5 Tips Agar Kualitas Story Instagram Bagus

Kadang kita iri ketika melihat Story IG teman yang bagus, jernih dan tidak buram. Sedangkan ketika kita upload ig story sendiri, kualitasnya terlihat buram dan patah-patah. Entah itu di mode video atau mode boomerang.

Advertisement

Padahal, HP yang kita miliki tergolong berspesifikasi tinggi dan mahal. Faktanya, ternyata memang hampir setiap pengguna android mengalaminya. Tidak seperti iPhone, yang walaupun seri lama, ig story akan terlihat jernih dan mulus. Lantas apa penyebabnya?

Kenapa Instagram Story Android Tidak Sebagus Iphone?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa story ig iphone lebih bagus dan mulus dibanding story ig milik android.

  • Pertama, Versi Aplikasi Instagram di Android merupakan Adaptasi (Porting) dari versi Iphone
  • Kedua, Jumlah tipe perangkat iphone sangat sedikit, bisa dihitung jari. Jadi developer lebih mudah mengembahkan dan memaksimalkan aplikasi di iPhone.
  • Berbeda dengan android yang jenis dan tipe nya sangat banyak, hingga tidak terhitung sehingga lebih sulit untuk memaksimalkanya.
  • Spesifikasi tertinggi Smartphone iphone selalu lebih tinggi dari android tertinggi. Ini mempengaruhi performa smartphone dalam mengolah foto dan video instagram.

Jadi, tidak heran jika insta story di android hasilnya ngeblur, pecah atau patah-patah. Namun, tenang di artikel kali ini mimin akan share sedikit trik agar story instagram anda lebih bagus dan mulus. Simak artikel berikut ini…

Cara Membuat Kualitas Instagram Story Lebih Bagus

Seperti yang kita tahu, setiap foto atau video yang kita upload ke sosial media instagram akan mengalami proses kompresi sehingga ukuranya lebih kecil dan tidak memberatkan beban server instagram.

Advertisement

Hal ini akan membuat kualitas gambar dan video yang kita upload sedikit turun dari aslinya. Nah, untuk mengakalinya anda bisa melakukan tips dan trik sederhana berikut ini…

1. Jangan Gunakan Kamera Bawaan Instagram

tips update ig story agar tidak pecah 1

Trik paling ampuh dan jitu agar foto dan video instagram tidak buram yaitu dengan cara tidak menggunakan kamera bawaan instagram.

Hal ini karena kamera instagram hanya menggunakan API dasar dari Android yang belum di optimasi dan dimaksimalkan. Hal ini menyebabkan hasil kamera dan video seadanya sesuai dengan hardware yang dimiliki smartphone.

Berbeda dengan aplikasi kamera bawaan hp yang sudah di optimalkan oleh pabrikan sehingga dapat menghasilkan kualitas foto dan video lebih baik.

Jadi, jika ingin upload story, foto atau video di instagram. Usahakan untuk memanfaatkan kamera bawaan HP jangan kamera bawaan dari instagram. Lebih baik lagi menggunakan kamera custom seperti Google Camera (Gcam) yang dapat menghasilkan foto dan video lebih bagus.

2. Gunakan Ukuran Foto dan Video sesuai Kriteria Instagram

ukuran foto dan video instagram 1
Source : https://blog.tailwindapp.com/

Perlu anda ketahui, instagram memiliki peraturan mengenai ukuran foto dan video yang disarankan agar hasilnya maksimal. Maka dari itu, anda tidak boleh asal jepret atau upload foto dan video.

Jika ingin bagus, alangkah baiknya kita mengedit dan mengubah ukuranya terlebih dahulu dan menggunakan ukuran berikut ini…

Ukuran Foto dan Video Terbaik Instagram

  • Ukuran Persegi : 1080 x 1080 px atau lebih (maksimal 2048 x2048 px)
  • Ukuran Landscape : 1080 x 566 px 
  • Ukuran Potrait : 1080 x 1350 px
  • Ukuran Video : 640 x 640 px atau lebih
  • Ukuran Video Landscape 1200 x 900
  • Ukuran Video Instagram Stories (snapgram) : 750 x 1334 px

Selengkapnya anda bisa baca artikel tentang Panduan Ukuran Gambar Instagram.

Anda dapat mengedit menggunakan software seperti, picsay, google snapseed, lightroom, adobe premiere pro dan sebagainya…

3. Upload saat Koneksi Internet Cepat

Seperti saya singgung sebelumnya, bahwa instagram melakukan kompresi ketika kita upload foto, video maupun story di instagram. Sehingga kualitasnya akan menurun. Selain itu, ternyata kecepatan internet juga berpengaruh terhadap kualitas.

Semakin lambat koneksi kita maka foto dan video akan semakin di kompress sehingga kualitasnya akan lebih buruk. Silahkan anda bandingkan ketika upload story ketika menggunakan wifi dan menggunakan data yang internetnya lambat, hasilnya akan berbeda.

Maka dari itu, banyak influencer atau selebgram yang selalu upload postingan hanya ketika koneksi sedang stabil.

4. Gunakan HP dengan Spesifikasi Tinggi

Faktor ini nyatanya ada di peringkat empat. Mungkin banyak yang mengira bahwa HP Bagus kualitas story atau post instagramnya akan lebih bagus juga. Hal ini memang benar, namun itu tidak menjamin jika tidak melakukan beberapa trik sebelumnya.

Namun perlu di ingat, HP dengan spesifikasi rendah memiliki hardware kamera yang terbatas sehingga kualitasnya pas-pasan. Selain itu Prosesor dan GPU pada hp murah biasanya memiliki spesifikasi yang rendah.

Hal ini menyebabkan proses olah gambar instagram menjadi lambat dan video ig story menjadi patah-patah.

5. Membeli Iphone

Yaps, tips ini memang lucu. Tapi banyak loh penggila instagram seperti selebgram, artist atau influencer yang membeli iphone hanya untuk ingin tampil maksimal ketika upload story ig.

Hal ini memang benar, story ig di iphone akan lebih bagus jika dibandingkan story ig di android. Jika upload melalui iphone, hasilnya tidak terlalu buram dan video terasa lebih mulus dan smooth.

Saya sudah buktikan sendiri di berbagai seri iphone, hingga seri terendah sekalipun seperti Iphone 5S, Iphone 6 hingga mencoba di Iphone 11.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengatasi foto instagram yang buram beserta tips agar video instastory tidak patah-patah. Tips diatas selalu saya gunakan setiap saya update status baru di instagram. Teman saya pun mengira saya memakai iphone, padahal Hp saya merupakan hp android lawas yang masih memiliki bazel tebal.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ya…

Share jika suka!

Leave a Comment