Mengenal Fungsi dan Manfaat Iklan Banner

Dewasa ini, perkembangan internet sangatlah pesat, begitupun perkembangan internet marketing. Dulu para marketing memasang banner atau spanduk pada papan yang besar di jalan atau di tempat umum. Namun, saat ini para pembisnis mulai beralih menggunakan digital marketing sehingga banner kini bisa ditemukan di internet, misalnya dalam sebuah website.

Advertisement
Mengenal Fungsi dan Manfaat Iklan Banner

Semua orang berlomba-lomba mempromosikan banner dengan gambar dan foto yang menarik perhatian dengan desain visual yang memanjakan mata. Banner promosi ini biasanya ditampilkan pada header sebuah website atau blog, atau bisa juga ditampilkan pada sidebar sisi maupun footer sehingga menarik perhatian pengunjung untuk melakukan klik.

Pengertian Banner

Apa sih banner itu? Tergantung bagaimana banner ini digunakan, namun secara umum banner adalah suatu media promosi yang berbentuk gambar grafis yang mencerminkan nama, identitas atau pesan yang ingin di sampaikan oleh pembuatnya. Banner biasanya ditampilkan dalam sebuah website ataupun media cetak yang besar.

Fungsi dan Manfaat Banner

Saat ini, banyak sekali orang yang menawarkan jasa iklan online, harganya pun sangat bervariasi, mulai hanya Rp 2.500 per 1000x tayang. Lantas apa saja sih manfaat dan fungsi iklan banner di blogger? Berikut ulasanya..

1# Murah dan Efektif

Alasan pertama orang memasang banner online yaitu karena harganya yang murah dan terjangkau. Dengan memasang iklan banner pada website , orang tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak, menyewa papan iklan dan membayar pajak. Selain itu, memasang iklan banner secara online lebih mudah karena tidak perlu menunggu papan iklan kosong.

Advertisement

2# Multifungsi

Selain menyampaikan pesan, banner online juga bisa difungsikan sebagai backlink untuk website atau link kontak. Jadi setiap orang yang mengklik akan bisa terhubung dengan Anda atau bahkan melakukan pemesanan.

3# Sarana Branding

Banner juga dapat di manfaatkan sebagai media untuk branding atau melakukan kampanye. Anda dapat merepresentasikan lewat sebuah desain visual yang menarik atau dengan typography sebuah ajakan atau slogan.

Jenis dan Macam-macam ukuran Banner

Seperti yang kita tahu, banner memiliki banyak ukuran. Khusus untuk banner online, biasanya memiliki ukuran seperti berikut :

  • 300 x 250 Pixel (Medium Rectangle)
  • 250 x 250 Pixel (Square)
  • 240 x 400 Pixel (Vertical Rectangle)
  • 336 x 280 Pixel (Large Rectangle)
  • 180 x 150 Pixel (Rectangle)
  • 468 x 60 Pixel (Full Banner)
  • 234 x 60 Pixel (Half Banner)
  • 88 x 60 Pixel (Micro Bar)
  • 120 x 240 Pixel (Vertical Banner)
  • 728 x 90 Pixel (Leaderboard)
Itulah beberapa ukuran banner yang sering digunakan, namun masih banyak lagi ukuran banner lainya. Jadi, sebelum memutuskan untuk memasang banner, tentukan terlebih dahulu ukuran dan letak penempatanya. Setelah itu anda bisa bernegosiasi mengenai harga dengan para penyedia jasa iklan banner.
Sekian artikel mengenai fungsi dan manfaat dari iklan banner, semoga artikel ini menambah wawasan anda mengenai native ads indonesia. Share jika suka!

Share jika suka!

Leave a Comment