10 Trik Rahasia Menang Kontes di 99 Design

Siapa yang tak kenal dengan 99 design? Perusahaan basis Australia ini merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan plafform untuk menghubungkan klien dengan freelance designer dengan sistem kontes yang menjanjikan. Banyak sekali pemula hingga profesional yang menghasilan ribuan dollar per bulan hanya dari situs ini. Namun, untuk mendapatkan uang, kita harus mengikuti dan memenangkan kontes yang diadakan oleh si klien.

Advertisement

Masalahnya, banyak sekali designer pemula yang masih bingung, bagaimana cara memenangkan kontes di 99 design. Nah, untuk itu, kali ini admin akan kasih beberapa tips dan trik menang kontes di 99design. Simak artikel berikut ini

10 Trik Rahasia Menang Kontes di 99 Design

Tips dan Trik Rahasia Menang Kontes 99 Design untuk Pemula

Nah, untuk memenangkan sebuah kontes yang dipilih, kita harus memperhatikan beberapa faktor yang wajib kita ikuti agar desain kita dipilih oleh client. Selain harus bagus, kita juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini…

1. Jangan terburu-buru, Pelajari dan Pahami terlebih dahulu guide 99 design

Kesalahan yang paling fatal bagi para freelance pemula yaitu langsung mengikuti kontes tanpa membaca guide dan kebijakan yang dikeluarkan oleh 99 design. Mereka hanya mengandalkan keberuntungan tanpa memahami sistem 99 design itu sendiri.

Advertisement

Inilah yang menyebabkan 90% Design Pemula Gagal berkarir di 99 design. Akhirnya mereka tidak pernah memenangkan kontes dan merasa putus asa.

Padahal dari awalpun mereka tergesa-gesa dan akhirnya tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk memulai dan berkompetisi dengan desainer lain.

Trik paling dasar dan wajib dilakukan yaitu membaca “Starting Guide” !

Untuk mengetahuinya, anda bisa melihatnya di link berikut ini

Jika anda tidak paham bahasa inggris, anda bisa menggunakan google translate untuk menerjemahkan. Pahami satu demi satu point dan artikel yang terdapat disana.

 

2. Lengkapi Profile dengan Benar dan Lengkap

Tips selanjutnya yaitu lengkapilah seluruh profile mulai dari informasi dasar hingga foto dan cover.

Gunakanlah foto diri sendiri dengan angle dan pencahayaan yang baik dan terlilat profesional agar dapat meyakinkan calon klien.

Anda juga bisa menggunakan logo perusahaan atau brand yang anda miliki.

Selain itu, isi deskripsi bio sesuai dengan keahlian dan menunjukan daya tarik untuk klien.

Gunakan cover profile yang menunjukan bakat atau minat anda.

 

3. Jangan Pilih Kontes dari Harganya!

Kebanyakan desainer pemula yang baru memulai langsung memilih-milih kontes dengan hadiah yang menggiurkan. Padahal semakin tinggi hadiah maka pesaing juga akan semakin berat. Pilihlah kontes yang masih sedikit pesaing.

Pertama, lihat harganya.

Kedua, pilih submit yang masih sedikit atau belum ada (maksimal 5 submit)

 

4. Pahami Brief Kontes dan Isi Otak Client

Cara memahami brief di 99 design sebenarnya gampang-gampang susah. Ini tergantung pehamahan dan ilmu pengetahuan dari di designer itu sendiri.

Namun tips dari saya yaitu ikutilah kontes dengan brief yang benar-benar anda pahami. Jika anda misalnya minat dengan desain perusahaan teknologi, ikutilah kontes yang berhubungan. Jangan memaksakan untuk mengikuti kontes yang tidak sesuai minat dan bakat anda.

Selain itu, coba anda perhatikan dan tebak isi otak klien. Anda bisa mengesampingkan terlebih dahulu idealis karena sistem 99 design itu dipilih klien maka kita harus pintar-pintar menarik perhatian mereka dengan cara membaca isi otak yang dituangkan oleh klien di dalam brief.

 

5. Ikuti kontes yang tersisa 1 – 2 hari lagi tapi entry submit nya masih sedikit

Untuk memperbesar peluang menang, carilah konten yang tersisa 1 hingga 2 hari. Karena jika dalam waktu singkat namun submit masih sedikit, si klien akan lebih tertekan dan tergesa-gesa dalam memilih pemenang.

Manfaatkan kesempatan ini untuk mencuri hari klien.

 

6. Pilih Client yang suka memberi feedback dan tidak pernah melakukan refund

Hati-hati dengan klien yang suka memberikan refund. Sebaik apapun desain jika klien nya melakukan refund maka kita akan rugi. Mulai dari rugi waktu, tenaga hingga uang.

Tips nya, ketika milih kontes, arahkan kursor ke nama klien, maka disana akan terlihat beberapa statistik. Pilihkan klien yang tak pernah melakukan refund dan memiliki reputasi bagus.

tips memilih kontes di 99 design 1

7. Hindari kontes yang sudah memiliki rating diatas 4

Kontes yang sudah memiliki rating diatas 4 memperkecil kesempatan untuk memang. Jika anda masih pemula sebaiknya hindari terlebih dahulu kontes ini.

Kecuali, jika anda sudah top seller dan memiliki pengalaman, maka lebih disarankan untuk bersaing karena kesempatan menang lebih besar dari seorang Entry level seller.

 

8. Ikuti kontes yang sesuai minat dan bakat

Kunci dari keberhasilan berlomba di 99 design yaitu minat dan bakat anda. Jika anda tidak memiliki bakat yang sesuai dengan kontes, saya sarankan untuk tidak mengikuti kontes tersebut.

Karena jika dipaksakan hasilnya pun tidak akan maksimal.

Lebih baik anda cari kontes yang sesuai minat dan bakat karena selain memiliki passion lebih, anda akan lebih menguasai brief yang harus dikerjakan.

 

9. Ikuti kontes desain yang spesifik sesuai kelebihan Anda

Ukuran keberhasilan di 99 design yaitu kelebihan.

Ya, kelebihan anda dari kontestan lain, entah itu dari konsep, dari service atau dari hasil akhir.

Misalnya anda memiliki kelebihan khusus di desain ui ux, maka perdalam lah bidang tersebut dan fokus untuk meningkatkan skill dan pengalaman.

Jangan terlalu serakah dan mengikuti semua kategori desain yang akhirnya anda tidak fokus dan segitu-gitu saja.

 

10. Terus mengikuti lomba dan jangan putus asa

Lama kelamaan waktu akan tidak terasa dan anda naik level hari demi hari. Semua top seller di 99 design tidak langsung memenangkan kontes. Mereka melalui tahapan dan seleksi alam sehingga bisa menjadi yang terbaik dan menyingkirkan kontestan lainya.

Jadi, jika anda selalu gagal maka itu bagus, tandanya anda memiliki kemauan untuk selalu mencoba dan akhirnya skill anda hari demi hari meningkat.

Semua ini kembali lagi ke ketekunan dan kerja keras anda. Pepatah bilang ada kerja ada hasil. Semua tidak ada yang instan. Termasuk menghasilkan uang dari internet lewat 99 design.

Jika anda serius, 99 design bisa menjadi gerbang bisnis online bagi anda untuk mendapatkan penghasilan yang sangat menjanjikan.

 

Itulah beberapa tips memilih kontes agar menang di 99 design. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah.

Share jika suka!

3 thoughts on “10 Trik Rahasia Menang Kontes di 99 Design”

Leave a Comment