Hati-hati! Inilah Bahaya Menggunakan Windows Bajakan

Di indonesia, pengguna windows bajakan sangatlah banyak dan tidak terhitung jumlahnya. Mirisnya, setiap orang awam yang membeli laptop atau komputer baru, pasti ditawarkan instalasi windows secara cuma-cuma dengan harga yang tidak masuk akal oleh si penjual atau toko. Ya, hanya dengan uang 50 ribu, pengguna bisa mendapatkan software microsoft windows terbaru beserta aplikasi pendukungnya.

Advertisement
Hati-hati! Inilah Bahaya Menggunakan Windows Bajakan
Sumber gambar : jalantikus.com

Namun, perlu diketahui bahwa sebetulnya, lisensi windows original dengan box dan coa harganya lumayan mahal, sekitar 2 sampai 3 juta untuk windows 10 profesional terbaru. Dan untuk Windows 7 Dan 8 berada dikisaran 2 juta kebawah tergantung lisensi yang dibeli mulai dari starter, home atau profesonal.

Nyatanya, banyak pengguna yang masih awan dan belum mengetahui apa dampak dari menggunakan windows bajakan. Mereka menganggap bahwa windows bajakan dan original sama saja padahal semua itu sangatlah berbeda dilapangan. Para peretas tentu ingin mencari keuntungan dari sipemakai windows sebagai hasil konpensasi dari jasa mereka meretas sistem.

Berikut adalah Bahaya Menggunakan Windows Bajakan!

1. Terkena Virus

Ya, hal yang pertama adalah hal yang paling sering ditemui dari pada pengguna windows bajakan. Biasanya, windows bajakan menggunakan sebuah tools yang mewajibkan penggunakan mematikan antivirus. Hal inilah yang menyebabkan komputer mereka sangat mudah untuk disisipi oleh virus dan malware jahat yang sewaktu-waktu dapat merenggut data penting serta merusak sistem komputer.

Selain itu, Windows tidak resmi biasanya telah dimodifikasi oleh para peretas dan disisipi sebuah program jahat yang berfungsi mengambil sebagian sumber daya komputer untuk digunakan sebagai penghasil uang (mining). Hal tersebut sangat lumrah karena dari sinilah kebanyak pembajak mendapatkan uang.

Advertisement

2. Melanggar Hukum

Ya, seperti yang kita tahu, menggunakan program atau software bajakan itu ilegal dan melanggar hukum, kita bisa saja dituntut oleh pihak berwajib hingga denda ratusan juta rupiah. Selain itu, kita bisa saja kena sidak secara mendadak oleh pihak berwajib meski di Indonesia sepertinya masih jarang terjadi.

3. Terganggu dengan Notifikasi

Pengguna windows tidak original biasanya akan terkena razia microsoft seiring dengan waktu. Apalagi jika komputer secara terus menerus terhubung dengan internet. Mereka yang terkena razia biasanya akan terganggu dengan notifikasi “This Copy of windows is not genuine”. Ketika sudah terkena razia, biasanya kita akan terus diganggu oleh notifikasi perintah aktivasi dan beberapa fitur tidak bisa digunakan.

4. Komputer Lemot / Error

Windows yang telah dimodifikasi pasti tidak akan selancar dan stabil windows original. Hal ini dapat menyebabkan system corrupt dan beberapa fungsi komputer tidak berfungsi alias error. Hal ini tentu membuat penggunanya pusing tujuh keliling.

5. Privasi Terancam

Komputer PC atau laptop pribadi biasanya berisi data-data penting penggunanya. Mulai dari foto, video, file tugas, file kantor, rahasia perusahaan, akun bank hingga akun-akun penting lainya. Hal ini sangat rawan dicuri dan diretas jika sistem windows kita sudah sisipi oleh program jahat.

6. Menyebabkan Komputer Bekerja Keras

Script atau modifikasi dalam sebuah sistem operasi bajakan menyebabkan komputer bekerja lebih keras. Hal ini adalah konpensasi atas keinginan sebagian pengguna bajakan mengelabuhi sistem keamanan windows. Sebetulnya, windows yang dibajak itu tidak benar-benar berfungsi seperti windows original. Dibalik process, terdapat program-program lain yang dapat membuat prosesor berat dan cepat panas.

7. Tidak bisa dibawa ke Bandara

Hal yang paling menyebalkan dari windows bajakan yaitu tidak bisa bebas dibawa kemana saja. Ketika kita akan keluar negeri, biasanya perangkat kita akan diperiksa oleh petugas di bandara. Tentu jika ketahuan laptop atau komputer yang menggunakan windows bajakan akan ditahan dan tidak dapat kita bawa keluar negeri.

Itulah beberapa bahaya menggunakan sistem operasi windows bajakan. Jika Anda berminat untuk membeli Windows 10 Pro Original namun memiliki budget terbatas, kami berikan solusi terbaik bagi Anda!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, share jika suka!

Share jika suka!

Leave a Comment