Cara Agar Tagihan Indihome Murah dan Hemat

Saya sudah menggunakan layanan internet indihome kurang lebih 1 tahun. Dari sana, saya mendapatkan Pengalaman Menggunakan Layanan Indihome, mulai dari kelebihan serta kekuranganya. Banyak orang yang merasa kecewa karena di beberapa daerah, indihome memiliki pelayanan yang buruk, internet lemot, sering gangguan, masang dipersulit dan yang paling banyak dikeluhkan yaitu tagihan yang mahal.

Advertisement

Nah di artikel kali ini, saya akan memberikan tips cara agar tagihan indihome murah sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran bulanan. Semua tips ini saya sudah praktekan, berdasarkan pengalaman saya gabung di komunitas indihome. Mari simak artikel berikut ini…

7 Tips Berlangganan Indihome agar Murah

Ada beberapa tips dari saya agar anda mendapatkan tagihan termurah sesuai dengan paket indihome yang anda pilih, simak beberapa tips berikut ini…

1. Cabut Telepon atau TV Kabel

Tips pertama yang paling mudah dilakukan untuk menurunkan tagihan indihome yaitu dengan cara mencabut layanan telepon dan TV Kabel. Seperti yang kita tahu, saat ini orang jarang sekali menggunakan layanan telepon rumah, apalagi jika kita bukan merupakan pebisnis atau orang yang memerlukan telepon resmi.

Walaupun kita tidak pernah menggunakan telepon, maka kita akan tetep diberikan beban tagihan yang lumayan besar, bisa sampai 50 ribu per bulan, tergantung lokasi dan paket indihome yang dipilih.

Advertisement

Selain telepon, TV kabel juga dapat memberikan beban tagihan yang lebih besar. Bagi anda yang jarang membuka TV dan lebih suka nonton youtube dan netflix, saya sarankan untuk melepas layanan TV kabel, karena dapat menghemat tagihan hingga 100 ribu.

Prosedur Cara Cabut Layanan Telepon dan UseeTV Indihome

Seperti yang kita tahu, paket indihome ada beberapa jenis. Pada umumnya dibagi menjadi 3, yaitu

  • Paket 1P – Single Play (Internet Only)
  • Paket 2P – Dual Play (Internet dan Telepon)
  • Paket 3P – Triple Play (Internet, Telepon dan Internet TV)

Nah, dari ketiga paket diatas, 1P merupakan paket yang paling murah. Namun, diawal pemasangan, kita tidak bisa memilih paket 1P, kita harus megambil paket 2P atau 3P terlebih dahulu, baru setelah 3 bulan langganan, kita bisa mengajukan pencabutan layanan telepon atau internet TV. Caranya yaitu

Persyaratan

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu

  • Mengetahui Nomor Layanan Indihome, Catat di Kertas atau Foto
  • Siapkan KTP yang digunakan untuk mendaftar
  • Sudah berlangganan minimal 3 bulan
  • Tidak dalam masa isolir atau tunggakan tagihan
  • Mencabut STB TV atau Telepon jika ada
  • Jika diwakilkan, siapkan surat kuasa
Langkah Cara Cabut Layanan Telepon dan Internet TV Indihome

Ada dua cara untuk mencabut layanan indihome, pertama yaitu pergi ke Telkom Plaza dan kedua melalui sosial media twitter.

Cabut Layanan Indihome lewat Plaza Telkom
  • Pertama, siapkan semua persyaratan diatas.
  • Kemudian anda pergi ke plaza telkom terdekat.
  • Ambil nomor antrian
  • Kemudian katakan maksud anda kepada Costumer Service, yaitu ingin mencabut layanan telepon atau Internet TV
  • Jika anda mencabut Internet TV, pastikan anda membawa dan mengembalikan STB TV yang berbentuk kotak beserta box, remote dan kabelnya.
  • Anda akan diberikan formulir jika memenuhi syarat.
  • Isi formulir tersebut dan tunggu prosesnya
  • Selesai.
Cabut Layanan Indihome lewat Sosial Media
  • Pertama, anda follow akun resmi twitter indihome yaitu @IndiHome
  • Kemudian mention admin, dan katakan “Halo admin, saya ingin melakukan downgrade paket indihome ke 1P dan mencabut Telepon”
  • Kemudian admin akan mengkonfirmasi, dan menyuruh kita mengirimkan nomor internet dan persyaratanya.
  • Jika sudah, tunggu prosesnya, biasanya tagihan akan berkurang di bulan berikutnya.

Selain melalui twitter, anda juga bisa mengajukan downgrade paket melalui akun sosial media indihome lainya di Instagram dan Facebook.

2. Pilih Paket Promo Saat Pasang Pertama Kali

indihome learning from home

Telkom selaku pemilik layanan indihome biasanya sering mengadakan promo-promo tertentu untuk menarik calon pelanggan. Biasanya mereka membuka stand di pinggir jalan atau di acara-acara ivent tertentu.

Nah, inilah saat yang tepat untuk memasang indihome dirumah, biasanya mereka menawarkan harga paket yang murah, jauh di bawah paket reguler. Misalnya paket 10 Mbps hanya 198 ribu per bulan, atau Indihome learning from home yang hanya 169 ribu per bulan (belum termasuk pajak).

Namun, biasanya harga promo tidak selamanya, ada masa berlakunya. Biasanya antara 3 bulan hingga 6 bulan, pastikan anda menanyakanya saat pemasangan internet baru.

3. Jangan Bayar di Awal Bulan atau Telat Bayar

Tips dari saya, anda jangan terlalu rajin membayar tagihan indihome di tanggal 1 atau awal bulan. Karena biasanya banyak promo tagihan menarik di situs ecommerce atau marketplace. Mulai dari promo cashback, promo potongan harga atau sebagainya.

Saat yang paling tepat untuk membayar tagihan yaitu antara tanggal 10-15 setiap bulanya. Kemudian anda manfaatkan promo cashback atau diskon yang diberikan merchant yang bekerjasama dengan indihome.

Namun, perlu di ingat, anda jangan sampai telat bayar, karena bukanya untuk anda malah buntung karena dikenakan denda sehingga tagihan membengkak.

4. Patungan

Jika anda memiliki saudara serumah atau tetangga yang sama-sama membutuhkan internet cepat, maka anda bisa memasang internet fiber indihome di rumah namun membayarnya secara patungan.

Untuk paket 10 Mbps, dapat dipakai hingga 5-10 perangkat jika hanya penggunaan normal. Dengan membayar patungan, tentu biaya yang dikeluargan jauh lebih hemat, mungkin biayanya bisa lebih murah jika kita membeli paket internet provider.

Namun, agar kedepanya tidak terjadi perselisihan, pastikan anda melakukan MOU atau perjanjian dengan saudara atau tetangga anda. Karena jika tidak, nanti jika mereka tidak bayar, maka kita akan sulit untuk memberikan sanksi.

5. Jangan Pernah Tergoda Penawaran Promo

Setelah kita beberapa bulan berlangganan indihome, biasanya akan ada costumer service yang menelepon dari pusat untuk menawarkan promo, misalnya upgrade speed atau potongan tagihan.

Nah, disini anda harus cermat, biasanya akan ada syarat dan ketentuan yang tersembunyi sehingga di masa yang akan mendatang, tagihan malah menjadi membengkak. Maka dari itu, saran saya, jika ada tawaran promo, anda abaikan saja terlebih dahulu, kemudian bertanya ke telkom plaza agar lebih jelas.

6. Jangan Gunakan Add On

apa itu addon idihome 1

Indihome Add On adalah sebuah fitur atau layanan tambahan yang bisa anda beli lewat aplikasi myindihome atau lewat web. Jika anda memilih addon, maka biaya ditagihkan di bulan depan bersama biaya tagihan internet.

Biasanya orang membeli indihome karena fup indihome mencapai batas atau membutuhkan internet yang lebih cepat.

Jika ingin berhemat, saran saya jangan membeli addon karena harganya cukup menguras dompet. Anda bisa melihat detil harganya di menu addon.

7. Gunakan Jasa Downgrade

jasa downgrade indihome 1

Jika anda ingin migrasi paket ke paket yang sangat murah, anda dapat memanfaatkan jasa downgrade paket indihome yang biasanya ditemukan di berbagai forum di internet, misalnya grup facebook.

Saya pun tidak mengerti bagaimana mereka bisa menurunkan paket pengguna sehingga bisa mendapatkan tarif tagihan yang murah. Berikut adalah contoh paket indihome yang telah di downgrade.

Biasanya mereka memasang tarif yang lumayan, namun anda harus hati-hati karena banyak penipu yang berkeliaran. Sebaiknya anda lihat reputasi mereka dan jangan terkecoh dengan harga murah.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips cara agar tagihan indihome murah, semua tips diatas berdasarkan pengalaman saya pribadi menggunakan indihome selama kurang lebih 1 tahun belakangan. Semoga tips dan trik diatas bermanfaat bagi anda sehingga anda dapat lebih berhemat.

Jika ada hal yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment