Dari Mana Blogger Mendapatkan Uang? Ini Sumber Pengasilanya

Dikehidupan sehari-hari yang serba canggih ini, kita tidak bisa lepas dari yang namanya blog. Ketika kita mencari informasi di Internet, misalnya google. Maka kita akan menemukan daftar beberapa blog yang bisa kita akses ketika kita selesai mengetikan kata kunci. Namun, tak sedikit pula yang penasaran, berapa sih penghasilan seorang blogger? terus darimana blog mendapatkan uang? untuk menjawab semua itu, mari simak artikel berikut ini…

Advertisement

Penghasilan Seorang Blogger Pemula hingga Profesional

Walaupun saat ini blog terus tergerus dengan adanya youtube, ternyata blog masih menjadi salah satu bisnis online yang menjanjikan. Hobby menulis di blog dapat menghasilkan uang jika kita menulis sesuai dengan niche serta target market. Rata-rata, seorang blogger pemula menghasilan uang ratusan ribu dalam sebulan.

Dari Mana Blogger Mendapatkan Uang Ini Sumber Pengasilanya

Namun, jika blogger yang sudah profesional dan sudah memiliki traffic yang banyak, penghasilanya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta per bulan.

Blog merupakan investasi yang sangat menjanjikan dan bisa digunakan sebagai salah satu sumber passive income karena walaupun kita meninggalkan blog, maka uang akan tetap mengalir selama tulisan kita masih di akses oleh pengunjung.

Advertisement

20 Sumber Penghasilan Blogger

Mungkin, banyak blogger pemula yang menyangka bahwa penghasilan blog hanya sebatas dari Google Adsense. Namun, nyatanya itu hanya satu dari sekian sumber penghasilan yang bisa dipilih. Berikut adalah beberapa sumber penghasilan blogger yang dapat menghasilkan uang, simak point-point berikut ini…

1. Advertising Network

Penghasilan utama dari seorang blogger biasanya didapat dari program kerjasama dengan perusahaan Advertising Network. Apa itu advertising Network? ini adalah perusahaan yang memfasilitasi dan menghubungkan antara adversiter (pemasang iklan) dan publisher (penayang iklan). Contohnya seperti Google Adsense, Revenuehits, Ad Media dan sebagainya.

Jadi, sistemnya adalah bagi hasil, uang yang diterima bisa bersumber dari klik iklan (CPC), tayangan iklan (CPM) dan Aksi (CPA).

2. Iklan Kerjasama (Direct)

Pengasilan kedua dari seorang blog biasanya berasal dari iklan langsung. Ini berarti di pemasang iklan langsung menghubungi pemilik blog dan menawarkan kerjasama. Entah itu memasang iklan banner, guest post, content placement, atau kerjasama lain yang disepakati.

Ini bergantung pada negosiasi yang terjadi. Penghasilanya pun biasanya besar namun jenis iklan ini sangat jarang dan tidak rutin. Semakin besar sebuah blog maka akan semakin tinggi peluang untuk mendapatkan client.

3. Program Affiliate

Program affiliasi bisa dijadikan sebagai penghasilan sampingan blogger. Kita dapat bekerjasama dengan beberapa pemilik produk dan menjualnya di blog kita. Nantinya, kita akan mendapat komisi dari setiap penjualanya terjadi.

Biasanya, blogger menjadi affiliate sebuah perusahaan marketplace atau hosting. Namun, masih banyak produk lain yang dapat dijual oleh seorang blogger.

4. Blog Network

Blog network merupakan sebuah jaringan komunitas blog. Biasanya, network yang anda ikuti akan memberikan komisi penghasilan dari iklan yang disepakati.

5. Jual Backlink

Bagi blog yang sudah besar, biasanya banyak perusahaan yang akan menawarkan kerjasama backlink. Kerjasama ini sangat mudah. Anda cukup menanam link url (website client) didalam blog atau dalam artikel. Biasanya, untuk satu buah backlink berkisar antara ratusan hingga jutaan rupiah.

Apa gunanya bagi mereka? Ini sangatlah berguna karena backlink merupakan salah satu indikator SEO (search engine optimization) agar website kita dapat tampil paling atas di pencarian seperti Google.

6. Jual Beli Blog

Bagi seorang full time blogger, jual beli blog biasanya menjadi suatu bisnis yang wajib dilakukan. Karena memiliki waktu yang banyak, biasanya mereka membuat beberapa blog untuk dijual.

Harganya pun bervariasi tergantung dari jumlah traffic, artikel dan rank. Semakin tinggi maka semakin mahal harganya.

7. Jasa Menulis Artikel

Seorang blogger rata-rata memiliki keahlian menulis yang baik dan cepat karena sudah terlatih. Maka biasanya, selain menulis untuk blog pribadi, biasanya blogger yang sudah mahir biasa menerima jasa penulisan artikel sebagai penghasilan sampingan.

Artikel yang ditulis biasanya sudah standar SEO dan tentunya unik dan original. Harganya pun bervariasi tergantung dari rating penulis serta panjang kata. Mulai dari 400 hingga ribuan kata per artikel.

8. Menjual Jasa SEO

SEO merupakan ilmu yang wajib dikuasai oleh seorang bloggger. Tanpa menguasai ilmu ini, artikel yang kita tulis tidak akan muncul di pencarian google dan bersaing dengan blog lainya.

Karena blogger sudah terbiasa, maka biasanya mereka memiliki pengalaman dan ilmu lebih dalam bidang ini. Maka dari itu, mereka juga biasanya menyediakan jasa SEO untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

SEO merupakan ilmu yang sangat mahal, maka dari itu biasanya bayaranya tidak sedikit, mulai dari jutaan hingga puluhan juta.

9. Jasa Edit Template Blog

Template merupakan senjata dari seorang pemilik blog. Dengan optimasi dan kustomisasi yang tepat, maka dapat mendongkrak traffic. Masing-masing blogger memiliki racikan masing-masing yang tidak sama.

Dan biasanya, banyak blogger pemula yang belum paham dalam mengedit template. Ini juga menjadi peluang bisnis bagi para blogger yang sudah mahir.

10. Jualan Template Blog

Nah, jika ini setingkat lebih tinggi dari point 9. Banyak blogger kondang yang dapat menghasilkan ratusan juta hanya dengan menjual template. Contohnya seperti Mas Sugeng, Mba Arlina, Kompi Ajaib dan sebagainya.

Mungkin anda pun sekarang salah satu customer mereka bukan? atau paling tidak pernah mendengar dan mengenal namanya.

11. Jualan Merchandise

Bisnis merchandise memang bisnis yang fleksibel dan dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk seorang blogger. Banyak blogger yang memanfaatkan blog mereka sebagai lahan untuk berjualan merchandise seperti kaos, souvenir, dan sebagainya. Ini juga dapat menjadi sumber penghasilan blogger lainya…

12. Konsultan Blog

Jika anda sudah merasa mahir dalam bidang blog, maka anda bisa membuka jasa konsultasi blog. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan konsultan bagi blog yang mereka kelola.

Perusahaan besar biasanya memiliki blog sebagai syarat branding serta optimasi SEO.

13. Membuka Seminar / Workshop

Para blogger yang memiliki keahlian lebih, biasanya membuka seminar atau workshop. Dan ini di promosikan lewat blog pribadi mereka yang sudah memiliki traffic tinggi dan tertarget. Hal ini menjadikan blog sebagai senjata dalam menjual produk workshop mereka.

14. Menjual Ebook atau Buku

Para kaum hawa pasti sering dong membaca tulisan-tulisan baper tentang kehidupan atau percintaan. Biasanya tulisan yang dibaca tersebut merupakan karya dari penulis terkenal. Nah, penulis-penulis terkenal tersebut biasa menulis buku dan menjualnya di blog pribadi.

Jadi, blog juga bisa dijadikan sebagai kolam jualan bagi mereka yang berbakat.

15. Paid Review (Review Produk)

Bagi beberapa blog niche tertentu, seperti Gadget atau Kecantikan. Biasanya mereka mendapatkan orderan paid review. Hanya dengan review produk, mereka mendapatkan bayaran sesuai kesepakatan yang telah dilakukan.

16. Lomba Blog atau SEO

Mungkin, ini hanya mengandalkan keberuntungan. Namun, jika anda menang dalam sebuah lomba blog, hadiahnya biasanya cukup menggiurkan. Mulai dari uang tunai, jalan-jalan keluar negeri hingga mendapatkan gadget terbaru.

17. Jualan Produk Digital

Jika anda seorang produk creator, anda bisa memanfaatkan blog sebagai ladang dalam menjual produk anda. Biasanya, produk yang dijual yaitu produk digital seperti E Cource, Ebook, Template, Tools dan sebagainya.

18. Teknik Marketing

Pernah mendengar FB Ads to Adsense? Ya, ini juga merupakan salah satu sumber penghasilan blogger. Namun bedanya, ini menggunakan teknik yang di ulik sendiri agar bisa menghasilkan uang.

Banyak sekali teknik-teknik lain yang biasa digunakan, semakin pintar kita ngulik maka semakin besar penghasilan yang bisa kita peroleh.

19. Les Privat Blog

Semakin berkembangnya zaman banyak orang yang ingin menghasilkan uang di internet. Hal ini membuka peluang bagi para blogger untuk membuka jasa privat blog.

Ini dapat memberikan penghasilan tambahan, entah itu dari langganan berbayar atau les privat secara offline.

20. Bisnis Offline to Online

Dan penghasilan terakhir yang bisa anda dapatkan dari blog yaitu dengan membawa bisnis offline anda ke dunia online. Misal anda menjual sebuah mainan anak-anak, anda bisa mereview mainan tersebut kemudian mencantumkan link pembelianya.

Ini juga berlaku dengan bisnis lain misalnya jasa.

Ciri Blog yang Menghasilkan Uang

Banyak sekali ciri yang bisa kita lihat untuk mengetahui blog yang menghasilkan uang. Contoh blog yang menghasilkan uang yaitu :

  • Sugeng.id
  • Arlinadzgn.com
  • Kompiajaib.com
  • PanduanIM.com
  • Klikmania.net

Jika anda lihat isinya, maka mereka memiliki beberapa sumber income yang berbeda. Ada yang mengandalkan iklan advertising network, ada yang menjual template, mengumpulkan database dan sebagainya.

Jadi, jangan putus asa jika anda sudah memulai blog namun tidak diterima adsense, masih banyak sumber penghasilan lain yang dapat anda coba.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Share jika suka!

Leave a Comment