Cara Mengatasi Start Menu Windows 10 Tidak Bisa di Klik

Windows 10 merupakan versi windows paling populer saat ini, banyak sekali orang yang ingin mencoba dan mengupgrade versi windows mereka dari windows 7 maupun windows 8. Namun, ketika saya mencoba upgrade lewat windows media creation tools, saya mengalami masalah.

Advertisement
Cara Mengatasi Start Menu Windows 10 Tidak Bisa di Klik

Ketika selesai menginstal dan memperbaharui, tombol start menu yang berlogo windows tidak bisa di klik sama sekali, hanya bisa di klik kanan. Masalah start menu windows 10 yang tidak muncul sering dialami ketika kita menginstal windows dengan metode upgrade, bukan clean install. Sehingga windows tidak 100% berjalan dengan normal.

Penyebab

Diagnosa saya tertuju pada files atau instalan dari startmenu.exe yang mengalami corrupt atau registry yang hilang. Tentu hal ini tidak dapat diatasi hanya dengan merestart komputer. Kemudian saya mencoba mencari informasi kebeberapa forum luar, hasilnya saya mendapatkan beberapa kesimpulan.

Solusi

Ternyata, error pada start menu sudah banyak dikeluhkan oleh banyak pengguna. Maka dari itu, microsoft memberikan solusi dengan merilis tools yang bernama Start Menu Troubleshooter. Namun, tools dengan kode startmenu.diagcab ini ternyata sudah tidak di host oleh microsoft sehingga banyak pengguna yang kesulitan untuk mendownloadnya.

Namun tenang, saya masih memiliki backupan yang saya simpan di google drive, berikut adalah cara memperbaiki tombol start menu yang tidak muncul dan not responding

Advertisement

Teknik Pertama

1. Pertama, download Start Menu Troubleshooter
2. Buka aplikasi tersebut kemudian centang Apply Repair Automatically, kemudian next dan ikuti langkah selanjutnya
3. Tunggu beberapa saat, software tersebut akan menganalisa dan memperbaiki secara otomatis
4. Jika berhasil, akan ada keterangan masalah beserta tanda centang yang berarti fixed
5. Setelah itu, restart komputer anda.

Teknik Kedua

1. Jika ternyata masalah masih tidak dapat diatasi, langkah selanjutnya bisa menggunakan scannow.
2. Caranya buka cmd (run as administrator)
3. Kemudian ketik sfc /scannow dan enter

Teknik Ketiga

Jika masalah masih tidak bisa diatasi, mungkin anda perlu menginstal ulang secara bersih menggunakan bootable dari kaset original yang disediakan atau bisa menggunakan usb flashdrive. Selain memperbaiki masalah, clean instal dapat membuat komputer dan laptop anda kembali ke performa puncak karena file-file sampah akan bersih terhapus beserta virusnya.

Sekian tutorial kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Share jika suka!

Share jika suka!

Leave a Comment