7 Cara Mengatasi Visitor Blog Menurun

Visitor merupakan jantung dari sebuah blog. Tanpa adanya visitor, konten yang kita buat akan menjadi sia-sia. Selain itu, jika kita memasang iklan, maka kita tidak akan mendapatkan penghasilan yang maksimal.

Advertisement

Maka dari itu, para pemilik blog biasanya melakukan beberapa usaha agar visitor blog meningkat. Mulai dari SEO, Beriklan, Guest Post, Blogwalking hingga hal lainya agar visitor blog tidak turun.

Nah, berikut saya jabarkan beberapa cara untuk mengatasi visitor blog yang menurut. Simak artikel berikut ini…

Mengatasi Pengunjung Blog Menurun

7 Cara Mengatasi Visitor Blog Menurun

Mencari pengunjung blog sebenarnya gampang-gampang susah. Kadang kala di waktu tertentu blog kita sangat ramai pengunjung. Namun di sisi lain, kadang blog kita juga mengalami penurunan pengunjung.

Sejak tahun 2012, saya telah mengalami banyak mengalaman saat mengelola beberapa blog. Nah, saat visitor turun, berikut adalah hal-hal yang saya lakukan…

Advertisement

1. Konsisten membuat konten

Salah satu kunci kenapa saya dapat bertahan di dunia blog selama hampir 8 tahun yaitu fokus dalam membuat konten. Walaupun blog visitor blog saya kadang turun atau bahkan menghilang, saya tetap membuat postingan-postingan baru yang relevan dengan niche blog yang dikelola.

Kenapa begitu?

Karena, artikel blog yang berhasil menguasi halaman pertama google, lama kelamaan akan tergeser. Maka dari itu, kita harus berusaha selalu membuat artikel lain agar suatu saat artikel yang tenggelam tersebut bisa terganti oleh artikel baru yang kita buat.

Mindset yang saya tanamkan pada diri saya yaitu “Fokus membuat konten berkualitas, lupakan uang atau page one”.

Karena saya percaya, dari 10 artikel yang kita buat, pasti akan ada 1 atau 2 artikel yang masuk ke halaman pertama. Itu dinamakan dengan hukum paretto.

Jadi, ketika saya menulis, saya tidak memiliki beban harus ini atau itu. Enjoy saja, karena jika sudah jalanya, visitor akan datang dengan sendirinya.

2. Mengikuti dan menerapkan Trend SEO terbaru

Hal kedua yang penting dilakukan yaitu jangan lelah untuk belajar. Walaupun penghasilan blog anda sudah menembus belasan atau puluhan juta, sebaiknya anda jangan merasa cukup akan ilmu yang sudah didapatkan.

Nyatanya, setiap tahun trend SEO akan terus berubah. Ilmu Search Engine Optimization akan selalu mengikuti algoritma terbaru yang diterapkan oleh masing-masing search engine, terutama Google Search.

Buktinya, ilmu SEO tahun 2012 tidak akan berlaku di tahun sekarang. Semua itu sudah mengalami perubahan. Jadi, agar anda bertahan dalam dunia blog, anda jangan pernah lelah mengikuti trend SEO.

Jika anda ketinggalan trend SEO, maka serajin apapun anda, usaha anda selama ini akan sia-sia. Jadi jangan hanya kerja keras, namun kerja cerdas!

3. Memperbaiki kerusakan blog

Kerusakan blog akan selalu ada, mulai dari hosting yang bermasalah, template blog yang rusak, broken link yang bertambah hingga hal-hal lainya.

Anda harus tetap memonitor kesehatan blog, karena ini juga berpengaruh terhadap SEO.

Jika anda menggunakan wordpress, perhatikan juga virus dan malware, bisa saja setiap saat blog anda terserang oleh malware yang mengakibatkan blog anda di suspend oleh provider.

4. Memperbaharui artikel lama

Jika anda membuat artikel trending yang hanya berlaku untuk waktu tertentu, sebaiknya anda memperbaharui artikel tersebut secara berkala.

Kenapa?

Karena biasanya artikel seperti ini akan mudah tergeser dengan artikel blog lain yang lebih baru. Maka dari itu luangkan waktu anda untuk memperbaharui artikel lama.

Salah satu cara agar artikel anda bertahan lama di google, yaitu membuat konten evergreen yang tak lekang oleh waktu.

5. Membangun backlink berkualitas

Walaupun backlink tidak se powerfull zaman dulu, nyatanya backlink masih menjadi salah satu indikator SEO. Maka dari itu, anda dapat dengan rutin membangun backlink, seperti melakukan guest post, memasang iklan content placement, atau rutin membuat konten berkualitas.

Namun, hindari melakukan spam backlink, seperti meninggalkan link aktif di blog yang tidak relevan, membeli backlink instan atau menggunakan website backlink generator.

Hal itu hanya akan memperburuk reputasi blog bahkan bisa-bisa blog anda terkena penalti google.

6. Membangun Komunitas

Komunitas merupakan salah satu media untuk menjaring visitor blog. Anda dapat membuat fanspage di facebook, membuat grup atau forum hingga beriklan di sosial media.

Jika anda sudah memiliki banyak member, maka jika anda membuat sebuah konten, anda dapat membagikanya kepada mereka.

Caranya bisa dengan membuat postingan share atau broadcast melalui email.

7. Mengganti Template dan Flatform Blog

Jika anda sudah melalukan semua teknik SEO dan membuat konten berkualitas, namun visitor tidak kunjung naik, mungkin ada yang salah dengan template blog anda.

Dulu, blog ini di host di flatform blogger, visitor ada hingga mampu menembus 400K visitor perbulan. Namun, setelah beberapa tahun, visitor turun secara drastis.

Saya pun mencoba migrasi ke wordpress dan mengganti template blog. Ajaibnya, visitor saya naik 2x lipat hingga mampu bertahan hingga sekarang.

Nah, mungkin cara ini dapat anda praktekan sendiri, namun tidak ada jaminan bahwa menganti template dan flatform blog dapat meningkatkan visitor secara instan.

Itulah pembahasan singkat cara mengatasi visitor blog yang turun. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment