3 Hal Penting Yang Wajib Kamu Tau Seputar Gitar!

1. Pendiri / Penemu Gitar

Pernahkah Anda bertanya-tanya, seperti apa asal-usul ditemukanya alat musik petik bernama gitar (guitar) tersebut dan siapa yang pertama kali menemukan alat musik ini?

Advertisement

Menurut Wikipedia bahasa inggris, Gitar awal kali ditemukan oleh Les Paul. Dia adalah salah satu pelopor gitar listrik solid-body, dan tekniknya menjadi inspirasi bagi Gibson Les Paul.
Lester William Polsfuss atau lebih dikenal sebagai Les Gibson lahir pada 9 juni 1915 dan tutup usia pada 12 Agustus 2009 di usia ke-94. Paul belajar sendiri bagaimana cara bermain gitar, dan meskipun ia terkenal karena musik jazz dan musiknya yang populer, ia memiliki karir awal di musik country.

bagian-bagian detail gitar
Bagian-bagian anatomi gitar

Di antara banyak penghargaannya, Paul adalah salah satu dari segelintir seniman dengan pameran permanen yang berdiri sendiri di Rock and Roll Hall of Fame. Dia secara jelas dinamai oleh museum musik di situs webnya sebagai “arsitek” dan “pelantik kunci” dengan Sam Phillips dan Alan Freed. Les Paul adalah satu-satunya orang yang termasuk dalam Hall of Fame Rock and Roll dan Hall of Fame Inventor Nasional.

2. Gitar Termahal di Dunia

Banyak versi gitar termahal yang beredar di internet, namun dari sekian banyak yang saya telusuri sedikitnya ada 3 Gitar termahal yang harganya bikin kepala geleng-geleng.

A. Washburn 22-Series Hawk

Washburn 22-Series Hawk

Gitar ini pernah digunakan oleh sang legenda musik reggae, Bob Marley. Gitar ini sendiri merupakan salah satu dari tujuh gitar milik Bob Marley, yang kemudian dijadikan aset negara oleh pemerintah Jamaika. Gitar ini dihargai USD 2 juta (sekitar Rp 27 miliar).

Advertisement

B. 1968 Fender Stratocaster

1968 Fender Stratocaster

Gitar yang satu ini pernah dipakai oleh legenda musik blues rock, Jimi Hendrix. Gitar ini dikabarkan dibeli oleh salah satu petinggi Microsoft, Paul Allen, seharga USD 2,2 juta (sekitar Rp 29 miliar) pada tahun 1998.

C. Fender “Reach out to Asia” Stratocaster

Fender "Reach out to Asia" Stratocaster

Gitar ini dilelang di Qatar pada 2005. Reach out to Asia adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu para korban tsunami yang melanda beberapa negara di Asia dan menelan banyak korban jiwa. Awalnya gitar ini dimiliki oleh salah seorang keluarga kerajaan Qatar yang kemudian disumbangkan untuk amal.

Hal yang membuat harga gitar ini melambung adalah gitar ini memiliki tanda tangan musisi dunia seperti Mick Jagger, Keith Richards, Eric Clapton, Brian May, Jimmy Page, hingga Paul McCartney.
Lalu harganya? Sangat murah, cuma USD 3,7 juta (sekitar hampir Rp 50 miliar rupiah).

3. Situs Belajar Gitar Rekomendasi

Jika zaman dulu untuk belajar gitar sangat susah karena terbatasnya guru musik, namun di era zaman digital ini bisa kita dapatkan secara online. Mencari chord gitar dari buku sudah tidak efisien lagi, buang waktu, buang duit, tidak rekomendasi. Karena biasanya dari sekian lagu dalam satu buku yang dijual dipasaran hanya ada segelintir lagu saja yang kita tahu atau kenal, dan selebihnya gak tau lagunya.

Namun dengan cari chord gitar secara online / lewat internet, kita bisa pilih satu per-satu sehingga lebih mudah, cepat, effisien, dan menguntungkan.

Jika Anda adalah seorang pemula dalam belajar gitar, berikut saya kasih referensi situs tempat mencari kunci gitar yang paling bagus dan wajib kamu coba. CHORDBAND.COM <<

Chordband  merupakan situs khusus untuk belajar gitar, disana ada banyak sekali kunci-kunci gitar lagu berbahasa indonesia dan lagu2 barat. Kamu juga bisa reQuest jika lagu yang Anda cari belum ada disana.

Oke itulah sedikit informasi dari saya semoga dapat menambah ilm pengetahuan Anda ya. Terima kasih telah membaca.

Share jika suka!

0 thoughts on “3 Hal Penting Yang Wajib Kamu Tau Seputar Gitar!”

Leave a Comment