Pengertian One Stop Solution dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis atau sebuah layanan jasa, sering kita mendengar istilah “One Stop” atau “One Stop Solution”. Jika diartikan dalam bahasa indonesia, One Stop artinya “Satu Kali Berhenti”. Contoh lainya yaitu kata “One Stop Shopping” yang artinya “Belanja dengan satu kali berhenti”.

Advertisement

Namun, secara makna, Arti “One Stop” disini berbeda. Dibalik istilah One Stop Solution, ada alasan tertentu kenapa banyak perusahaan yang memakai kata ini pada slogan atau tagline mereka. Berikut adalah arti kata “One Stop” secara pengertian.

Pengertian One Stop Solution dalam Bisnis

Pengertian One Stop Solution

One Stop Solution adalah sebuah istilah yang memiliki makna bahwa si penjual menawarkan sebuah solusi bagi permasalahan si konsumen hingga benar-benar tuntas. Contohnya seperti sebuah perusahaan mebel yang menawarkan pembuatan mebel kustom beserta pemasangan produk tersebut di rumah miliki pemesan.

Jadi, si perusahaan mebel tidak hanya menjual produk, mereka juga memberikan jasa pelayanan berupa pemasangan mebel di rumah pemesan. Jadi si konsumen tidak perlu lagi menyuruh tukang kayu untuk memasang mebel yang sudah dibeli.

Advertisement

Inilah yang disebut “One Stop Solution”.

Awal Mula adanya istilah One Stop Solution

Manusia, pada dasarnya memiliki rasa malas dan tidak ingin repot. Mereka ingin cepat dan tidak mau ribet urus kesana-kesini.

Misalnya di swalayan yang menyediakan barang One Stop Solution. Disana terdapat beberapa barang yang dibutuhkan oleh orang mulai dari perkakas dapur, pakaian, makanan, alat listrik, mainan, alat bayi dan sebagainya.

Coba jika kita harus membeli di tempat-tempat terpisah? Misal membeli saklar ke toko listrik, membeli alat masak ke toko A, membeli makanan ke pasar. Tentu akan sangat rumit dan menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Inilah awal mula metode “One Stop Solution” di populerkan. Kini banyak perusahaan selain supermarket yang menawarkan jasa one stop solution bagi para konsumenya.

Di dunia online pun, istilah “One Stop” bisa diterapkan. Misal di situs yang menyediakan opsi “One Stop Download” dimana di situs tersebut anda dapat mendownload konten apapun dalam sekali klik mulai dari games, lagu, gambar, wallpaper dan sebagainya.

Walaupun biasanya sedikit lebih mahal, namun tentu ini sebanding dengan kemudahan yang didapatkan.

Istilah one stop solution seperti sebuah paket tuntas All in One yang sangat praktis.

Sekian artikel mengenai Pengertian One Stop Solution dalam dunia bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Share jika suka!

Leave a Comment