Penyebab dan Cara Mengatasi Playstore Pending

Hal yang paling kesal ketika menggunakan android yaitu pending ketika download di Playstore. Ketika kita sedang buru-buru dan ingin menggunakan sebuah aplikasi dari playstore, kita terganggu dengan loading download yang terus tertunda dan tak kunjung jalan.

Advertisement

Hal ini saya sering alami di Android yang saya miliki yaitu Asus Zenfone Zoom S. Selain hp ini, saya juga pernah mengalaminya di smartphone merek lain yaitu samsung, oppo, vivo, realme dan xiaomi. Mungkin yang menjadi penyebab bukan dari mereknya, melainkan dari OS Android itu sendiri. Berikut saya rangkum beberapa penyebab playstore pending beserta cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Playstore Pending 3

Penyebab Playstore Download Pending

Sebenarnya, banyak sekali faktor yang menyebabkan download tertunda, namun inilah beberapa penyebab yang paling sering terjadi di beberapa tipe smartphone android tertentu…

  • Menggunakan Koneksi Wifi yang buruk
  • Koneksi internet ping tinggi
  • Sinyal tidak stabil
  • Server Playstore sedang down
  • Aplikasi Playstore mengalami Gangguan
  • Cache dan Data Aplikasi penuh
  • Bug OS Bawaan dari pabrik

Itulah beberapa penyebab yang pernah saya temui pada berbagai merek hp Android. Untuk mengatasi playstore¬† yang error dan tak kunjung jalan (bengong), maka biasanya saya melakukan langkah-langkah berikut ini…

Advertisement

Tutorial Mengatasi Download Pending di Playstore

Untuk mengatasi download tertunda di playstore, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Anda bisa mencoba tutorial berikut ini dari awal hingga akhir. Jika cara pertama tidak berhasil, maka anda bisa lanjut ke cara berikutnya. Lebih lengkapnya, simak tutorial berikut ini…

1. Clear Data dan Cache Aplikasi Google Playstore

Langkah pertama yang bisa anda coba yaitu menghapus data dan cache pada aplikasi Google Playstore dan aplikasi pendukungnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Playstore Pending 2

Caranya, masuk ke pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Sistem

Kemudian cari aplikasi berikut (cari yang ada saya) :

  • Carrier Services
  • Google Playstore
  • Google Play Service (Layanan Google Play)

Nah, jika anda sudah menemukan aplikasi diatas, maka anda klik masing- masing aplikasi kemudian masuk ke menu penyimpanan dan cari menu Hapus Data dan Hapus Cache.

Intinya, anda harus menghapus data dan cache dari ketiga aplikasi diatas, mungkin di setiap smartphone, menu nya akan berbeda beda.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Cara kedua yaitu dengan mengaktifkan Airplane mode selama beberapa detik kemudian mematikanya kembali. Hal ini kadang bisa berhasil di beberapa kesempatan.

Fungsinya yaitu untuk memancing koneksi internet dan mendapatkan IP Address dan DNS yang baru dari server.

3. Update Sistem Operasi Android Anda

Hal ketiga yang bisa dilakukan yaitu update os ke versi terbaru. Anda bisa cek pengaturan dan masuk ke menu about atau cari menu update software. Lakukan update hingga versi terbaru agar anda mendapatkan layanan google play terbaru.

Namun, jika smartphone anda sudah menggunakan os android terbaru, maka anda bisa skip cara ini.

4. Restart Smartphone

Cara paling simple namun ampuh yaitu dengan cara merestart smartphone. Hal ini terbukti dapat memperbaiki beberapa error pada aplikasi dan mengembalikan android ke performa puncak.

Hal ini juga berlaku jika anda mengalami lemot ketika download di playstore yang penyebabkan download tertunda sangat lama.

5. Reset ke Pengaturan Pabrik

Jika semua langkah diatas tidak ada yang berhasil, cara satu-satunya yang paling terakhir yaitu mengembalikan dan menghapus data smartphone kembali ke pengaturan pabrik.

Hal ini akan menghapus semua data, cache, sampah, aplikasi, virus, malware dan semua masalah yang menyebabkan playstore anda error.

Namun perlu di ingat, sebelum melakukan reset, anda harus membackup data terlebih dahulu ke penyimpanan eksternal atau ke PC / Laptop yang anda miliki.

Sekian artikel mengenai penyebab dan cara mengatasi playstore pending, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

 

Share jika suka!

Leave a Comment