Apa itu Keyword Gaps dalam Analisa SEO?

SEO (search engine optimization) merupakan ilmu yang sangat luas. Didalamnya terdapat beberapa indikator untuk mengoptimalkan agar situs website kita dapat tampil di pencarian paling atas. Salah satu indikator SEO yaitu Keyword gaps.

Advertisement

apa itu keyword gaps

Indikator ini mungkin masih jarang terdengar di Indonesia tapi nyatanya di luar negeri analisa keyword gaps sangatlah penting agar bisa memenangkan saingan dengan kompetitor.

Pengertian Keyword Gaps

Apa itu keyword gaps? Keyword Gaps (KG) adalah salah satu teknik seo untuk menganalisa kesenjangan kata antara website satu dengan website lainya. Analisa keyword gaps berfungsi untuk membantu kita dalam mengembangkan konten unik dan mengisi celah keyword yang kosong di dalam website kita.

Jadi, jika kita ingin website kita unggul di banding kompetitor, maka kita harus bersaing dan berlomba-lomba memberikan konten yang belum ada dengan memanfaatkan gaps / kesenjangan / atau celah diantara keyword.

Advertisement

Sebagai contoh, saya membuat konten berjudul “cara optimasi video instagram”, kemudian kompetitor membuat konten “cara optimasi feed instagram”.

Nah, kemudian kita analisa dengan menggunakan tools dengan membandingkan traffic antara website kita dengan website kompetitor di keyword “instagram”.

Ternyata setelah di analisa, ada sebuah keyword baru atau celah yaitu “cara optimasi foto instagram”.

Dari data ditemukan bahwa banyak user yang mencari keyword “cara optimasi foto instagram” namun user malah masuk ke keyword yang terkait yaitu artikel kita dan artikel kompetitor karena keyword tersebut ternyata belum ada di pencarian, entah itu google atau sebagainya.

Nah, keyword inilah yang dinamakan keyword gaps.

Jadi, ini merupakan sebuah teknik menganalisa celah keyword yang berpotensi dengan memanfaatkan data yang telah ada.

Bagaimana cara mengetahui keyword gaps?

Saat artikel ini ditulis, admin belum menemukan tools gratis untuk menganalisa keyword gaps secara lengkap. Mungkin, cara analisa secara gratis hanya dengan menebak dan mengira-ngira dengan melihat related search di google.

Namun, untuk tools berbayar saat ini ada beberapa website yang menyediakan tools khusus untuk analisa keyword gaps bahkan analisa backlink gaps.

Tools analisa keyword gaps yang saya maksud yaitu milik :

  • Semrush
  • Alexa
  • Ahrefs

Untuk mencobanya, anda bisa mendaftar trial atau berlangganan.

Tips Menemukan Keyword Gaps

Ada beberapa tips dalam menganalisa dan menemukan sebuah keyword gaps. Anda harus memahami beberapa tips berikut ini:

1. Tentukan Keyword

Sebelum menganalisa gaps sebuah keyword. Ada harus riset terlebih dahulu keyword mana yang ingin anda cari celahnya. Anda bisa analisa peluang dan volume pencarian dan bandingkan dengan kompetitor.

Dalam hal ini, anda tidak hanya fokus pada celah tersebut. Anda harus menyeimbangkan antara produk yang kita miliki dengan keyword yang akan kita eksekusi

Karena, jika gaps yang kita ambil tidak relevan dengan produk, maka kita tidak akan menerima manfaat lain selain traffic.

2. Temukan Pertanyaan dan Jawabanya

Setelah keyword gaps yang ingin anda eksekusi siap, maka langkah selanjutnya yaitu mencari pertanyaan dan jawabanya. Bisa dari website lain, bisa dari buku, bisa dari majalah dan sebagainya.

Kemudian buatlah konten sesuai keyword tersebut selengkap mungkin sehingga pengguna yang masuk menemukan jawaban yang mereka cari.

3. Hubungkan dengan produk Anda

Setelah artikel atau konten dibuat, maka anda bisa mengaitkan artikel dengan artikel lainya yang relevan dan sudah ada.

Caranya bisa menggunakan internal link atau related content.

Hal ini berfungsi agar SEO semakin maksimal dan saling keterkaitan antara konten satu dan konten lainya.

4. Evaluasi

Jika sudah mengisi beberapa gaps, langkah selanjutnya yaitu mengevaluasi hasil. Temukan konten mana yang paling berhasil mendapatkan traffic kemudian analisa juga celah lainya yang akan muncul.

Keyword gaps itu tidak ada batasnya karena setelah kita mengisi celah yang ada maka celah yang lainya akan muncul.

Jika anda rajin mencari celah itu maka anda tidak akan kehabisan membuat ide konten untuk website anda.

Sekian materi mengenai keyword gaps dalam dunia SEO, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Share jika suka!

Leave a Comment