5 Aksesoris Sound System Paling Penting & Wajib

Sound System merupakan perangkat yang paling sering kita temui karena perangkat ini hampir berguna di segala kesempatan, entah itu acara keluarga, hajatan, konser, tempat ibadah ataupun kegiatan lain yang membutuhkan perangkat suara. Dari sekian banyak perangkat sound sistem, ada beberapa aksesoris yang paling pokok dan sering digunakan. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel berikut ini…

Advertisement

5 Aksesoris Sound System Paling Penting & Wajib Digunakan

5 Aksesoris Pengeras Suara paling Pokok

Sebenarnya, instalasi sound sistem tidaklah serumit yang kita bayangkan, kita hanya perlu beberapa perangkat sound penting yaitu

1. Speaker

jenis jenis speaker

Speaker merupakan perangkat keluaran suara (perangkat output) yang berfungsi mengeluarkan suara lebih keras dari sumber input (misal suara manusia) yang biasa diterima oleh perangkat yang disebut mic (microphone). Secara umum, speaker terdiri dari beberapa jenis dengan berbagai fungsi yang berbeda, yaitu

Advertisement
  • Subwoofer

Subwoofer berfungsi sebagai perangkat yang menangani suara bass atau low. Biasanya sobwoofer terdapat pada speaker rumahan (home teather), bioskop, atau speaker konser musik.

  • Middle Speaker

Speaker ini berfungsi sebagai penghasil nada dengan frequensi menengah atau biasa disebut mid. Dalam konser musik, speaker ini biasa digunakan oleh alat musik seperti tam-tam, drum atau beberapa alat pukul lain.

  • High Speaker

Seperti namanya, speaker ini berfungsi untuk mengeluarkan nada yang tinggi (treble). Speaker ini biasanya dikhususkan untuk nada vokal dari penyanyi atau orang yang menggunakan mic.

2. Amplifier

Jika anda pecinta musik, mungkin perangkat ini sudah tidak asing. Power amplifier berfungsi sebagai otak dari sebuah sound karena sound diproses menggunakan perangkat ini. Amplifier biasa digunakan oleh perangkat yang membutuhkan speaker misal guitar. Dalam sound system, amplifier sangatlah penting dan wajib dimiliki. Jenisnya pun banyak, ada yang diperuntukan untuk nada low, mid atau high. Dayanya pun bermacam-macam ada yang 2000 watt hingga 10.000 watt.

3. Equalizer

contoh equalizer

Pernah mendengar kata ini? ya equalizer biasa ditemukan di pengaturan musik entah itu dvd, komputer atau smartphone. Dalam dunia sound, equalizer adalah sebuah perangkat untuk mengatur nada low hingga high dalam bentuk grafik yang bisa kita geser-geser sesuai keinginan. Pada sound master biasanya memiliki pengaturan equalizer berbeda-beda tergantung jenis atau genre musik yang dibawakan (jika konser). Untuk sound system rumahan pun, kita perlu mengatur equalizer agar suara yang kita keluarkan pas dan enak didengar.

4. Crossover

crossover sound

Crossover berfungsi untuk membagi frequensi nada yang disalurkan ke amplifier. Biasanya crossover terdiri dari 3 jalur (3 way) yaitu low, mid dan high yang disalurkan ke masing-masing amplifier. Jadi perangkat ini merupakan alat untuk membagi frequensi nada/

5. Mixer

sound mixer

Jika dilihat fisiknya, mixer terlihat sangat rumit. Mikser biasanya terletak di meja operator suara dengan banyak putaran (potensio) serta kabel saluran mic yang rumit. Perangkat ini berfungsi mengatur nada dari setiap mic yang berbeda-beda. Misal mic khusus vokal, mic guitar, mic drum dan sebagainya. Kenapa alat ini perlu? karena setiap alat musik atau manusia memiliki nada yang berbeda.

Itulah artikel singkat mengenai 5 aksesoris sound sistem yang wajib digunakan. Mohon maaf jika ada kesalahan atau penulisan kata. Jika suka, silahkan bagikan ke teman kalian ya!

Share jika suka!

Leave a Comment