Perbedaan AMD Freesync Standard dan Ultimate

Ketika AMD meluncurkan fitur AMD Freesync, banyak sekali vendor yang mengeluarkan monitor freesync murah dipasaran. Mulai dari Samsung, LG, Dell, Armageddon, Benq, HP, Asus dan sebagainya. Namun, ketika saya membeli monitor dengan spesifikasi yang mendukung AMD Freesync, tepatnya yaitu monitor Samsung CF390 (C24F390FHE), saya dibingungkan dengan pilihan opsi Freesync Standard dan Freesync Ultimate di Pengaturan Monitor. Bagi saya yang awam karena sebelumnya belum pernah membeli monitor freesync, saya sedikit bingung apa bedanya diantara kedua fitur tersebut.

Advertisement

Lantas, untuk mengetahui perbedaanya, saya pun bertanya di grup milik Jagat Review yang bernama “ke Jagat Konsultasi dan Pembahasan Komputer” seperti gambar di bawah ini

Perbedaan AMD Freesync Standard dan Ultimate

Dari sini saya mendapatkan jawaban dari mas “Sinatrio Adhi Prabowo“, menurut keteranganya Standard Freesync range refresh rate nya yaitu 48-60 Hz dan untuk Ultimate berada di angka 48-72 Hz.

Keterangan tersebut menurut saya benar karena ketika saya setting pada pilihan Freesync Ultimate, Monitor samsung saya bisa di set di refresh rate 72 Hz di display setting windows 10 seperti gambar di bawah ini

Overclock Monitor Samsung
Setting 72 Hz monitor samsung

Ini telah saya buktikan sendiri karena jika memilih option freesync standard atau OFF, maka monitor hanya bisa di setting maksimal 60 Hz.

Advertisement

Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi settingan freesync maka semakin tinggi juga batas maksimal refresh rate monitor kita. Mungkin ini juga dapat dikatakan “Overclocking Monitor” oleh sebagian orang karena kita dapat mengatur refresh rate yang lebih tinggi dari yang tertera pada spesifikasi produk yang hanya tertulis 60 Hz di resolusi full hd 1920 x 1080.

Apakah ini berlaku di Semua Monitor?

Tentu tidak, range refresh rate pada setiap monitor itu beda-beda, tergantung dengan Merk, Tipe dan Spesifikasi yang dibawanya. Misalnya pada monitor Samsung CFG70. Dikutip dari forum tomshardware, Masoner mengatakan bahwa monitor ini memiliki range 90-144 Hz pada settingan ultimate dan 70 Р144 Hz pada settingan standard.

Mungkin monitor freesync anda bisa memiliki Refresh rate lebih tinggi atau lebih rendah.

Apakah jika Menggunakan Setting Ultimate dapat menurunkan Kualitas Gambar?

Selama saya menggunakan monitor ini, saya belum menemukan perbedaan kualitas gambar ketika mengaktifkan dan menonaktifkan amd freesync. Dimata saya, gambar tetap sama, namun ketika bermain game artifact dan broken frame dapat berkurang di beberapa game.

Apakah bisa Menimbulkan Kerusakan?

Saya belum mengetahui apa dampak jika menggunakan refresh rate tinggi. Namun menurut saya, pabrikan sudah mengatur kekuatan hardware sedemikian rupa sesuai spesifikasinya jadi walaupun menggunakan settingan ultimate maka monitor masih dalam batas kemampuanya.

Namun perlu di ingat, yang namanya barang elektronik pasti mengalami kerusakan, jadi mungkin kerusakan dapat timbul walaupun freesync dinonaktifkan.

Masalah / Bug yang saya temui

Masalah yang saya temui ketika mengaktifkan Freesync, yaitu terjadi patah-patah atau artifact ketika memutar video. Entah apa sebabnya, apa itu masalah hardware atau masalah driver amd adrenaline yang masih memiliki bug. Anehnya, ketika saya menonaktifkan freesync di AMD Setting, video dapat diputar dengan normal tanpa adanya gangguan artifact walaupun menggunakan mode 72 Hz di monitor.

menonaktifkan amd freesync

Menurut analisa saya, mungkin ini masalah driver yang belum sempurna.

Sekian artikel mengenai perbedaan AMD Freesync Standard dan Freesync ultimate, share jika suka!

Share jika suka!

0 thoughts on “Perbedaan AMD Freesync Standard dan Ultimate”

Leave a Comment