • Media Player Classic
  • VLC
  • GOM Player
  • KM Player
  • Pot Player
  • 4K Player
  • MX Player (Android)
  • PlayerXtreme Media Player (iPhone)

Dan sebagainya…

Jika file subtitle yang anda download benar, maka subtitle akan tampil dalam film dengan bahasa indonesia sesuai dengan scene dan percakapan yang muncul. Jika tidak pas, maka anda harus mengganti dengan subtitle versi lain karena setiap film biasanya memiliki beberapa versi subtitle yang berbeda tergantung siapa orang yang pertama kali menyebarkan film tersebut.

Kesimpulan

Itulah cara mendowload dan menggunakan subtitle film berbahasa indonesia. Sebenarnya jika film yang anda putar sudah agak lama, biasanya kita bisa dengan mudah menemukan file subtitlenya di internet lewat situs download subtitle diatas. Kita tinggal mendownload dan memasukanya ke folder yang sama dengan film kemudian melakukan rename file agar namanya sama.

Cukup dengan tiga langkah tersebut, subtitle akan tampil ketika kita memutar film. Semoga tutorial diatas bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment