;

10 Peran Website dalam Sebuah Bisnis

Saat ini, pertumbuhan bisnis dan ukm sedang hangat-hangatnya. Mereka bertumbuh dengan pesat bak rumput yang tumbuh di tanah yang subur. Mereka berlomba-lomba untuk mengenalkan bisnisnya ke khalayak banyak terutama dengan media digital. Salah satu media digital yang paling banyak diminati yaitu website.

10 Peran Website dalam Sebuah Bisnis

Peranan Website dalam sebuah bisnis kini sudah menjadi sebuah keharusan. Mungkin, banyak dari para pengusaha pemula yang belum tahu manfaat dari website, maka dari itu kali ini admin akan membahas peran dan manfaat web bagi perusahaan maupun UKM. Simak artikel berikut ini...

1. Sarana Untuk Menjual Produk

Bagi pengusaha kecil, website biasanya dimanfaatkan untuk sarana menjual produk. Dengan website anda bisa menjangkau ratusan juta orang diseluruh dunia melalui internet. Dengan website, konsumen akan mengetahui rincian produk yang lebih detil dan jelas.

2. Meningkatkan Nilai Usaha (Branding)

Tahukah anda kenapa perusahaan-perusahaan besar memiliki website? Salah satu alasan utamanya yaitu branding. Dengan website, nilai usaha akan lebih berharga dan dinilai profesional. Anda dapat menyisipkan alamat website pada setiap media promosi anda seperti banner, poster, spanduk, flyer, baju, atau merchandise perusahaan.

3. Meningkatkan Kepercayaan

Usaha yang baru berdiri biasanya memiliki tingkat kepercayaan dan kredibilitas yang rendah di mata konsumen. Hal tersebut karena konsumen belum mengenal usaha dan belum merasakan produk yang kita jual. Namun, dengan website, pelanggan akan lebih percaya karena website dapat menjadi sarana dalam memperkenalkan usaha kita pada publik.

4. Media Publikasi Resmi bagi Perusahaan

Jika memiliki website, anda dapat dengan mudah mengumumkan informasi kepada konsumen anda misalnya mengenai perubahan kebijakan, pengumuman undian, lowongan kerja, sayembara dan sebagainya.

5. Sarana untuk Berbagi Ilmu

Jika anda ingin memberikan nilai lebih kepada konsumen, anda bisa dengan mudah berbagi ilmu lewat tulisan artikel atau video lewat website. Disana anda bisa membagikan ilmu yang berkaitan dengan bisnis anda. Misal anda membuka jasa website, anda bisa memberikan ilmu mengenai tips optimasi website, tips seo dan tips website lainya.

6. Mempermudah Komunikasi antara Konsumen dan Perusahaan

Jika memiliki website, konsumen akan sangat mudah menghubungi anda. Hal ini sangat berkaitan dengan peningkatan pelayanan dari sebuah perusahaan. Perusahaan-perusahaan besar biasanya mencamtumkan informasi seperti akun sosial media, nomor telepon cs, dan kolom live chat.

7. Memperluas Jangkauan Market

Jika anda memiliki usaha offline, mungkin usaha anda hanya akan menjangkau konsumen di area toko anda berada. Namun dengan website, anda bisa menjangkau pasar online yang lebih luas dan tidak terbatas. Dengan bantuan iklan atau traffic organic, anda dapat menjangkau jutaan orang di dunia.

8. Sarana untuk Memperlihatkan Portofolio

Jika bisnis anda bergerak dalam bidang jasa, mungkin anda perlu memiliki website agar konsumen dapat melihat portfolio yang anda miliki. Bagi pelaku bisnis online, mungkin anda bisa menampilkan daftar testimoni dari pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan.

9. Media yang Mudah Diakses

Website akan terus bekerja dan standby selama 24 Jam setiap hari. Maka, walaupun toko offline anda tutup, konsumen tetap bisa melakukan transaksi atau melihat informasi pada website anda. Konsumen juga dapat dengan mudah menghubungi anda via kontak yang terdapat pada form di dalam website.

10. Menghemat Waktu dan Uang

Anda tidak perlu lagi menghubungi via telepon, bertatap muka, mencetak browsur atau memasang iklan untuk menginformasikan sesuatu kepada konsumen. Anda cukup menulisnya di dalam website kemudian memberikan url nya kepada konsumen. Ini akan jauh lebih efektif dan menghemat biaya pengeluaran.

Sekian artikel mengenai peranan website dalam sebuah bisnis, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Share jika suka!

0 Response to "10 Peran Website dalam Sebuah Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 2

Advertisement

Iklan Bawah Artikel