Bagaimana Mencari Modal Usaha Online yang Gampang?

Disaat pandemi sekarang, salah satu jalan mengatasinya adalah mengembangkan bisnis online. tapi, bisnis online membutuhkan modal usaha. Bagaimana cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis online ?

Advertisement

Saat memutuskan untuk membangun sebuah usaha, hal pertama yang terpikirkan pasti adalah modalnya. Modal juga menjadi faktor vital dalam memulai usaha sendiri. 

Tanpa modal, diibaratkan hanya mimpi karena sulit dicapai. Sedangkan faktor yang mempengaruhi besar atau kecilnya modal adalah dilihat dari usaha yang ingin dibangun.

Kami melihat ada beberapa sumber yang bisa dijadikan modal awal dari pengembangan bisnis online  (referensi: situs Duwitmu.com).

Pinjaman dari Bank

Cara yang pertama adalah meminjam uang dari bank dengan jaminan. Bank sendiri masih menjadi opsi pertama seseorang untuk meminjam uang atau membutuhkan modal untuk usaha. 

Advertisement

Ada banyak produk bank yang bisa dipilih, salah satunya KMG atau kredit multi guna di mana Anda memberikan sejumlah jaminan seperti BPKB kendaraan kepada bank sebagai jaminan peminjaman modal, dengan fitur produk:

  • Bunga antara 9 hingga 12 persen 
  • Tenor pinjaman antara lima hingga 20 tahun. Masa tenor ini sendiri tergantung dari jumlah pinjaman yang diambil nasabah.

Pinjaman Tanpa Agunan

Bank juga menyediakan fasilitas berupa KTA atau kredit tanpa agunan. 

Pinjaman ini menjadi opsi favorit bagi pencari modal karena tetap mendapatkan uang tanpa memberikan jaminan apa pun. Bunganya memang lebih besar dari KMG yaitu 10-23 persen, untuk itu, banyak yang menyarankan untuk mengambil tenor cicilan yang singkat saat menggunakan cara satu ini untuk mendapatkan modal.

Tabungan

Apabila Anda tidak suka berhutang untuk mendapatkan modal karena merasa bunga yang diberikan cukup tinggi, Anda bisa memakai tabungan atau simpanan.

Cara ini jelas lebih aman dan tidak berisiko. Namun, tentu saja kalau Anda punya tabungan.

Dan kalau pun ada tabungan, tidak mungkin semua digunakan untuk berbisnis karena bisnis ada resikonya.

Jual Aset

Jika Anda memiliki aset seperti mobil, motor, rumah, perhiasan, dan lain sebagainya. Kenapa tidak menjualnya saja? 

Hal ini juga menjadi salah satu bagaimana mencari modal usaha yang paling gampang loh. 

Setelah usaha yang Anda rintis berhasil, Anda bisa membelinya lagi dengan varian yang lebih bagus dan lebih banyak sebagai salah satu investasi masa depan.

Gadai Aset

Gadai aset adalah alternatif pembiayaan yang banyak dipilih pengusaha.

Ingin menjual aset tetapi sayang dengan asetnya? 

Pilih saja gadai aset di mana Anda akan memperoleh modal usaha sementara aset Anda akan tetap utuh di pegadaian atau lembaga gadai terpercaya lainnya. 

Namun, jangan lupa untuk menebusnya kembali ya agar aset Anda kembali ke pelukan Anda. Jika tidak ditebus, maka aset Anda akan disita oleh usaha gadai. Padahal, harga gadai bisa lebih murah dibandingkan dengan harga jual aset tersebut loh.

Pinjam Keluarga atau Teman

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mencari pinjaman kepada teman atau keluarga yang memang mampu memberikan pinjaman. 

Memang, tidak sebanyak yang ditawarkan bank atau lembaga keuangan lain, tetapi tentunya cara ini bebas bunga.

Namun, dalam pinjaman ke keluarga atau orang tua, perlu dipertimbangkan soal hubungan kekeluargaan dan pengembalian yang tepat waktu. Jangan sampai gara – gara hutang merusak hubungan silaturahmi.

Ikut Pelatihan

Alternatif lainnya untuk mendapatkan modal adalah disalurkan oleh lembaga pemberdayaan ekonomi. Lembaga-lembaga ini biasanya mengadakan training atau pelatihan, workshop yang bisa diikuti. 

Biasanya setelah training akan ada pemberitahuan atau informasi terkait akses modal usaha. Lembaga-lembaga penyelenggara pelatihan ini misalnya seperti Organisasi Buruh PBB ILO atau lembaga penyalur kredit usaha rakyat berupa KUR.

Kesimpulan

Ditengah pandemi sekarang, bisnis online menjadi salah satu alternatif usaha.

Untuk mengumpulkan modalnya, ada beberapa alternatif pembiayaan yang bisa dilakukan.

Share jika suka!

Leave a Comment