Kenapa Charge HP di Laptop Lama Penuh?

Di zaman serba canggih ini, hampir setiap orang memiliki Smartphone, entah itu Android, Iphone, Windows Phone, Blackberry dan sebagainya. Ketika kita berada diluar rumah atau jauh dari saklar colokan listrik, biasanya kita ngecas hp lewat laptop menggunakan kabel USB ketika kehabisan baterai. Namun ternyata, charge hp di laptop sangat lambat. Apakah anda merasa demikian?

Advertisement

Kenapa Charge HP di Laptop Lama Penuh

Ternyata, lambatnya pengisian daya baterai lewat laptop ada alasanya dan bisa dijelaskan secara kalkulasi. Berikut ini merupakan sebab kenapa cas hp di laptop sangatlah lemot dan membuat kita kesal karena cas berjam-jam hanya bertambah beberapa persen saja.

Penyebab Kenapa Charge HP via USB Laptop Lambat

Hal ini dikarenakan power output maksimal yang dapat disalurkan port usb sangatlah rendah. Perlu anda ketahui, Power output USB 2.0 dan 3.0 berbeda.

  • USB 2.0 = 5V x 0.5A (500mA) = 2.5W
  • USB 3.0 = 5V x 0.9A (900mA) = 4.5W

Nyatanya, usb versi 2.0 (warna port nya hitam) hanya mampu mengalirkan daya maksimal 5 Volt x 0.5 Ampere atau setara 2.5 Watt.

Advertisement

Sedangkan untuk usb versi 3.0 (warna port nya biru) hanya mampu memberikan daya maksimal 5 Volt x 0.9 Ampere atau setara 4.5 Watt.

Sedangkan…

Rata-rata charger ponsel sekarang itu memiliki daya output diatas 5 Volt x 2 Ampere (10 Watt).

Belum lagi dengan smartphone yang sudah mendukung teknologi fast charging diatas 18 Watt bahkan ada yang mencapai 45 Watt! dengan dukungan USB tipe terbaru yaitu USB Type C.

Itulah alasan mengapa cas hp di laptop dengan usb sangatlah lambat. Ini karena output daya usb dari laptop sangatlah kecil jika dibandingkan output daya yang dihasilkan dari kepala charger (batok casan).

Terus, Bagaimana cara mempercepat Cas HP di Laptop?

Sebenarnya, hal ini sudah diketahui oleh berbagai merek laptop dan vendor terkenal. Maka dari itu biasanya mereka membuat sebuah software atau driver khusus untuk mempercepat pengisian daya via USB. Aplikasi untuk mempercepat charge di laptop memiliki nama yang berbeda-beda pada setiap merek, misalnya…

  • Asus = Quick Charge
  • Lenovo = Rapid Charging
  • Asrock = Xfast App Charge
  • MSI = Super Charge
  • Dell = Power Share
  • Acer = USB Charge Manager

Namun, berdasarkan pengalaman saya menggunakan laptop merek asus dan lenovo, aplikasi yang dibuat tidak memberikan dampak yang signifikan. Kecepatan charger hp via usb mungkin lebih cepat dari usb biasa, namun tetap kalah cepat dari kecepatan charge dari batok charger bawaan hp ketika mengisi baterai.

Adakah Solusi lain?

Nah, untuk mengakali agar charge lebih cepat saya memiliki beberapa trik khusus. Yaitu dengan cara :

  • Mematikan HP ketika di Charge
  • Bisa juga dengan mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode)
  • Gunakan Port USB 3.0 yang berwarna biru
  • Gunakan Kabel USB berkualitas atau Bawaan HP
  • Jaga suhu smartphone agar tetap dingin

Ini saya sudah buktikan di berbagai macam merek hp, mulai dari samsung, xiaomi, oppo, vivo, iphone, dan terakhir Asus. Untuk selengkapnya anda bisa membaca artikel 7 Trik Jitu Agar Ngecas HP Android cepat penuh.

Sekian artikel mengenai Kenapa Charge HP di Laptop Lama Penuh, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Share jika suka!

Leave a Comment