Apa Bedanya 30 fps vs 60 fps di Pengaturan Video?

Banyak orang yang masih bingung perbedaan antara 15 fps, 20 fps, 23,976 fps, 24 fps, 30 fps, 60 fps, hingga 120 fps. FPS biasanya muncul di pengaturan recording video, pengaturan pemutar video/film, di dalam games dan di pengaturan kamera. Ternyata, fps di pengaturan rekaman di hp sangatlah berpengaruh pada kualitas dan ukuran video yang kita rekam. Bisanya, smartphone masa kini memiliki pengaturan resolusi video dan fps yang bervariasi, mulai dari :

Advertisement
  • 480p 240 fps
  • HD 720p 120 fps
  • FHD 1080p 60 fps
  • UHD 4K 30 fps

Sebenarnya, pengaturan resolusi diatas berbeda-beda tergantung sensor kamera dan chipset yang digunakan oleh sebuah smartphone. Semakin tinggi spesifikasi maka semakin tinggi pula resolusi dan fps yang bisa di gunakan.

Yang diwarnai merah yaitu berarti resolusi video, sedangkan yang diwarnai biru berarti FPS (frame per second).

30 vs 60 fps
sumber : https://gfycat.com/

Mungkin, bagi pemula yang pertama kali mengutak atik pengaturan video, pasti dibingungkan harus memilih pengaturan video yang mana. Nah, untuk mendapatkan kualitas rekaman video terbaik, kita harus mengerti terlebih dahulu settingan video maksimal yang bisa digunakan.

Untuk mengetahuinya, anda perlu memahami terlebih dahulu istilah istilah dasar yang biasanya muncul di pengaturan video seperti resolusi, fps, kualitas, stabilizer dan sebagainya.

Advertisement

Jadi apa itu fps? dan apa pengaruhnya terhadap video? simak penjelasan berikut ini

Pengertian FPS

FPS adalah singkatan dari frame per second. Fps merupakan satuan untuk menyatakan banyaknya frame (gambar) dalam satu detik.

Jadi, sebenarnya video itu adalah kumpulan foto tidak bergerak yang digabung untuk menghasilkan sebuah gerakan atau gambar hidup. Semakin tinggi jumlah gambar per detik maka semakin mulus gerakan gambar pada layar. Entah itu video rekaman, video games, film, dan sebagainya.

Nah, biasanya, standar film di tv atau bioskop itu yaitu 23,976 fps. Namun ada juga beberapa film yang memiliki fps lebih rendah atau lebih tinggi.

Apa Bedanya 30 fps dan 60 fps pada video recording?

Dari pengertian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa semakin tinggi FPS maka semakin mulus hasil video kita.

Sebaliknya, jika fps video rendah maka video akan terlihat sedikit patah-patah. Namun fps tinggi juga memiliki kelemahan.

Semakin tinggi fps maka semakin besar juga ukuran video yang hasilkan sehingga dapat menyebabkan penyimpanan internel smartphone cepat penuh.

Mana yang sebaiknya dipilih?

Masing-masing fps memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika ingin kualitas video terbaik, maka pilihkan resolusi dan fps paling tinggi.

Namun jika ingin video anda berukuran kecil (size kecil) maka sebaiknya pilih kualitas video standar dengan fps rendah.

Apa bedanya FPS pada Kamera dan Video Games?

Sebenarnya keduanya mirip. Jika fps pada kamera menampilkan kumpulan foto dalam satu detik maka fps pada video games menampilan kumpulan grafis pada satu detik.

Semakin tinggi fps maka akan semakin mulus sebuah video dan games.

Namun, semakin tinggi kualitas gambar maka akan semakin berat bagi sebuah smartphone atau komputer.

Itulah sebabnya mengapa jika kita menaikan settingan resolusi games maka games akan terlihat patah-patah karena fps yang drop.

Terus, apa bedanya HD 720p, FHD 1080p, 2K dan 4K

perbandingan resolusi video
sumber : https://commons.wikimedia.org/

Seperti pada gambar diatas, semakin tinggi resolusi maka semakin besar dimensi yang ditampilkan. Misal ada HP dengan resolusi HD dan HP dengan resolusi FHD.

Keduanya sama-sama berukuran layar 5″ Inchi. Namun, HP dengan resolusi FHD akan memiliki tampilan gambar lebih tajam karena miliki jumlah pixel per inchi (ppi) yang lebih tinggi.

Ini juga berlaku pada sebuah video atau games, semakin tinggi resolusi maka akan semakin tajam gambar yang dihasilkan.

Namun tentu, ini akan berdampak pada performa karena semakin tinggi resolusi maka akan semakin berat beban yang di tangani oleh processor dan graphic unit.

perbandingan kualitas video
sumber : https://www.aiseesoft.com/

Itulah artikel mengenai perbedaan fps dan perbedaan resolusi pada video. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda bisa meninggalkan komentar dibawah.

Share jika suka!

Leave a Comment