7 Jenis Makanan Sehat dan Lezat untuk Penderita Asam Urat

Penderita asam urat harus lebih selektif dalam mengonsumsi makanan karena sebagian makanan dapat membuat asam urat kambuh atau bahkan lebih parah. Dalam situs Hellosehat dijelaskan, mengatur pola makan menjadi lebih sehat akan membantu menurunkan risiko serangan asam urat berulang dan memperlambat laju kerusakan sendi. Lengkapi upaya hidup sehat dengan membeli asuransi kesehatan yang akan membuat Anda lebih tenang dalam menjalani hidup dengan memilih produk asuransi kesehatan PFI Mega Life.

Advertisement
7 Jenis Makanan Sehat dan Lezat untuk Penderita Asam Urat

Mengonsumsi makanan yang sehat juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit lain, seperti darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Yuk, cari tahu makanan untuk penderita asam urat tinggi, makanan untuk penderita asam urat kolesterol dan darah tinggi, makanan untuk penderita asam urat dan diabetes. Meski tergolong makanan sehat, semua makanan ini mempunyai rasa yang lezat!

1. Buah-buahan dengan vitamin C

Contoh buah yang kaya akan vitamin C yaitu jeruk, jambu, stroberi, kiwi, nanas, ceri, dan aneka buah berry. Buah berry, seperti stroberi dan blueberry, memiliki sifat anti-inflamasi yang tinggi. Sifat anti-inflamasi itu dapat membantu mengendalikan inflamasi (peradangan) pada sendi.

Apel kaya akan malic acid, yaitu zat yang dapat membantu menetralisir asam urat. Dalam situs web Halodoc disebutkan, mengonsumsi apel juga dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul saat asam urat kambuh. Ceri hitam juga disebut baik untuk penderita asam urat karena mengandung antioksidan anthocyanin yang dapat membantu mencegah serangan asam urat.

2. Sayuran yang kaya antioksidan

Sayuran adalah makanan penting bagi siapa pun karena di dalamnya terdapat banyak zat gizi. Namun, penderita asam urat harus berhati-hati dalam memilih sayuran yang akan dikonsumsi. Sebagian sayur, seperti bayam, kangkung, dan kembang kol, mengandung purin tinggi. Purin adalah hasil metabolisme protein yang dapat membentuk kristal asam urat dan dapat menumpuk pada sendi-sendi tangan serta ginjal/saluran kencing.

Advertisement

Jenis sayuran yang termasuk makanan untuk penderita asam urat tinggi adalah brokoli atau mentimun. Dikutip dari situs Hellosehat, kedu sayuran itu umumnya menghasilkan 50 miligram purin per 100 gram berat makanan, yang masih termasuk dalam batas purin normal.

Selain itu, konsumsi juga sayuran yang kaya akan antioksidan karena antioksidan dapat membantu melancarkan ginjal membuang kelebihan purin. Contoh sayuran kaya antioksidan yang aman bagi penderita asam urat adalah paprika, wortel, dan tomat.

3. Kacang-kacangan

Dalam situs Hellosehat dijelaskan, kacang termasuk makanan rendah purin karena memproduksi di bawah 50 miligram purin per 100 gram berat pangan. Jenis kacang-kacangan yang bisa masuk sebagai makanan untuk penderita asam urat dan kolesterol adalah kedelai, almond, walnut, dan pistachio. Kacang juga termasuk ke dalam protein nabati yang dapat mengurangi kadar lemak jenuh, yang secara tidak langsung berhubungan dengan kenaikan kadar asam urat.

4. Ikan salmon

Beberapa jenis ikan disebut memiliki kadar purin tinggi, seperti ikan teri, makarel, dan sarden. Makanan laut lain yang juga perlu dihindari penderita asam urat adalah kerang, remis, cumi, dan udang.

Salmon merupakan jenis ikan yang aman dikonsumsi penderita asam urat. Salmon mengandung omega 3 yang mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Selain baik dikonsumsi penderita asam urat, jenis ikan yang rendah asam lemak jenuh seperti salmon juga baik untuk penderita kolesterol tinggi. Jadi, masukkan salmon ke dalam daftar makanan untuk penderita asam urat dan kolesterol serta makanan untuk penderita asam urat kolesterol dan darah tinggi.

5. Susu rendah lemak

Susu dan produk olahannya memang lezat. Anda masih dapat menikmati susu dan olahannya, tetapi pilih yang rendah lemak (biasanya dilengkapi label low-fat). Menurut Arthritis Foundation, susu rendah lemak dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah, sehingga mengurangi risiko kekambuhannya. Ini terjadi karena protein dalam susu dapat melancarkan pembuangan asam urat dari urin.

6. Teh hijau

Selain disebut ampuh membantu menurunkan berat badan, teh hijau juga ternyata berkhasiat dalam menurunkan kadar asam urat. Dikutip dari situs Halodoc, dalam teh hijau terdapat senyawa antioksidan katekin yang mampu menghambat produksi asam urat di tubuh. Bukan itu saja khasiat teh hijau. Minuman ini juga dapat mengeluarkan kristal asam urat dan meluruhkan batu dalam ginjal.

7. Telur ayam

Telur ayam termasuk dalam kelompok makanan rendah purin. Karena itu, telur ayam dapat dikonsumsi penderita asam urat. Dalam situs Dokter Sehat dijelaskan, di kuning telur terdapat kandungan zat lesitin yang mampu mengikat lemak berlebih dalam darah, yang bisa menyebabkan efek buruk bagi masalah asam urat.

Sebaiknya konsumsi telur ayam yang dimasak dengan cara direbus dan bukan digoreng. Penderita asam urat dapat mengonsumsi telur ayam sebanyak empat butir dalam seminggu. 

Langkah Tambahan untuk Cegah Kambuhnya Asam Urat

Langkah Tambahan untuk Cegah Kambuhnya Asam Urat

Selain mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat, Anda juga bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk mencegah penyakit itu kambuh:

  • Turunkan berat badan hingga mencapai berat ideal.
  • Konsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum utuh.
  • Minum air putih yang cukup.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis.
  • Kurangi konsumsi lemak dan daging merah.
  • Hindari konsumsi jeroan seperti hati, ampela, usus, jantung, paru, limpa, babat, dan otak.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol.
  • Hindari konsumsi makanan dalam kemasan, termasuk protein hewani dalam kaleng.

Perlindungan bagi Penderita Asam Urat

Mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat dan menjauhi makanan yang berisiko memicu kambuhnya asam urat bukanlah upaya penyembuhan. Orang yang menderita asam urat tetap perlu berkonsultasi dengan dokter, untuk mengetahui sejauh mana tingkat keparahan penyakit yang ia derita. Sebagian pasien mungkin juga perlu mengonsumsi obat asam urat secara rutin.

Untuk mendukung upaya hidup sehat, termasuk bagi penderita asam urat, memiliki perlindungan berupa asuransi kesehatan bisa dianggap sebagai suatu kebutuhan. Alasannya, asam urat adalah penyakit yang bisa kambuh. Artinya, terdapat kemungkinan suatu saat Anda harus berobat ke dokter atau rumah sakit karena asam urat kambuh.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda tidak perlu khawatir memikirkan biaya untuk berobat ke rumah sakit. Saat sakit Anda kambuh, Anda dapat fokus pada upaya penyembuhan karena biaya berobat akan ditanggung perusahaan asuransi.

Mega Hospital Investa adalah produk asuransi kesehatan dari PFI Mega Life yang menawarkan manfaat perlindungan dari risiko kerugian finansial akibat sakit. Mega Hospital Investa menawarkan santunan rawat inap karena sakit/kecelakaan, santunan rawat inap ICU/ICCU, santunan meninggal dunia karena sakit dan kecelakaan, dan pengembalian premi (no-claim bonus).

Salah satu keunggulan Mega Hospital Investa adalah paket premi maupun manfaat santunan yang ditawarkan bervariasi. Anda dapat memilih paket premi yang nilainya paling sesuai dengan kondisi maupun kebutuhan Anda. Dengan membayar premi mulai dari Rp 7.000 per hari, Anda akan mendapat santunan sampai dengan Rp 1 juta per hari.

Share jika suka!

Leave a Comment