Arti Istilah-Istilah Populer di WhatsApp

Ketika kita membuka WhatsApp, kadang kita menerima pesan seperti P, Ping, PM, VC, TC, MC, atau Japri. Kira-kira Apa artinya? Nah di artikel kali ini saya akan membahas semua istilah populer yang sering digunakan oleh para pengguna whatsapp di Indonesia. Simak penjelasan berikut ini…

Istilah Populer di WhatsApp

Seiring berkembangnya penggguna WhatsApp, terutama di Indonesia maka banyak sekali bermunculan istilah-istilah unik yang biasa di populerkan oleh kalangan muda yang disebut ada gaul kekinian hingga akhirnya istilah tersebut sampai ke kalangan lain seperti para orang tua, pekerja, pebisnis, pengusaha hingga mahasiswa.

Arti Istilah Istilah Populer di WhatsApp 1

Kadang istilah tersebut membuat kita bertanya-tanya, apa sih arti kata ini.. jika kita tidak tahu akan dianggap gak gaul atau ketinggalan zaman. Nah, agar hal itu tidak terjadi, sebaiknya anda memahami istilah-istilah berikut ini…

Arti P di WhatsApp

Arti kata P merupakan singkatan dari kata PING. Istilah ini pada awalnya populer di zaman 2010 an pada aplikasi Blackberry Messenger atau biasa dikenal BBM. Ping digunakan untuk memberikan sinyal ke lawan chat agar kita di balas dan diperhatikan.

Namun, biasanya pengguna whatsapp menggunakan kata P untuk memulai percakapan. Misalnya seperti berikut ini :

Andi : P
Nisa : Iya?
Andi : Nis punya buku x ga..
Nisa : Punya, ambil aja kerumah
Dst

Selain itu, P juga bisa dilakukan untuk mengecek apakah lawan chat sedang online (ceklis dua) atau ceklis satu.

Perlu diperhatikan bahwa orang yang mengirim pesan P berkali-kali biasanya dalam keadaan genting, sehingga ada baiknya kita merespon dengan cepat. Namun, perlu di ingat, mengirim pesan P pada orang tua, dosen atau partner bisnis sangatlah tidak sopan dan tidak beretika.

Alangkah baiknya kita memulai percakapan dengan salam atau sapa jika bukan dengan teman atau orang yang sudah akrab.

Arti kata PM

Kata PM sebenarnya tidak hanya populer di WhatsApp, kata ini juga sering digunakan di jejaring sosial seperti Facebook atau di Forum seperti Kaskus.

PM adalah singkatan dari Private Message, diambil dari bahasa inggris yang berarti Pesan Pribadi.

Biasanya kata PM digunakan ketika ada orang yang ingin bertanya lebih jauh atau melakukan transaksi jual beli di grup atau di internet. Si pengguna kata PM ingin orang tersebut menghubunginya secara pribadi lewat personal chat, misalnya seperti berikut ini…

Grup Jual Beli Android

Sarah : Sis, Berapa harga HP nya?
Adinda : PM aja sis

Kemudian, si Sarah akan menghubungi adinda lewat pesan pribadi, bukan mengontaknya lewat grup atau postingan.

Arti kata VC

Sama seperti PM, VC diambil dari bahasa inggris yang berarti Video Call. Jadi si pengirim pesan ingin anda melakukan video call dengan anda. Selain itu, VC juga dapat berarti Voice Call, yang artinya Panggilan suara.

Jadi disini anda harus memahami konteks pembicaraan, apakah konteks yang dimaksud itu voice call atau video call.

Contohnya seperti berikut

Udin : Sayang, kangen nih. Udah lama ga liat muka ayang. VC dong.
Sinta : Oke sayang, kamu duluan dong

Nah, disini si udin akan melalukan video call dengan sinta. Beda halnya jika konteksnya seperti berikut

Marlina : Duh, gue gada pulsa nih, VC di wa aja ya…
Ical : Oke, gue on kok

Maka si marlina akan melakukan panggilan suara kepada ical.

Arti kata TC

TC juga awalnya populer di aplikasi BBM, namun kebiasaan ini mungkin terbawa hingga WhatsApp. TC berarti Test Contact, si pengirim pesan ingin memastikan apakah pemilik kontak masih aktif atau tidak.

Selain itu, TC bisa juga diartikan Test Chat, untuk mengetahui apakah Jaringan Aktif atau tidak. Contohnya seperti berikut

Intan : TC
Ameng : Aktif kok

Arti kata MC

Mungkin kita biasa mengartikan MC adalah Master of Ceremony (Pembawa acara), namun nyatanya di dunia internet, terutama jual beli hal ini berbeda. MC berarti multichat, yaitu chat dengan partisipan lebih dari 2 orang.

Contohnya seperti berikut ini…

Udin : Kerja kelompok yuk
Kania : Yaudah, MC yang lainya
Udin : Oke waitt…

Maka si udin akan menambahkan orang lain kedalam chat, sehingga terjadi chatting lebih dari 2 orang (mirip grup) namun lebih sedikit.

Arti kata Japri

Japri adalah singkatan dari Jalur Pribadi. Jadi si pengirim pesan ingin lawan bicaranya mengirim pesan secara pribadi, bukan di grup atau forum publik. Artinya mirip-mirip PM namun dalam bahasa indonesia.

Contohnya seperti berikut…

Ghina : Bos, saya minat kerudungnya
Penjual : Japri aja sis
Ghina : udah, cek inbox ya

Arti Kata Rekber dan Pulber

Rekber atau Pulber sering kita dengan di forum jual beli seperti Facebook atau Kaskus. Namun istilah ini juga sering digunakan dalam grup whatsapp jual beli.

Rekber berarti Rekening Bersama. Dan Pulber berarti Pulsa Bersama.

Rekber merupakan suatu sistem untuk menjembatani antara sipenjual dan si pembeli. Misalnya Andi ingin membeli barang ke nisa di sebuah forum. Namun andi takut di tipu, agar aman maka andi menggunakan jasa Rekber (biasanya admin grup atau pemilik forum).

Maka dengan begitu, andi akan meminta nisa menjual melalui rekber. Jika setuju maka akan melakukan MC (multichat) dengan pemiliki rekber. Contohnya seperti berikut

Andi : Sis, saya minat. Rekber
Nisa : oke, MC langsung
Andi : oke waitt

Lalu andi akan mengundang pemilik rekber untuk bergabung. Uang yang di transfer akan melalui pemilik rekber terlebih dahulu, jika barang sudah sampai ke andi maka uang akan diteruskan ke nisa.

Kesimpulan

Jadi sekarang anda sudah paham ya arti beberapa istilah populer whatsapp diatas. Istilah-istilah seperti diatas akan terus berkembang seiring waktu, Maka dari itu anda harus tetap update mengikuti perkembangan zaman agar tidak disebut kudet (kurang update) oleh orang lain.

Agar tidak lupa, berikut admin rangkum semua istilah diatas

ISTILAHKEPANJANGANMAKNA
PPINGMemulai percakapan atau mengecek apakah lawan bicara online atau tidak. Bisa juga diartikan ingin diperhatikan (penting).
PMPrivate MessageYaitu permintaan untuk menghubungi / melakukan chat lewat pesan pribadi dan bukan melalui grup atau forum
VCVideo Call / Voice CallPermintaan untuk melakukan panggilan video atau suara, tergantung konteks chat.
TCTest Contact / Test ChatUntuk mengetahui apakah lawan bicara masih aktif atau online.
MCMultichatPermintaan untuk melakukan chat dengan orang lain lebih dari 3 orang.
JapriJalur PribadiPermintaan untuk menghubungi lewat pesan pribadi (artinya sama dengan PM) namun dalam bahasa indonesia
Rekber / PulberRekening Bersama / Pulsa BersamaSistem jual beli untuk meminimalisir penipuan dengan memanfaatkan orang lain sebagai pelantara.

Sekian artikel mengenai istilah-istilah populer whatsapp yang wajib diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya.

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment