7 Tips Cerdas Belanja Online saat Harbolnas

Akhir tahun merupakan moment yang sangat tepat untuk menghabiskan uang karena saat inilah berbagai macam produk turun harga. Di akhir tahun, khususnya di Indonesia kita mengenal Hari belanja online nasional (harbolnas) yang jatuh pada tanggal 12 desember atau biasa disebut 12.12. Namun saat ini, ivent ini tidak hanya terjadi pada bulan 12. Dari bulan Oktober, semua flatform ecommerce dan marketplace biasanya menyelenggarakan ivent mulai dari 10.10, 11.11 hingga pada puncaknya yaitu 12.12.

Advertisement

Ivent ini sangat mirip dengan black friday yang ada di negara barat. Pada tanggal-tanggal tersebut semua ecommerce dan marketplace biasanya mengadakan diskon gila-gilaan. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, JD.ID, Lazada dan flatform sejenis lainya.

7 Tips Cerdas Belanja Online saat Harbolnas

Lantas, bagaimana tips cerdas agar kita lebih hemat dan mendapatkan promo yang sangat menguntungkan? Simak artikel berikut ini…

Tips Cerdas Belanja Online Akhir Tahun

Agar anda tidak tertipu dengan promo atau harga palsu, sebaiknya anda simak beberapa tips berikut ini…

Advertisement

1. Tips Hemat Belanja Online saat Harbolnas

Tips pertama agar anda lebih hemat dalam belanja yaitu memiliki daftar list barang yang ingin anda beli.

Ini sangat penting agar anda tidak terlalu boros dalam menghabiskan uang. Selain itu, dengan membuat list barang anda dapat membandingkan harga asli sebelum dan sesudah ivent harbolnas.

Di akhir tahun, semua barang biasanya turun harga. Mulai dari produk fashion, gadget, kebutuhan rumah tangga, aksesoris dan terutama tiket liburan.

Agar anda selalu update akan informasi promo, anda bisa daftar dan subscribe di semua newslettter marketplace, follow akun sosial media mereka dan jangan lupa pantau mereka di Televisi karena biasanya jika perusahaan akan mengadakan promo, mereka akan melakukan iklan besar-besaran misalnya seperti Goyang Shopee, Bukacincai, Tokopedia Mulai aja dulu dan sebagainya.

2. Jangan Tergiur Diskon Harga Coret!

Harga coret hanyalah teknik psikologi marketing belaka. Bisa saja harganya diskon coret hingga 50%, padahal harganya memang segitu.

Tips agar anda tidak tertipu harga palsu yaitu mengetahui harga pasaran produk.

Sebelum membeli, anda bisa memantau harga dengan membandingan harga produk di semua situs atau aplikasi marketplace kemudian sortir berdasarkan harga dari yang terendah.

Dari sini anda akan mengetahui harga asli dari produk yang ingin anda beli.

Dengan begitu, anda bisa lebih waspada pada oknum penjual yang memasang harga coret palsu dengan cara meningkatkan harga terlebih dahulu kemudian memberikan label diskon.

3. Rajin Pantau Halaman Promo di Situs Belanja Online

Semua situs belanja online pasti memiliki halaman khusus untuk menampilkan informasi promo. Entah itu berbentuk artikel, banner, voucher diskon, games dan sebagainya.

Anda harus cerdas dan selalu up to date dalam hal ini karena disinilah anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak.

Untuk kupon diskon, biasanya akan dibatasi dan anda harus cepat dalam mengklaim voucher tersebut karena anda akan bersaing dengan pemburu diskon lainya.

Sedikit tips dari saya, jika ingin mendapatkan promo yang di inginkan. Rajin-rajinlah update informasi terbaru dan cerdas dalam membaca syarat dan ketentuan yang tertera.

4. Kunjungi Situs Penyedia Voucher Diskon Belanja Online

Tips paling sakti dan jitu dari saya yaitu mengunjungi situs-situs penyedia voucher diskon seperti lakupon, shopback, iprice, saleduck, cuponation, picodi dan sebagainya.

Disana, anda dapat dengan mudah mengetahui kode kupon dan promo yang sedang diadakan oleh semua situs belanja online.

Anda bisa memfilter promo berdasarkan kategori, tanggal, flatform dan sebagainya.

Anda jangan ragu untuk mencari kupon sebanyak-banyaknya karena anda harus cepat dan tidak semua kupon dapat digunakan. Biasanya tergantung dengan jumlah pengguna dan syarat ketentuan yang berlaku.

5. Pastikan Internet Anda Cepat dan Stabil

Dalam belanja online, internet merupakan ujung tombak. Jika internet anda lambat, maka pengalaman belanja akan berkurang.

Agar anda tidak ketinggalkan promo, apalagi promo flash sale maka pastikan internet anda cepat dan stabil.

Karena, pada akhir tahun, traffic pengguna sangatlah tinggi tentu kita akan bersaing dengan pengguna lainya. Jika internet kita lambat, tentu kita akan kalah cepat dengan orang lain.

6. Jangan Lupa Cek Testimoni dan Feedback Seller

Anda jangan terfokus pada harga yang murah. Bisa jadi harga tersebut memang sesuai dengan kualitas barang.

Sebelum memutuskan membeli, cek terlebih dahulu rating, testimoni dan feedback pengguna.

Pastikan barang yang dijual original, sesuai dengan deskripsi serta tidak banyak keluhan dari pengguna yang sudah membeli.

Hal ini untuk meminimalisir kerugian yang sewaktu-waktu dapat menimpa anda, misal barang yang cacat, tidak sesuai, kualitas jelek dan sebagainya.

Selain melihat faktor harga, tentu pertimbangkan juga kualitas dan testimoni seller.

7. Kontrol Emosi Anda

Dan point yang paling penting dalam tips cerdas belanja online yaitu pengendalian emosi.

Ini merupakan hal yang paling sulit dilakukan terutama bagi kaum hawa.

Ketika harbolnas berlangsung, kita akan melihat semua hal yang menggiurkan dengan harga yang sangat-sangat murah.

Disini anda harus cerdas dalam mengendalikan diri agar tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Kebanyakan orang membeli karena harga yang miring, padahal kita tidak butuh barang tersebut.

Agar anda berhasil menghemat, belilah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan dan sudah masuk dalam list harbolnas anda pada tahun ini.

 

Sekian artikel mengenai 7 tips cerdas belanja online saat harbolnas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Share jika suka!

Leave a Comment