Aplikasi Cek Kecepatan SSD Laptop dan PC

Kelebihan Solid State Drive dibanding Harddisk yang paling menonjol ialah kecepatanya. SSD bisa lebih cepat 50x lipat di banding harddisk biasa. Itulah mengapa, di artikel sebelumnya mimin menyarankan upgrade ssd dulu dibandingkan upgrade ram. Namun, tidak semua ssd memiliki kecepatan sekencang itu, ini bergantung pada teknologi dan jenis ssd yang digunakan. Tentu ini sebanding dengan harga. Nah, banyak orang yang masih bingung, gimana sih cara cek kecepatan ssd? software apa yang digunakan? berapa kecepatan ssd pada umumnya?

Nah di artikel kali ini kita akan bahas secara tuntas mengenai aplikasi dan cara cek kecepatan ssd di laptop atau pc. Simak artikel berikut ini…

Kenapa Harus Mengecek Kecepatan SSD?

Seperti yang kita tahu, ssd berbeda dengan harddisk yang memiliki kecepatan yang hampir rata. Jenis SSD ada beragam dan memiliki fitur dan kecepatan yang berbeda-beda. SSD seharga 3 juta tidak akan sama dengan ssd seharga 500 ribu, walau kapasitasnya sama.

Misalnya Samsung NVMe 970 Evo Plus 500 GB vs VGEN Turbo 512 GB. Walaupun kapasitasnya mirip, tapi teknologi yang digunakan jauh berbeda. Mungkin samsung memiliki kecepatan lebih tinggi dan lebih stabil, namun tentu harganya lebih mahal.

Hal ini karena teknologi samsung lebih tinggi, sedangkan vgen menggunakan teknologi standar untuk menekan budget.

Anda Wajib Baca : Jenis SSD dan Tips Memilih SSD yang Tepat

Selain itu, ada beberapa manfaat lain ketika kita mengecek ssd, antara lain :

  • Bisa mengetahui apakah SSD yang digunakan Asli atau Palsu (karena banyak kasus SSD palsu yang beredar di pasaran)
  • Bisa mengetahui apakah kecepatan ssd sesuai dengan yang tertera di kemasan (klaim pabrikan)
  • Bisa mengetahui kesehatan ssd (wear level)
  • Bisa membandingkan antara satu ssd dengan ssd lain
  • Bisa mengetahui kualitas merk ssd, apakah worth it dibeli atau tidak
  • Bisa membandingkan langsung kecepatan read dan write antara ssd dan hdd

Nah, maka dari itu mulai sekarang. Setiap anda membeli ssd atau berencana membeli ssd, pastikan anda mengecek dan mengetes kecepatanya terlebih dahulu, caranya sangat mudah…

Cara Cek Kecepatan SSD dan Harddisk

Cara paling umum dan banyak dilakukan oleh teknisi komputer yaitu menggunakan software bernama Crystal Disk Mark. Software ini merupakan software gratis dan digunakan oleh media-media benchmark terkenal di dunia untuk mengetes sebuah kecepatan ssd.

Cara cek kecepatan ssd dengan crystal disk mark cukup mudah, antara lain sebagai berikut…

Cara Menggunakan Crystal Disk Mark

Cara Cek Kecepatan SSD dan Harddisk
  • Pertama, download Crystal Disk Mark
  • Kemudian instal software tersebut di laptop atau pc anda
  • Jalankan software tersebut dalam keadaan standar, kemudian pilih disk yang ingin anda test.
  • Misalnya SSD digunakan untuk disk C, berarti anda pilih drive C:
  • Kemudian start dengan mengklik tombol All

Keterangan :

  • Kolom pertama, dengan pilihan default 5 itu merupakan pengaturan berapa kali software akan melakukan test, semakin besar semakin akurat
  • Kolom kedua, dengan pilihan default 1GiB, merupakan besar file yang akan di test, semakin besar maka semakin berat. Biasanya dengan ukuran kecil, kecepatan ssd akan lebih tinggi
  • Kolom ketiga, yaitu pilihan disk yang akan di test
  • Kolom keempat, yaitu pilihan satuan kecepatan yang akan digunakan, apakah mb/s, MB/s dan sebagainya

Selain mengecek kecepatan ssd, anda juga bisa mengecek kecepatan harddisk menggunakan software tersebut.

Selain crystal disk mark yang khusus untuk windows, ternyata ada software alternatif lain yang bisa anda gunakan, misalnya di komputer atau laptop dengan sistem operasi linux atau macos. Yaitu…

5 Aplikasi Terbaik untuk Cek Kecepatan SSD (Gratis & Berbayar)

1. Atto Disk Benchmark | Windows

Atto Disk Mark merupakan software gratis seperti cystal disk mark untuk flatform windows. Software ini menawarkan fitur dan tampilan yang berbeda.

Download atto disk benchmark

Kelebihan software ini yaitu memiliki fitur Direct I/O, Bypass Write Cache dan Verify Data. Tentu anda bisa lebih leluasa melakukan benchmark di semua lini ssd.

2. AS SSD Benchmark | Windows

AS Benchmark merupakan software buatan jerman. Software ini memiliki tampilan yang mirip dengan Crystal, namun uniknya ada tampilan graphic berbentuk analystical statistic sehingga bisa melihat flow kecepatan secara detail.

download as ssd benchmark

Aplikasi ini cocok bagi anda yang ingin alternatif lebih dan tampilan yang lebih detail.

3. Blackmagic Disk Speed Test | Mac OS

Bagi anda yang menggunakan perangkat apple seperti iPad, Macbook atau iMac anda bisa menggunakan software bernama Blackmagic Disk Speed Test. Aplikasi ini merupakan aplikasi terbaik untuk mengecek kecepatan ssd dan harddisk di flatform mac.

cara cek kecepatan ssd macos

Tersedia secara gratis, namun anda juga bisa berdonasi kepada developer. Kelebihan aplikasi ini yaitu memiliki tampilan yang keren dan modern layaknya spedometer kendaraan.

4. jDiskMark | Windows | MacOS | Linux

download software test ssd multi os flatform

Software ini merupakan software multiflatform yang bisa anda gunakan di perangkat dengan sistem operasi populer saat ini. Selain mendukung beberapa sistem operasi, software ini juga memiliki fitur yang lengkap, misalnya save run information, sequential and random test, drive info dan sebagainya.

5. Parkdale | Windows | MacOS | Linux | Android

Software terakhir yang mimin rekomendasikan untuk mengecek kecepatan ssd yaitu Parkdale. Software ini dukunganya sangat luas, bahkan mendukung sistem operasi mobile seperti android.

cara cek kecepatan penyimpanan android sdcard internal ekstenal

Dengan begitu kita bisa membandingkan beberapa perangkat sekaligus. Selain itu, software ini juga memiliki tampilan yang sederhana dan clean. Cocok bagi anda yang tidak ingin ribet dan ingin langsung mencoba kecepatan perangkat penyimpanan yang digunakan.

Kesimpulan

Itulah cara singkat mengenai aplikasi dan cara cek kecepatan ssd di berbagai perangkat. Saat ini SSD sudah banyak digunakan di berbagai perangkat selain laptop dan pc, misalnya seperti playstation, xbox, server dan bahkan smartphone.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara benchmark ssd agar kita mudah membedakan mana ssd yang jelek dan ssd yang berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Baca Juga :

Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Bagikan jika suka:

Tentang Penulis

Photo of author

Septian Riyadus Solihin

Dikenal juga dengan nama internet Septian Rishal. Beliau merupakan Sarjana Desain (S.Ds) dan lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan. Aktif sebagai blogger sejak 2012, bekerja freelance sebagai SEO Specialist, Content Strategist dan Digital Branding yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, game, smartphone, bisnis online, media sosial, investasi, dan desain.

Leave a Comment