Modal 50 Ribu! Memperbaiki Magsafe Macbook Sendiri

Setelah bertahun-tahun, akhirnya Charger Macbook Pro Mid 2012 saya akhirnya rusak. Kabel Magsafe 1 terkelupas tepat dibagian pangkal kabel. Hal ini menyebabkan Magsafe tidak berfungsi dan Lampu tidak menyala. Gejala awalnya yaitu magsafe sering panas tepat dibagian lekukan kabel di area pangkal, setelah itu kabel mulai terkelupas dan akhirnya putus.

Advertisement

Sayapun berniat untuk membeli magsafe baru yang kebetulan tipenya tipe lama yaitu magsafe 1 60W. Namun, ketika saya cek harga magsafe original di situs resmi ibox, saya kaget karena harganya ternyata masih tinggi, yaitu sekitar 1,6 Juta. Ya tidak heran memang, Apple selalu mematok harga produknya lebih tinggi dari merk lain, bahkan stand monitor pun mencapai harga 1000$, agak lumayan memang.

Menurut saya harga magsafe original tersebut kurang worth it mengingat laptop nya pun sudah jadul. Nah, saya pun berniat untuk mencari tukang service magsafe di bandung. Namun ketika saya menanyakan harganya, menurutnya masih terlalu tinggi.

Advertisement

Untuk mengganti kabel saja, harus merogoh kocek sekitar 186 Ribu! Ya, seharga charger macbook KW yang sekarang harganya hanya 200 ribuan. Kalau pakai voucher toko online tentu harganya bisa lebih rendah. Berikut adalah percakapan saya dengan costumer service dari salah satu toko service di bandung. Saya sensor karena saya tidak ingin menjatuhkan toko manapun…

Nah, saya pun memutar otak bagaimana caranya saya memiliki magsafe yang normal kembali dengan budget seminim mungkin. Saya pun mencoba iseng mencari sparepart atau kabel pengganti magsafe 1 tipe L di beberapa marketplace terkenal.

Dan akhirnya saya pun menemukan barang yang saya cari! Ya, kabel magsafe tipe L 60 Watt hanya dijual 50 Ribu pas! Ini merupakan harga yang sangat ekonomis dibanding harus membeli magsafe baru yang harganya setara HP baru hehe

Nah, saya pun mulai mencari artikel dan video mengenai cara mengganti kabel charger magsafe dan cara membongkar magsafe. Setelah saya mengerti dan memiliki sedikit ilmunya, saya pun langsung praktek, berikut saya tuliskan langkah memperbaiki charger macbook hanya dengan modal 50 rb rupiah.

Cara Memperbaiki Magsafe & Mengganti Kabel yang Terkelupas

Nah, untuk melakukan perbaikan magsafe macbook pro sendiri dirumah. Anda perlu memahami bahwa anda harus menanggung segala resiko yang mungkin dialami. Dalam dunia service dikenal dengan istilah DWYOR (Do With Your Own Risk).
Karena tutorial ini mungkin dapat menyebabkan Magsafe Anda Patah, Rusak, Gagal Berfungsi atau sebagainya. Jadi lakukan dengan hati-hati! Jika setuju, mari kita langsung praktek service magsafe sendiri.

1. Pertama, Siapkan Alat dan Bahan

Komponen yang harus disiapkan yaitu :
  • Magsafe Rusak Tentunya
  • Solder
  • Timah Solder (Solder Wire)
  • Toolset
  • Tang
  • Lem Korea
  • Lap
  • Alcohol (tidak wajib)
  • Ripet / Kabel Ties
  • Kabel Pengganti

2. Bongkar Magsafe Anda dengan Tang

Langkah ini merupakan langkah yang paling sulit dalam tutorial ini. Anda harus membongkar magsafe menggunakan tang. Caranya yaitu selipkan ujung tang pada celah magsafe kemudian dorong dengan sekuat tenaga. Untuk lebih jelasnya lihat video berikut ini

Saya memerlukan waktu 2 hari untuk membuka magsafe. Ya jujur saya ini sangat keras, saya awalnya sangat hati-hati karena takut patah. Namun, lama kelamaan saya frustasi dan akhirnya tidak peduli dengan apa yang akan terjadi.

Sayapun membukanya dengan sekuat tenaga dan akhirnya magsafe terbuka walau ada beberapa bagian yang sedikit patah.

Semakin lama usia magsafe maka semakin sulit untuk dibuka karena biasanya lem akan lebih kuat menempel serta plastik yang mulai getas.

3. Setelah terbuka, Anda Potong Kabel yang putus kemudian Sisakan ujungnya Sedikit

Setelah kabel yang putus dibuang, sisakan sedikit kabel untuk disambungkan ke kabel yang baru, siapkan kabel pengganti kemudian anda solder kedua ujungnya dengan warna yang tepat.

Ujung abu dengan abu, ujung hitam dengan hitam. Jangan sampai terbalik !

4. Setelah di solder, Balut Kabel dengan Isolasi atau Selongsong Bakar

Agar kabel tidak konslet, anda harus membungkus dan melindungi bekas solderan dengan isolasi yang tahan panas. Jika ada, alangkah baiknya untuk menggunakan selongsong bakar agar lebih rapi dan tahan lama.

5. Kemudian Coba Anda Pasangkan dan Test Menggunakan Macbook

Sebelum di lem, anda coba terlebih dahulu charger, apakah lampu indikator sudah nyala atau tidak. Jika baterai macbook dibawah 95% harusnya indikator menunjukan warna merah / orange. Dan jika baterai penuh maka indikator akan berwarna hijau.

Pastikan juga tidak ada suara atau bau yang mengidenfikasikan konslet. Coba anda raba bagian sekitar solderan tadi, apakah panas atau tidak. Jika hanya hangat berarti normal.

6. Pasangkan Kembali Semua Kaki dan Lem dengan Kuat

Jika anda memutuskan untuk tidak akan membukanya kembali di masa mendatang, anda bisa langsung lem permanen menggunakan lem korea.

Setelah itu, anda bisa press menggunakan kabel ties atau alat press lainya.

Saya lem permanen karena jika magsafe saya rusak kembali, saya tidak akan memperbaikinya lagi. Lebih baik saya beli bekas atau beli yang KW karena laptop macbook pro saya sudah jadul alias tidak dipakai untuk pekerjaan utama.

Tunggu beberapa jam. saya sarankan 1 hari sambil anda coba untuk cas laptop beberapa kali untuk mencoba dan test apakah berhasil atau tidak.

Jika lem sudah kuat dan tidak ada masalah, lepas kabel ties dan bersihkan body magsafe menggunakan alcohol.

Tara! Kini magsafe anda terlihat seperti baru kembali.

Anda menghemat ratusan ribu bahkan jutaan!

Saya tidak bisa menggunakan Alat Solder, Bagaimana dong?

Jika anda tidak bisa menggunakan solder, misal karena anda perempuan maka saya sarankan untuk membawanya ke tempat service terdekat di sekitaran rumah. (Jangan ke toko atau mall). Kemudian suruh tukang service untuk memperagakan tutorial ini, dan sebagai imbalan, itu tergantung kesepakatan anda dengan tukang service.

Tentu biaya yang dikeluarkan akan lebih murah jika dibandingkan kita datang ke spesialis service magsafe.

Sekian tutorial mengenai cara memperbaiki magsafe sendiri, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Share jika suka!

Leave a Comment