;

3 Cara Cek IP Adress di Android agar Diketahui

Ada banyak sekali cara untuk mengecek dan mengetahui alamat ip pada smartphone Android. Seperti yang kita tahu, IP Address merupakan singkatan dari Internet Protocol Address yang dimiliki oleh perangkat komputer atau hp agar dapat terhubung dengan perangkat lainya di Internet atau dalam sebuah jaringan lokal.
Cara Cek IP Adress di Android agar Diketahui

Saat ini, ip yang paling banyak digunakan yaitu IPv4. Termasuk pada sebuah smartphone android atau ios yang rata-rata sudah mendukung jaringan wifi atau internet dari berbagai merek seperti apple, samsung, asus, xiaomi, asus, huawei dan merk terkenal lainya.

Lantas, bagaimana cara cek ip address di android? apakah bisa dilihat dan diketahui di pengaturan?

Tentu saja, banyak sekali cara untuk melihatnya, namun di tutorial kali ini saya berikan beberapa cara melihat ip address yang paling mudah.

1# Cek IP Address dengan membuka Windows Pengaturan


Di jendela pengaturan bagian about phone biasanya akan teridentifikasi alamat ip yang sedang kita gunakan. Caranya masuk ke Setting > About (atau sejenisnya) > Status.

cara cek dan mengetahui ip address di hp android


Disana akan terlihat di bagian Alamat IP. Di gambar ini, kita bisa lihat bahwa ip yang sedang digunakan adalah 192.168.100.3

Nah, itu adalah internal ip, selain ip internal, ada juga ip external. Cara paling mudah untuk mengeceknya yaitu dengan cara kedua berikut ini...

2# Cek IP Address dengan mengunjungi situs locallhost.com


Nah, cara kedua ini merupakan cara untuk melihat ip external kita. Caranya cukup mudah, anda tinggal membuka browser, di address bar anda tinggal ketikan locallhost.com. Maka akan secara otomatis ip address anda akan ditampilkan, contohnya seperti berikut

website untuk mengecek ip address


3# Cek IP Address menggunakan Aplikasi


Jika anda tidak ingin ribet masuk ke sana sini, anda bisa dengan mudah mengecek ip address di android menggunakan aplikasi khusus yang bernama My IP yang bisa anda download dan install di google play store secara gratis.

Caranya cukup sederhana :
  • Download dan Install aplikasi My IP di Playstore
  • Buka aplikasinya kemudian anda bisa langsung melihat detail ip internal dan external di aplikasi.
aplikasi cek ip address


Apa bedanya IP Internal dan IP External ?

Sebetulnya ini hanyalah istilah. Di dunia jaringan komputer ini sering disebut sebagai IP Public dan IP Local. IP Local atau biasa disebut ip internal adalah ip yang berfungsi untuk membedakan perangkat pada jaringan yang sama, misalnya di rumah yang terdapat perangkat pc. laptop, smartphone yang terhubung ke wifi router yang sama.

Sedangkan IP Public (External) merupakan ip pemberian dari ISP (Internet Service Provider) yang akan terbaca di jaringan internet global.

Nah, jika sudah tahu ilmunya, anda dapat dengan mudah mengetahui ip address sendiri atau orang lain secara langsung maupun jarak jauh dengan sistem remote.

Semoga artikel ini dapat membantu anda, share jika suka dan jangan sungkan untuk bertanya di komentar!

0 Response to "3 Cara Cek IP Adress di Android agar Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 2

Advertisement

Iklan Bawah Artikel